Viral Ajak Youtuber Korea ke Hotel, Padahal Segini Gaji Asri Damuna Sebagai ASN Kemenhub
Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPB Sangia Nibandera Kolaka Sulawesi Tenggara, Asri Damuna. [Tangkapan layar/ist]
15:32
11 Mei 2024

Viral Ajak Youtuber Korea ke Hotel, Padahal Segini Gaji Asri Damuna Sebagai ASN Kemenhub

Asri Damuna alias Om Albert tengah menjadi bulan-bulanan publik. Pasalnya, ia berani mengajak Youtuber Korea bernama Jiah ke hotel. Percakapan itu terekam dalam vlog yang diunggah Jiah.

Setelah dicari tahu, Asri Damuna merupakan pejabat Kemenhub. Posisinya adalah Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Sangia Nibandera yang ada di Kolaka, Sulawesi Tenggara.

Usai mengetahui jabatannya itu, warganet juga penasaran dengan gaji Asri Damuna. Terlebih, ia sampai nekat mengajak Jiah ke hotel. Kira-kira, berapa pendapatan yang masuk ke kantong pria ini?

Gaji Asri Damuna

Dari foto yang beredar, Asri Damuna diduga memiliki pangkat kelas III. Hal ini berdasarkan balok tiga emas yang ada di seragamnya. Gajinya sebagai PNS diatur dalam PP Nomor 15 Tahun 2019.

Gaji PNS golongan III berkisar Rp2.373.600 – Rp4.200.000. Selain itu, Asri Damuna sebagai pejabat Kemenhub juga mendapatkan sejumlah tunjangan. Salah satunya, tunjangan kinerja (tukin).

Menurut regulasi yang berlaku, besaran tukin Kemenhub berkisar antara Rp 2,53 juta untuk kelas jabatan terendah. Sementara untuk kelas jabatan tertinggi tercatat berada di angka Rp 33,24 juta.

Adapun tukin PNS Kemenhub kelas jabatan 3 atau yang diterima Asri Damuna, yakni sebesar Rp 2.898.000. Jadi, ia bisa mendapat total gaji dan tukin kurang dari Rp 10 juta untuk satu bulan.

Viral Ajak Youtuber Korea ke Hotel

Belakangan viral video pria botak diduga Asri Damuna, mengajak Youtuber asal Korea, Jiah, ke hotel. Momen itu terjadi saat keduanya tengah makan di salah satu restoran.

Awalnya, sang Youtuber sedang membuat konten video mencicipi makanan di rumah makan Raja Oci di Manado. Dalam perbincangan itu, Asri Damuna mengaku tujuannya ke Manaso adalah untuk bisnis.

Pria tersebut kemudian bertanya hotel Jiah menginap serta memberi tahu tempatnya singgah. Setelah itu, ia mengajak Jiah main ke hotelnya. Ajakan ini pun langsung ditolak oleh Jiah.

Jiah memberi alasan dirinya harus segera pergi ke Bunaken menggunakan perahu. Lebih lanjut, pria itu meminta kontak dan akun media sosial Jiah. Video percakapan mereka pun berujung viral di media sosial.

Usai diusut, pria yang mengaku sebagai Albert itu adalah Asri Damuna, pejabat Kemenhub. Pihak tempat kerjanya pun telah membenarkan bahwa pria dalam video tersebut adalah Asri Damuna.

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud) Kemenhub, Maria Kristi Endah Murni buka suara. Ia mengatakan pihaknya tengah melakukan pemeriksaan lebih lanjut mengenai kasus tersebut.

Asri Damuna disebut akan diperiksa olwh bagian SDMO (sumber daya manusia dan organisasi) kepegawaian pada hari Senin (13/5/2024). Sementara terkait pemberian sanksi, belum ada kapasitas bagi Kemenhub untuk hal ini.

Sebab, saat ini, pihak Kemenhub, dikatakan Kristi, masih mendalami latar belakang kejadian tersebut. Adapun untuk sementara, Asri Damuna dibebastugaskan sebagai Kepala Kantor UPB di Kolaka.

"Nanti saya info lagi dari hasil pemeriksaannya dulu, saya enggak bisa jawab kalau sekarang (soal sanksi). Cuman yang periksa nanti bukan saya, itu tugas dari tim kepegawaian," kata Kristi, dikutip Sabtu (11/4/2024).

"Sudah saya bilang benar (Asri Domuna), cuman detilnya kayak apa, kapan peristiwanya, ceritanya sebagainya perlu diperiksa. Cuman kan supaya punya hak yang bersangkutan untuk jawab kayak apasih (kronologinya)," lanjutnya.

Kontributor : Xandra Junia Indriasti

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #viral #ajak #youtuber #korea #hotel #padahal #segini #gaji #asri #damuna #sebagai #kemenhub

KOMENTAR