1 Juni Hari Apa, Peringatan Hari Kelahiran Pancasila atau Hari Kesaktian Pancasila?
Garuda Pancasila (Pixabay/ibnuamaru)
17:28
31 Mei 2024

1 Juni Hari Apa, Peringatan Hari Kelahiran Pancasila atau Hari Kesaktian Pancasila?

Besok pada 1 Juni hari apa, menjadi pertanyaan banyak orang. Pada tahun 2024 ini, 1 Juni jatuh pada hari Sabtu. Namun apa yang diperingati setiap tanggal 1 Juni tiap tahunnya?

1 Juni hari apa, jawabannya adalah Hari Kelahiran Pancasila. Hari di mana setiap tahunnya diperingati sebagai pengingat tonggak sejarah bangsa Indonesia.

Namun jangan salah dengan Hari Kesaktian Pancasila yang digelar setiap 1 Oktober. Keduanya sama-sama terkait Pancasila, namun berbeda apa yang dikenang.

Hari Kelahiran Pancasila

Baca Juga: Doa Upacara Hari Lahir Pancasila 2024 untuk Menghargai Perjuangan Pendiri Bangsa

Setiap 1 Juni menjadi peringatan mengenai proses perumusan dan pengenalan Pancasila yang menjadi dasar negara Indonesia.

Yakni melalui pidato Soekarno di Sidang Dokuritsu Junbi Cosakai (BPUKI) di tahun 1945, ia menguraikan lima prinsip dasar negara yang kemudian hari dikenal sebagai Pancasila.

Proses perumusan Pancasila sendiri tidaklah mudah, melainkan melalui berbagai diskusi dan penyempurnaan oleh Panitia Sembilan hingga akhirnya disahkan sebagai landasan negara pada 18 Agustus 1945.

Dari pidato Soekarno pada tahun 1945 tersebut, akhirnya setiap 1 Juni dikenang sebagai Hari Kelahiran Pancasila.

Hari Kesaktian Pancasila

Baca Juga: 20++ Twibbon Hari Lahir Pancasila 2024 dan Cara Pasangnya Jadi Foto Profil

Berbeda dengan Hari Kelahiran Pancasila pada 1 Juni, tiap 1 Oktober Indonesia selalu memperingati Hari Kesaktian Pancasila tiap tahunnya.

Peringatan ini tidak hanya sekadar mengenang sejarah, tetapi juga menegaskan keteguhan bangsa Indonesia dalam mempertahankan Pancasila sebagai ideologi negara.

Pada tahun 1965, Indonesia dihadapkan pada ancaman serius terhadap kedudukan Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa. Gerakan pemberontakan yang dipimpin oleh PKI berusaha menggulingkan Pancasila dan menggantinya dengan ideologi komunisme.

Gugurnya tujuh anggota TNI AD di Lubang Buaya, Jakarta Timur, pada 30 September 1965, menjadi simbol perlawanan terhadap upaya tersebut. TNI AD di bawah kepemimpinan Soeharto, menetapkan 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila untuk menghormati perjuangan para pahlawan yang gugur dalam mempertahankan ideologi bangsa.

Hari Kesaktian Pancasila ditetapkan setiap tanggal 1 Oktober untuk mengenang keteguhan bangsa dalam mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara dari ancaman kudeta pada 1965.

Editor: Agung Pratnyawan

Tag:  #juni #hari #peringatan #hari #kelahiran #pancasila #atau #hari #kesaktian #pancasila

KOMENTAR