4 Alasan Pengguna WhatsApp Sembunyikan Fitur Last Seen atau Terakhir Terlihat, Bisa Mencerminkan Tipe Kepribadian
Ilustrasi pengguna WhatsApp. (Freepik)
17:42
13 Mei 2024

4 Alasan Pengguna WhatsApp Sembunyikan Fitur Last Seen atau Terakhir Terlihat, Bisa Mencerminkan Tipe Kepribadian

- Pengguna aplikasi perpesanan WhatsApp pasti tidak asing dengan fitur Last Seen atau Terakhir Terlihat di platform tersebut. Fitur itu memberikan informasi secara lengkap kapan terakhir kali pemilik akun WhatsApp membuka aplikasi dan melakukan aktivitas di sana.

Tidak sedikit pengguna yang menyembunyikan Last Seen mereka, sehingga pengguna lain tidak bisa mengetahui kapan terakhir kali orang tersebut menggunakan WhatsApp.

Dilansir JawaPos.com dari Poe.com, ada berbagai alasan pengguna menonaktifkan fitur Terakhir Terlihat mereka di WhatsApp yang mungkin juga mencerminkan sebagian aspek dari kepribadian mereka.

Privasi

Alasan terbesar pengguna WhatsApp menyembunyikan status Last Seen mereka adalah untuk menjaga privasi. Tanpa mengaktifkan fitur tersebut, aktivitas online mereka tidak akan terlihat dan hal tersebut sangat penting bagi pengguna yang mengutamakan privasi.

Menghindari Kewajiban Membalas Pesan

Seringkali pengguna WhatsApp merasa kewalahan dengan chat yang muncul di aplikasi tersebut dan memilih untuk rehat sejenak sebelum membalas pesan-pesan yang diterima.

Menyembunyikan status Terakhir Terlihat membantu pengguna menghindar sebentar dari kewajiban untuk membalas pesan karena pengguna lain tidak akan mengetahui kapan terakhir kali orang itu aktif di WhatsApp.

Mencegah Salah Tafsir

Mengaktifkan Last Seen berarti mengizinkan pengguna lain melihat kapan terakhir kali seseorang aktif di WhatsApp. Untuk menghindari konflik karena terlihat baru saja aktif namun belum juga membalas pesan, seseorang biasanya memilih mematikan fitur tersebut.

Menghindari Pertanyaan yang Tidak Diinginkan

Dilansir dari Vanguard, alasan ini biasanya dipilih oleh seseorang yang berada dalam hubungan dengan pasangan yang posesif.

Pengguna tersebut tidak ingin mengundang banyak pertanyaan dari pasangannya yang melihatnya online atau baru saja aktif di WhatsApp, termasuk pertanyaan dengan siapa saja mereka bertukar pesan di WhatsApp.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #alasan #pengguna #whatsapp #sembunyikan #fitur #last #seen #atau #terakhir #terlihat #bisa #mencerminkan #tipe #kepribadian

KOMENTAR