Sejarah Keikutsertaan Timnas Indonesia di Piala Asia U-23: Rekor Pecah, Kutukan Berakhir
Skuad Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23. (pssi.org)
10:22
26 April 2024

Sejarah Keikutsertaan Timnas Indonesia di Piala Asia U-23: Rekor Pecah, Kutukan Berakhir

Sejarah bagi Timnas Indonesia U23 karena bisa lolos semifinal Piala Asia U23 2024 meski baru pertama kali berpartisipasi. Tim Garuda Muda lolos ke babak semifinal usai menyingkirkan Korea Selatan lewat adu penalti yang berakhir dengan kedudukan 11-10.

Dengan keberhasilan menembus babak semifinal, otomatis Timnas Indonesia U-23 tinggal berjarak satu kemenangan lagi untuk bisa tampil di Olimpiade Paris 2024. Lantas bagaimana sejarah keikutsertaan Indonesia di Piala Asia? Simak penjelasan berikut ini.

Sejarah Keikutsertaan Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 2024

Timnas Indonesia VS Korea Selatan di Piala Asia U-23 (PSSI)Timnas Indonesia VS Korea Selatan di Piala Asia U-23 (PSSI)

Sejak pertama digelar pada 2013, Indonesia tercatat sudah 5 kali berpartisipasi dalam Piala Asia U-23. Tim Garuda Muda berjuang pada turnamen Piala Asia U-23 tahun 2013, 2016, 2018, 2020, dan 2022. 

Namun dari keikutsertaan tersebut, belum sekali pun Indonesia melangkah lebih jauh dari babak kualifikasi alias belum berhasil lolos ke putaran final. Pada tahun 2024 ini, Indonesia mengukir sejarah pertama kalinya ikut berpartisipasi dan bisa langsung lolos ke semifinal untuk pertama kalinya juga. 

Lolosnya Timnas Indonesia U-23 ke semifinal Piala Asia 2024 menjadi rekor dan "keajaiban" ke sekian yang ditorehkan tim asuhan Shin Tae Yong (STY).

Debut Pertama

Keikutsertaan Indonesia di Piala Asia U-2023 merupakan yang pertama kali sejak turnamen digelar tahun 2012. Sebelumnya, Indonesia selalu kalah di babak kualifikasi. Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia U-23 dengan menjuarai grup di babak kualifikasi yang terdiri dari Turkmenistan dan Taiwan.

Kemenangan Pertama di Piala Asia

Sejarah kedua adalah kemenangan pertama Timnas Indonesia di babak penyisihan grup A melawan Australia. Indonesia mencatat rekor itu di pertandingan kedua babak penyisihan grup A. Indonesia kalah di laga pertama melawan Qatar 0-2.

Kutukan Lawan Australia Berakhir

Bukan hanya jadi kemenangan pertama di putaran final, Indonesia juga mampu menghapus rekor buruk melawan Australia. Dalam pertandingan sebelumnya, timnas Indonesia U-23 selalu takluk.

Gol Pertama

Indonesia juga mencetak gol bersejarah pertama di Piala Asia U-2023 lewat Komang Teguh Trisnanda Putra ketika melawan Australia. Hingga babak perempat final, jumlah gol yang dicetak Indonesia adalah 7 gol. 

1 gol tercipta saat melawan Australia dan 4 gol saat melawan Yordania di babak penyisihan serta 2 gol di babak perempat final. Namun, ada dua pemain Indonesia yang mencetak gol bunuh diri yakni Komang Teguh dan Justin Hubner. 

Melaju ke Perempat Final

Indonesia kemudian mencetak sejarah melaju ke perempatfinal Piala Asia U-23 dengan jadi runner up grup A. Indonesia mengalahkan nilai enam dari dua kemenangan dan sekali kalah. Jumlah gol yang dicetak Indonesia adalah 5 gol. 

1 gol tercipta saat melawan Australia dan 4 gol saat melawan Yordania. Indonesia kemasukan 3 gol hingga babak penyisihan grup yakni 2 gol dari timnas Qatar dan 1 dari Yordania.

Kutukan Lawan Korea Selatan Berakhir
Timnas Indonesia U-23 selalu menelan kekalahan ketika melawan Korea Selatan (Korsel) dalam 7 pertemuan terakhir sebelumnya. Kekalahan terbesar terjadi dalam Kualifikasi Olimpiade 2000 di Seoul ketika Indonesia ditekuk dengan skor telak 0-7.

Dalam pertemuan terakhir pada laga persahabatan 2018 lalu, Timnas Indonesia mampu memperkecil kekalahan dengan skor 2-1. Secara keseluruhan, Timnas Indonesia U-23 selalu kalah dari timnas U-23 Korsel. Indonesia pun harus kalah dengan kemasukan 24 gol.

Namun cerita pahit berakhir di Piala Asia U-23 2024 ketika Indonesia secara mengejutkan mengalahkan Korsel lewat adu penalti. Kemenangan ini menjadi yang pertama dalam 8 pertemuan kedua tim.

Indonesia Satu-Satunya Tim yang Kalahkan dan Masukkan Gol ke Korsel
Catatan impresif lain yang ditorehkan timnas Indonesia U-23 ketika mengalahkan Korsel adalah memasukkan gol. Anak asuh STY menjadi satu-satunya tim di Piala Asia yang mampu menjebol gawang Tim Ginseng. 

Tim sekelas Jepang, Uni Emirat Arab, hingga China bahkan gagal memasukkan gawang ke jala Jong boem Baek. Korsel juga melangkah ke perempatfinal dengan selalu menang di 3 laga penyisihan grup B. Tapi kemudian catatan positif Korsel itu dimentahkan Timnas Indonesia U-23.

Melaju ke Semifinal
Indonesia mencetak rekor luar biasa lainnya dengan melaju ke semifinal Piala Asia U-23 2024 setelah mengalahkan Korsel di perempat final. Catatan manis ini ditoreh di penampilan perdananya di Piala Asia U-23. Pertandingan Indonesia selanjutnya yakni melawan pemenang partai Arab Saudi vs Uzbekistan di babak semifinal pada 29 April 2024 mendatang.

Kontributor : Trias Rohmadoni

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #sejarah #keikutsertaan #timnas #indonesia #piala #asia #rekor #pecah #kutukan #berakhir

KOMENTAR