10 Tantangan Terbesar yang Dihadapi Sepasang Kekasih, Pahami Sebelum Memutuskan untuk Menjalin Hubungan Serius!
10 tantangan paling umum yang sering kali terjadi dalam sebuah hubungan (pexels/Vera Arsic)
13:02
23 April 2024

10 Tantangan Terbesar yang Dihadapi Sepasang Kekasih, Pahami Sebelum Memutuskan untuk Menjalin Hubungan Serius!

 

Setiap perjalanan hubungan romansa, kita harus mampu mengidentifikasi dan mencegah berbagai tantangan yang dapat menyebabkan kerusakan.

Hal ini penting dilakukan karena, dapat menyelamatkan hubungan Anda. Apalagi saat kita menyadari bahwa jatuh cinta dalam jangka panjang bisa menjadi hal yang menakutkan karena jalannya sering kali terjal.

Tantangan dalam hubungan akan berbeda-beda untuk setiap pasangan. Namun, akar permasalahannya sering kali sama.

Untuk itu, mari kita pelajari bersama 10 tantangan paling umum yang sering kali terjadi dalam sebuah hubungan, menurut psikologi.

  1. Komunikasi yang Tidak Efektif

Komunikasi yang efektif sangat penting dalam hubungan apa pun. Kurangnya komunikasi, atau kemampuan komunikasi yang buruk, akan mudah menimbulkan konflik yang seringkali sulit diselesaikan. 

Hal ini karena biasanya salah satu atau kedua belah pihak dalam hubungan tersebut tidak mampu menyelesaikan permasalahan terkait komunikasinya yang tidak efektif.

  1. Pelanggan Kepercayaan hingga Perselingkuhan

Membangun dan memelihara kepercayaan adalah fondasi dari setiap hubungan yang sukses. Perselingkuhan atau pelanggaran kepercayaan dapat menyebabkan ketegangan yang signifikan pada suatu hubungan.

  1. Stres Finansial

Meski kita berharap hal itu tidak benar, dunia selalu berputar di sekitar uang. Begitulah cara individu bertahan hidup, dan ini bahkan lebih penting lagi bagi keluarga yang baru saja memulai langkah awal hubungan mereka. 

Ketidaksepakatan mengenai aspek ekonomi atau keuangan, ketidakstabilan keuangan, atau perbedaan prioritas keuangan dapat menciptakan ketegangan di antara pasangan.

  1. Keintiman dan Seksualitas

Banyak hubungan dimulai dengan ketertarikan secara fisik. Perubahan dalam dinamika seksual, perbedaan tingkat hasrat, atau masalah keintiman dapat menjadi tantangan bagi keberlangsungan suatu hubungan.

  1. Perbedaan Pola Asuh

Mempertahankan hubungan tunggal di antara pasangan sudah cukup sulit, dan menambahkan anak ke dalam hubungan tersebut akan membuat segalanya jauh lebih rumit. 

Membesarkan banyak anak sekaligus secara bersama-sama dapat menimbulkan perbedaan dalam gaya pengasuhan, prioritas, dan tujuan masa depan, yang semuanya dapat menimbulkan konflik. Kuncinya adalah menyamakan pola asuh diantara keduanya.

  1. Keseimbangan Kehidupan Kerja

Ketidakmampuan dalam menyeimbangkan tuntutan karier dengan kebutuhan pribadi dan hubungan dapat menjadi tantangan dalam hubungan. Ini dapat menimbulkan perasaan diabaikan atau frustrasi.

  1. Perbedaan Budaya dan Agama

Keluarga yang beragam dapat menghasilkan budaya keluarga yang luar biasa dan unik. Namun, pasangan dengan latar belakang budaya atau agama yang berbeda mungkin menghadapi tantangan lebih sulit dalam memahami dan menghormati keyakinan satu sama lain.

  1. Pertumbuhan dan Perkembangan Individu

Bahkan, setelah Anda berkeluarga, pertumbuhan pribadi tetap menjadi bagian penting dalam hidup Anda. Dan perubahan tujuan individu dapat berdampak pada hubungan, sehingga sulit menyeimbangkan pengembangan pribadi dengan kebutuhan dalam hubungan.

  1. Masalah Kesehatan

Tantangan kesehatan fisik dan mental dapat memengaruhi hubungan diantara kedua pasangan. Aspek ini sering kali dapat memperburuk stres, kekhawatiran serta menekankan kekurangan kita.

  1. Pengaruh Eksternal

Begitu Anda memulai suatu hubungan, Anda menciptakan ekosistem internal Anda sendiri. Namun, bukan berarti tekanan dari luar tidak bisa memengaruhi Anda. 

Tekanan dari keluarga, teman, atau ekspektasi masyarakat terhadap hubungan Anda dapat menyebabkan stres yang tidak diinginkan dalam hubungan Anda.

****

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #tantangan #terbesar #yang #dihadapi #sepasang #kekasih #pahami #sebelum #memutuskan #untuk #menjalin #hubungan #serius

KOMENTAR