Simak 9 Urutan Body Care Routine yang Benar, Bikin Kulit Sehat dan Cerah : Lulur atau Sabun Mandi Dulu?
Ilustrasi wanita sedang memakai body lotion yang merupakan salah satu tahapan urutan body care routine (freepik)
10:42
21 April 2024

Simak 9 Urutan Body Care Routine yang Benar, Bikin Kulit Sehat dan Cerah : Lulur atau Sabun Mandi Dulu?

Perawatan kulit tidak hanya wajah namun juga penting merawat kulit tubuh. Banyak orang yang mengutamakan skincare namun faktanya kulit tubuh juga butuh dirawat menggunakan urutan body care routine yang benar.

Urutan body care routine yang benar mencakup banyak langkah mulai dari serum tubuh hingga ada krim obat untuk menghilangkan rambut bahkan ada yang memakai tahapan penyikatan kering dan masker kaki.

Memakai masker tangan juga merupakan salah satu urutan body care routine yang benar. Produk yang digunakan untuk perawatan body care ini tentu mempunyai kandungan yang berbeda-beda sehingga mampu menjadikan kulit wajah menjadi cerah dan sehat.

Dilansir dari lama Stephanie Skincare dan Raena Beauty, berikut urutan body care routine yang benar agar kulit Anda tampak cerah dan sehat :

1. Body Scrub

Langkah pertama dalam urutan body care adalah menggunakan body scrub yang berfungsi untuk mengeksfoliasi kulit. Anda bisa memilih body scrub yang di dalamnya terdapat kandungan glycolic dan lactic acid.

Kandungan tersebut mampu mendorong regenerasi sel kulit, meratakan warna kulit dan mengecilkan pori-pori.

Untuk penggunaan body scrub ini Anda tidak perlu memakai setiap hari, cukup seminggu 2 kali secara rutin.

Apabila Anda menggunakan body scrub terlalu sering maka bisa mengikis kelembaban alami kulit sehingga bisa membuat skin barrier tipis dan rusak.

Body scrub atau dikenal dengan lulur ini bisa Anda oleskan ke kulit tubuh dalam kondisi kering lalu gosok dengan lembut hingga kotoran terangkat.

2. Body Wash

Setelah body scrub, tahapan kedua adalah memakai body wash atau sabun mandi. Sabun mandi ini adalah produk yang sehari-hari digunakan untuk mandi.

Tak sedikit orang yang mengabaikan body scrub sehingga langsung memakai sabun mandi.

Body wash ini berfungsi membersihkan tubuh dari keringat dan kotoran yang menempel. Namun di era sekarang, sabun mandi juga bisa untuk mencerahkan dan melembutkan kulit.

Dengan istilah mudahnya, kotoran sisa yang belum terangkat sempurna dari penggunaan body scrub akan dibersihkan oleh sabun mandi.

Anda bisa memilih sabun mandi yang bisa untuk melembutkan dan tidak mengandung bahan iritasi.

3. Body Toner

Tahapan body care routine selanjutnya adalah menggunakan body toner. Body toner ini berfungsi melembabkan kulit setelah mandi.

Anda bisa menggunakan body toner sebelum memakai lotion yang bertujuan agar nutrisi bisa menyerap dengan optimal.

4. Body Lotion

Hal terpenting dalam urutan body care yang benar adalah menggunakan pelembab dalam kondisi kulit yang sudah bersih agar bisa diserap kulit dengan baik.

Body lotion berfungsi untuk menjaga dan mengunci kadar kelembaban kulit sehingga membuat kulit tetap sehat, halus, dan lembut.

Anda bisa menggunakan body lotion 2 kali dalam sehari yaitu saat pagi dan malam hari. Namun Anda bisa reapply juga merasa kulit Anda kering.

5. Body Oil

Body oil berfungsi untuk melembabkan kulit dan meredakan peradangan pada kulit yang diakibatkan oleh jerawat. Selain itu, menggunakan body oil juga bisa memberikan relaksasi pada otot yang kaku.

Kandungan yang terdapat dalam body oil meliputi vitamin A, B1, B2, B3, asam lemak esensial omega 3, omega 6 dan selenium.

6. Body Butter

Setelah body oil, tahapan selanjutnya adalah menggunakan body butter. Body butter ini memiliki tekstur lebih tebal dan padat jika dibandingkan dengan body lotion.

Namun kandungan kelembapan body butter lebih tinggi dan banyak dibandingkan dengan body lotion.

Apabila Anda mengalami kulit yang sangat kering hingga bersisik maka Anda bisa menggunakan body butter setelah memakai body oil.

7. Body Serum

Body serum memiliki kandungan yang lebih aktif dan terkonsentrasi seperti vitamin C, AHA, atau hyaluronic acid yang bisa merawat kulit langsung ke akar masalahnya baik kulit kasar, kusam, belang dan sebagainya.

Body serum ini memiliki teksturnya yang cair sehingga mudah menyerap di kulit dan tidak lengket apalagi berminyak.

8. Sunscreen

Tahapan body care selanjutnya adalah memakai tabir surya atau sunscreen. Bahkan tahapan ini sangat penting dan tidak boleh dilewatkan terlebih jika Anda aktif melakukan kegiatan di luar ruangan.

Sunscreen mampu melindungi kulit dari bahaya sinar matahari yang berujung bisa menimbulkan masalah kulit seperti kanker. Anda bisa menggunakan sunscreen minimal dengan SPF 30 dengan PA++.

Anda juga butuh reapply setiap 2 jam sekali selama Anda berada di luar ruangan.

9. Body Mist

Body mist adalah urutan body care routine yang terakhir. Body mist ini mampu memberikan efek segar pada kulit karena mengandung essential oil dan alkohol.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #simak #urutan #body #care #routine #yang #benar #bikin #kulit #sehat #cerah #lulur #atau #sabun #mandi #dulu

KOMENTAR