Masih Ragu dengan Tipe Kepribadian Anda? Ini 12 Tanda yang Mengonfirmasi Bahwa Anda Adalah Seorang Introvert
12 ciri Anda seorang introvert. (pexels)
19:42
28 April 2024

Masih Ragu dengan Tipe Kepribadian Anda? Ini 12 Tanda yang Mengonfirmasi Bahwa Anda Adalah Seorang Introvert

 Orang introvert biasanya lebih mudah kehilangan energi saat mereka bersosialisasi, dan untuk memulihkannya, mereka membutuhkan waktu untuk menyendiri.    Namun perlu diingat, tidak ada seorang pun yang benar-benar introvert atau ekstrovert. Faktanya, kita semua terkadang menunjukkan kedua sifat tersebut pada waktu dan kondisi tertentu meskipun kita cenderung lebih condong ke salah satunya.   Untuk membantu Anda menentukan tipe kepribadian Anda, berikut 12 tanda tangan seringkali ditunjukkan oleh seorang introvert yang dikutip dari introvertdear.com, Minggu (28/4).  

  1. Anda senang menghabiskan banyak waktu sendirian   Anda tidak pernah merasa keberatan jika harus tinggal di rumah pada malam minggu. Sebaliknya, Anda justru menantikan hal tersebut. Bagi Anda, menonton film Netflix, membaca buku, bermain video game, menggambar, memasak, menulis, merajut, atau sekadar bermain dan bersantai di rumah adalah hal yang luar biasa.   2. Otak Anda bekerja saat Anda sendirian   Saat Anda bersama orang lain, mungkin Anda merasa otak Anda terlalu terbebani untuk bekerja sebagaimana mestinya. Berbeda saat Anda sedang dalam kesendirian, Anda akan merasa bebas menyesuaikan diri dengan pikiran dan perasaan Anda sendiri.    Pada masa-masa menyendiri ini, Anda mungkin akan menjadi lebih kreatif dan memiliki wawasan yang lebih dalam daripada saat Anda sedang berada di hadapan banyak orang.  

  3. Suara batin Anda tidak pernah berhenti   Anda memiliki suara hati yang selalu berbicara di benak Anda setiap waktu dan itu terasa sangat sulit untuk dimatikan. Terkadang Anda tidak bisa tidur di malam hari karena pikiran Anda masih saja berisik.    4. Anda sering merasa lebih kesepian di tengah keramaian   Anda seringkali merasa terputus dengan diri Anda sendiri ketika berada di keramaian. Apa pun alasannya, sebagai seorang introvert, Anda mendambakan momen-momen intim dan hubungan yang mendalam — dan hal itu biasanya tidak ditemukan di tengah keramaian.  

  5. Anda merasa seperti sedang berpura-pura saat harus menjalin relasi dengan orang-orang   Anda mengetahui bahwa menjalin relasi dan hubungan dengan seseorang baru memiliki manfaat tersendiri, jadi Anda mungkin tetap melakukannya meski itu sangat menantang nyari Anda. Namun, Anda tidak bisa memungkiri bahwa Anda selalu merasa seperti orang palsu sepanjang waktu ketika melakukan hal itu.   6. Anda tidak punya keinginan untuk menjadi pusat perhatian   Daripada menjelaskan ide brilian Anda di ruangan kantor yang penuh dengan orang, Anda akan lebih memilih untuk bicara empat mata dengan atasan Anda. Itu terjadi karena Anda seringkali tidak ingin menjadi pusat perhatian.  

  7. Anda lebih baik dalam menulis pemikiran Anda daripada mengungkapkan dan menceritakannya   Anda lebih suka mengirim pesan kepada teman Anda daripada meneleponnya saat Anda ingin bercerita. Menulis memberi Anda waktu untuk memikirkan beberapa kali apa yang harus dikatakan dan bagaimana mengatakannya.   8. Anda tidak suka berbicara di telepon   Salah satu ciri umum dari seorang introvert adalah kebiasaan mereka yang sangat tidak menyukai panggilan telepon. Hal ini membuat mereka terkadang membiarkan panggilan masuk begitu saja hingga deringnya selesai.  

  9. Anda memperhatikan detail yang terlewatkan oleh orang lain   Orang introvert (terutama yang sangat sensitif ) bisa kewalahan jika menerima terlalu banyak rangsangan. Namun, ada sisi positif dari kepekaan ini, yakni Anda dapat memperhatikan detail yang mungkin terlewatkan oleh orang lain.   10. Anda suka memerhatikan orang lain   Sebenarnya Anda hanya suka mengamati segala hal di bumi ini, entah itu manusia, alam, hewan, jalanan kota dan sebagainya. Inilah sebabnya mengapa introvert mempunyai julukan sebagai pengamat alam.  

  11. Anda adalah pendengar yang baik   Anda tidak keberatan memberikan waktu Anda untuk orang lain dan mendengarkan cerita mereka. Anda justru bisa menjadi pendengar yang baik untuk mereka.   12. Anda memiliki lingkaran pertemanan yang kecil   Anda dekat hanya dengan satu, dua, atau tiga orang saja dalam hidup Anda, dan Anda menganggap orang lain sebagai kenalan semata. Hal itu terjadi karena introvert seringkali menjalin hubungan dengan hati-hati.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #masih #ragu #dengan #tipe #kepribadian #anda #tanda #yang #mengonfirmasi #bahwa #anda #adalah #seorang #introvert

KOMENTAR