Padahal Punya Harta Rp16 M, Indira Chunda Anak SYL Diduga Beli Skincare Pakai Duit Kementan
Anggota DPR RI sekaligus Ketua Umum DPP Garda Wanita (Garnita) Malahayati NasDem, Indira Chunda Thita.
18:23
25 April 2024

Padahal Punya Harta Rp16 M, Indira Chunda Anak SYL Diduga Beli Skincare Pakai Duit Kementan

Aliran uang diduga hasil korupsi eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) diungkap di persidangan hari Senin (22/4/2024). Salah satunya ternyata dipakai untuk perawatan kulit anak SYL, Indira Chunda Thita Syahrul.

Hal ini seperti diungkap oleh mantan Koordinator Pemeliharaan Biro Umum dan Pengadaan Kementerian Pertanian, Gempur Aditya, yang dihadirkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) di persidangan tersebut.

Terdakwa Mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) usai menjalani sidang dakwaan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu (28/2/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]Terdakwa Mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) usai menjalani sidang dakwaan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu (28/2/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]

“Ada permintaan dari Panji (mantan ajudan SYL Panji Hartanto) biasanya untuk perawatan, skincare, Pak,” kata Gempur, dikutip pada Kamis (25/4/2024). “Biasanya untuk Tita (nama panggilan Indira) dan anaknya, Pak.”

Tak main-main, uang yang diminta SYL melalui Panji setiap bulannya adalah sebesar Rp50 juta.

Harta Kekayaan Indira Chunda Anak Syahrul Yasin Limpo

Padahal Indira Chunda Thita Syahrul yang diduga disebutkan dalam kesaksian di persidangan tersebut memiliki harta kekayaan yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Indira Chunda Thita Syahrul anak Syahrul Yasin Limpo. (Instagram/@renibean)Indira Chunda Thita Syahrul anak Syahrul Yasin Limpo. (Instagram/@renibean)

Indira menjabat sebagai Komisaris PT Petrokimia Gresik yang merupakan bagian dari BUMN Pupuk Indonesia Group. Karena itulah Indira melaporkan jumlah harta kekayaannya secara rutin di LHKPN KPK, dengan yang terakhir pada 31 Desember 2022.

Harta kekayaan bersihnya adalah Rp16,13 miliar, dengan porsi aset terbesarnya adalah berupa tanah dan bangunan. Terpantau aset-aset itu tersebar di DKI Jakarta dan Sulawesi Selatan dengan nilai total Rp11,21 miliar.

Isi garasi Indira adalah dua unit mobil senilai total Rp1,39 miliar. Kedua mobilnya adalah Toyota Alphard SC 2.5 AT dan Audi A4 2.0 Turbo FSI yang semua diakui sebagai hasil sendiri.

Indira juga memiliki harta bergerak lainnya dengan nilai Rp1,05 miliar, surat berharga sebesar Rp350 juta, serta kas dan setara kas senilai Rp3,03 miliar. Namun Indira juga mengaku masih mempunyai utang sebesar Rp898,18 juta.

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #padahal #punya #harta #rp16 #indira #chunda #anak #diduga #beli #skincare #pakai #duit #kementan

KOMENTAR