Cek Kekayaan Ustaz Adi Hidayat, Pendakwah Dikafirkan Sesama Muslim Gegara Hukum Musik
Ustaz Adi Hidayat. [Youtube @adihidayatofficial]
11:30
16 Mei 2024

Cek Kekayaan Ustaz Adi Hidayat, Pendakwah Dikafirkan Sesama Muslim Gegara Hukum Musik

Sosok Ustaz Adi Hidayat alias UAH kini sedang ramai menjadi perbincangan publik. Hal ini buntut ceramahnya mengenai hukum musik dalam agama Islam yang menuai pro dan kontra.

Tak hanya menuai kritik pedas karena dinilai menghalalkan musik dalam Islam, ulama asal Pandeglang ini bahkan sampai dikafirkan oleh sesama muslim yang menilai hukum musik adalah haram.

Lantaran menuai banyak komentar miring, Ustaz Adi Hidayat akhirnya buka suara. Ia menjelaskan bila video yang beredar di media sosial sudah dipotong-potong sehingga menimbulkan pro dan kontra.

"Saya sampaikan kemudian pendapat-pendapat ulama terkait dengan hukum musik itu ada tiga aspek utama. Ada yang mengharamkan mutlak, ada yang menghalalkan mutlak, dan ada yang menghalalkan dengan catatan," ujar UAH.

Ustaz Adi Hidayat. [Antara]Ustaz Adi Hidayat. [Antara]

Ramainya masalah ini sontak membuat banyak hal mengenai Ustaz Adi Hidayat disorot, tak terkecuali dengan harta kekayaan pendakwah kondang berusia 39 tahun tersebut.

Lantas, berapakah kekayaan Ustaz Adi Hidayat?

Ustaz Adi Hidayat diketahui tak hanya berdakwah dari tempat ke tempat. Ia juga menyiarkan ajaran agama Islam melalui platform media sosial, salah satunya YouTube.

Melansir dari laman Social Blade pada Kamis (16/5/2024), kanal YouTube Ustaz Adi Hidayat, yaitu Adi Hidayat Official dibuat sejak 28 Februari 2019 dan saat ini telah memiliki 4,98 juta subscriber.

Melalui kanal YouTube-nya, Ustaz Adi Hidayat sudah mengunggah sebanyak 2.190 video. Secara keseluruhann, video-video di kanal YouTube-nya telah ditonton lebih dari 440 juta kali.

Atas hal ini, tak mengherankan apabila Ustaz Adi Hidayat diestimasikan dapat meraup penghasilan sekitar Rp605 juta per bulannya atau Rp7,2 miliar per tahunnya dari kanal YouTube-nya.

Penghasilan Ustaz Adi Hidayat tak hanya melalui kanal YouTube saja. Pasalnya, ia juga memiliki beberapa bisnis yang bergerak di bidang travel dan umrah. Ia pun memiliki pondok pesantren sendiri.

Lebih lanjut, Ustaz Adi Hidayat diketahui tak memasang tarif untuk berceramah. Ia bahkan tak meminta fasilitas seperti tiket pesawat dan lainnya jika diundang untuk berceramah.

"Saya paling tidak suka. Kalau boleh saya katakan, saya paling benci jika ada seorang mengatakan berapa tarif mengundang Ustadz Adi. Tidak ada minta tarif," ungkap UAH.

"Tidak ada minta fasilitas. Eggak usah bayar, saya datang sendiri, saya beli tiketnya ya. Datang ya datang saya kalau sehat," tandasnya.

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #kekayaan #ustaz #hidayat #pendakwah #dikafirkan #sesama #muslim #gegara #hukum #musik

KOMENTAR