6 Tanda Anda Sedang Berhadapan dengan Orang yang Sangat Sombong Menurut Psikologi, Perlu Diwaspadai
Ilustrasi wanita yang sedang diskusi dengan sahabatnya (freepik)
12:50
16 April 2024

6 Tanda Anda Sedang Berhadapan dengan Orang yang Sangat Sombong Menurut Psikologi, Perlu Diwaspadai

Di dalam kehidupan tentu Anda telah berjumpa dan berinteraksi dengan banyak orang yang memiliki sifat dan karakter yang berbeda-beda tak terkecuali orang yangs sombong.

Orang yang sombong selamanya ingin berada di posisi paling atas dan tak mau bersanding dengan kita yang dianggap sebagai manusia biasa. Mereka selalu beranggapan bahwa berteman hanya dengan yang selevel.

Memang benar tidak membawa pengaruh ke kehidupan kita namun perilaku dan sikapnya membuat jengkel dan capek.

Ibarat dalam pembicaraan yang terlibat antara Anda dengan orang yang sombong hanyalah persaingan ini itu segala macam.

Bukan yang mengedukasi dan obrolan bermanfaat justru sebagai adu persaingan baik dari uang atau jabatan.

Faktanya membiarkan seseorang dalam hidup Anda jelas-jelas menganggap dirinya lebih baik daripada Anda adalah tindakan menyabotase diri sendiri dan sedikit masokis.

Dilansir dari laman The Vessel, ada beberapa tanda Anda sedang berhadapan dengan orang yang sangat sombong diantaranya :

1. Sangat arogan

Arogansi adalah seseorang yang memiliki rasa harga diri yang sangat tinggi. Orang yang sombong akan berperilaku seolah-olah dirinya lebih berharga, penting dan berhak dirajakan/diratukan oleh orang lain.

Bahkan mereka juga senang merendahkan orang lain. Orang yang arogan juga dikenal sebagai orang yang munafik karena mereka menuntut rasa hormat dari orang lain meskipun realitanya mereka menyakiti orang lain. Mereka juga suka dengan pujian terlebih dipuji dari apa yang sudah mereka lakukan.

2. Sombong secara intelektual

Orang yang sombong pada umumnya juga cenderung sombong secara intelektual. Seorang psikologi mendefinisikan arogansi intelektual adalah seseorang yang memegang keyakinan sebagai sesuatu yang benar hanya karena keyakinannya sendiri.

Orang yang arogan sangat kompetitif dalam setiap aspek kehidupan mereka namun menantang sistem kepercayaan mereka dan mereka benar-benar tutup mulut. Mereka juga sangat mengartikan keyakinan mereka adalah bagian besar dari rasa harga diri mereka.

3. Memiliki kompleks superioritas

Kompleks superioritas adalah sejenis pemikiran disfungsional yang membuat seseorang yakin dirinya lebih unggul dari orang lain. Hal ini bisa dilihat dari cara mereka dengan terampil berdiskusi tentang diri mereka sendiri.

Bahkan mereka dalam diskusinya itu akan berusaha mencari cara apa pun untuk menyebutkan prestasi mereka sendiri ke dalam percakapan yang tidak memerlukannya.

4. Sibuk dengan perhatian publik

Orang yang sombong pasti akan sibuk dengan citra publiknya. Mereka akan mencari terus perhatian agar terlihat selalu menarik di mata orang lain. Pada intinya seberapa besar harga diri mereka ditentukan dengan penilaian dan perhatian orang lain.

5. Banyak bicara

Orang yang arogan sangat menonjol dalam hal bicara. Bicaranya yang banyak dengan nada menghibur dan begitu kharismatik membuat orang lain tertarik dan terpaku hanya pada mereka.

Ironisnya yang mereka bicarakan rata-rata tentang pencapaian mereka sendiri dan apa saja yang sudah dilaluinya untuk menggapai kesuksesan itu.

6. Membutuhkan banyak validasi

Pada dasarnya orang sombong tidak ada metode lain untuk menarik perhatian selain mencari validasi banyak orang sehingga mereka termotivasi untuk melanjutkan perilaku tersebut.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #tanda #anda #sedang #berhadapan #dengan #orang #yang #sangat #sombong #menurut #psikologi #perlu #diwaspadai

KOMENTAR