Fakta-Fakta Ibu Mbal, Keluarga Pengemis Viral 'Aa Kasian Aa' Bongkar Tabiat Nenek hingga Mengaku Sedih
Fakta-Fakta Ibu Mbal Pengemis Viral ''Aa Kasihan Aa'' (Kolase TikTok)
08:49
17 Januari 2024

Fakta-Fakta Ibu Mbal, Keluarga Pengemis Viral 'Aa Kasian Aa' Bongkar Tabiat Nenek hingga Mengaku Sedih

Belakangan ini viral sebuah video seorang pengemis yang bernama Ibu Mbal dengan kalimat "aa kasihan aa". Di balik viralnya video pengemis itu, ternyata ada kisah sedih bagi keluarganya sendiri. Untuk mengetahui kisahnya, simak fakta-fakta ibu Mbal dalam ulasan berikut ini. 

Sebagaimana diketahui, viralnya pengemis wanita asal Bogor itu membuat beberapa influencer memberikan bantuan, salah satunya konten kreator Willy Salim. Hingga Donny Ramadhan melalui konten TikToknya baru saja menggali fakta tentang pengemis wanita tersebut. 

Fakta-Fakta Ibu Mbal 

Berikut ini rangkuman fakta Ibu Mbal: 

1. Bukan KDRT, Suami Ibu Mbal Ternyata Tunarungu 

Ibu Mbal saat ini tinggal di Bogor bersama keluarganya. Sebelumnya, Ibu Mbal mengaku bahwa dia mendapat KDRT dari suaminya. Namun, melalui video yang diunggah Donny Ramadhan terkuat fakta bahwa suami Ibu Mbal adalah seorang tunarungu dan tunawicara. Sehari-hari, ia berbica dengan bahasa isyarat. 

"Oh kalo masalah kaya gitu (KDRT) nggak, nggak ada kata suruh maupun kekerasan ngga ada sama sekali" kata salah satu keluarga Ibu Mbal yang tak diketahui namanya.

2. Ibu Mbal Memiliki Anak yang Masih Duduk di Bangku SD 

Meskipun Ibu Mbal tampak sudah berumur, namun ternyata ia masih memiliki anak yang cukup kecil. Anak laki-laki bernama Fitri yang masih duduk di bangku SD itu mengaku malu usai video ibunya viral di media sosial. 

Saat dikunjungi Donny di rumahnya, Fitri mendapatkan perlengkapan sekolah. Selaim itu, dia juga mengungkapkan keinginannya untuk memiliki sepeda baru. 

3. Selain Mengemis Ibu Mbal Juga Kerja Serabutan 

Ibu Mbal sehari-hari memang kerap meminta-minta di kawasan gunung Salak. Namun, saat di rumah pemilik nama asli Baldiah ini juga kerja serabutan. Ibu Mbal biasanya akan mengerjakan pekerjaan yang diberikan oleh tetangga atau kerabat dekatnya. 

"Kerja serabutan, kalau ada yang nyuruh ya dikerjain," katanya. 

4. Keluarga Sudah Melarang Namun Ibu Mbal Tetap Mengemis 

Sebelum beredarnya video yang kemudian viral di medsos ini, sudah banyak masyarakat yang menyoroti sosoknya. Bahkan sebagian menilai keberadaannya mengganggu pengguna jalan. Bukan sekali dua kali, keluarga Ibu Mbal sebenarnya sudah melarang untuk tidak mengemis. 

Namun, karena himpitan ekonomi membuat Ibu Mbal terpaksa mengemis di kawasan wisata gunung Salak, Bogor. Hal ini dilakukan semata untuk mencukupi kebutuhan sehari-harinya. 

"Sudah sering gitu bilangin sama bibi (Ibu Mbal) nggak usah gitu terus (mengemis) tapi kekeh bibinya" kata kerabat dekat Ibu Mbal. 

5. Keluarga Merasa Sedih Video Ibu Mbal Dijadikan Bahan Olok-Olok di Medsos 

Kata "aa kasian aa" kini banyak digunakan oleh publik di medsos. Bahkan banyak yang memparodikan video ibu Mbal sebagai bahan olok-olokan. Hal inilah yang menjadikan keluarga besar ibu Mbalu, mersa sedih atas respon warganet. 

"Jujur sangat sedih sekali, sangat sedih kalau misalkan ada yang memparodikan kaya gitu. Sedihnya mah karena kasihan sama anaknya," ujarnya. 

Itulah tadi fakta-fakta ibu Mbal pengemis viral dengan kalimat "Aa Kasihan Aa".

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Editor: Rifan Aditya

Tag:  #fakta #fakta #mbal #keluarga #pengemis #viral #kasian #bongkar #tabiat #nenek #hingga #mengaku #sedih

KOMENTAR