Jangan Salah Kaprah, Fengsui Tidak Mampu mengubah Takdir Seseorang, Hanya Upaya Menuju Peruntungan Nasib
SESUAI FUNGSI: Ilustrasi beberapa orang sendang meeting di kantor, mereka mengenakan busana formal rapi. (FREEPIK)
08:38
13 Mei 2024

Jangan Salah Kaprah, Fengsui Tidak Mampu mengubah Takdir Seseorang, Hanya Upaya Menuju Peruntungan Nasib

Apa hubungan antara fengsui dengan nasib dan peruntungan kita? Bisakah fengsui mengubah nasib? Pertanyaan ini klasik, tetapi selalu menarik untuk dibahas.

UNTUK menjawabnya, pertama kita harus membedakan antara nasib dan takdir. Tuhan menentukan takdir yang terjadi tanpa kita mampu memprediksinya. Manusia tidak mampu mengatasi takdir dengan cara apa pun. Tuhan merencanakan apa pun bagi hidup manusia sebagai individu maupun sebagai kelompok.

Rencana Tuhan memberi kita, manusia, jalan hidup yang bisa ditempuh. Ibaratnya kita memiliki peta kehidupan, di mana kita bisa melangkah menuju kesuksesan dan kegagalan dalam hidup kita. Kadang kita buta melangkah dengan peta kehidupan tersebut, jika kita salah melangkah ke dalam jurang, kadang kita melangkah ke arah yang benar yang membawa kita pada nasib baik.

Fengsui adalah lingkungan hidup, di mana kita tinggal dan bekerja. Fengsui adalah ekstensi baju yang kita gunakan. Kita menggunakan pakaian tidur atau seragam, pakaian olahraga, atau baju jas dan sebagainya. Baju itu berperan sesuai aktivitas yang kita lakukan. Demikian pula dengan fengsui, setiap ruangan mempunyai sifat dan kegunaannya sendiri.

Bayangkan seorang pria mengenakan jas berdasi, sepatu formal untuk bekerja, tapi digunakan untuk bertanding bola voli atau sepak bola. Tentunya akan mengalami kesulitan, hambatan, sehingga peluang berhasilnya berkurang. Fengsui ibaratnya ekstensi baju. Berupa ruang dan ruangan yang memiliki fungsi tertentu serta kegunaannya.

Studi, pengamatan selama ratusan tahun, maupun riset dan penelitian menunjukkan kaitan antara sukses dan gagal dalam kehidupan seseorang. Fengsui menjadi ilmu pengetahuan yang berkembang dari waktu ke waktu dan menyebar ke mana-mana. Banyak yang menunjukkan sukses atau gagal berkaitan erat dengan baik buruknya fengsui.

Nasib dan peruntungan (destiny) adalah studi yang terpisah dari fengsui. Berbeda dengan takdir, nasib dibuat oleh manusia sendiri. Artinya, manusia tidak bisa mengubah takdir, tapi mampu mengubah nasib (jika mau). Destiny ibarat peta, ke mana kita akan menuju dan ke mana kita melangkah. Kita perlu menghindari jalan yang salah dan memilih jalan yang benar untuk menuju kebahagiaan, kesehatan, dan kesejahteraan. Di situ fengsui ikut berperan karena langkah-langkah kita dapat terbimbing ke arah yang benar. Kesuksesan pun lebih berpeluang besar terjadi pada kita.

Tian (天 = Tuhan, dimensi waktu kelahiran), Di (地 = fengshui), dan Ren (人 = manusia). Itu merupakan 3 faktor dalam pemikiran filosofi Tiongkok yang dipercaya berkaitan satu sama lain dan menjadi faktor-faktor penting bagi kita untuk menuju sukses. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua. (*)

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #jangan #salah #kaprah #fengsui #tidak #mampu #mengubah #takdir #seseorang #hanya #upaya #menuju #peruntungan #nasib

KOMENTAR