6 Kebiasaan Kecil yang Membuat Orang Langsung Menghormati Anda Menurut Psikologi, Apa Saja?
Ilustrasi wanita dan atasannya sedang berjabat tangan yang merupakan salah satu sikap saling memperlakukan orang dengan rasa hormat (freepik)
13:26
15 April 2024

6 Kebiasaan Kecil yang Membuat Orang Langsung Menghormati Anda Menurut Psikologi, Apa Saja?

– Mendapatkan rasa hormat bukanlah hal yang mudah. Ini semua tentang meluangkan waktu dan tampil secara konsisten dengan langkah terbaik Anda.

Tak sedikit orang yang ingin dihormati orang namun tidak memahami caranya bahkan inginnya langsung dihormati.

Pasalnya ada beberapa perilaku yang perlu diterapkan dan ditanamkan dalam diri agar orang lain bisa langsung menghormati Anda.

Artinya semua tidak bisa instan namun melewati proses kebiasaan-kebiasaan yang mendorong hal tersebut.

Apabila Anda ingin dihormati secara langsung maka Anda juga tidak perlu stress memikirkan, lebih baik fokus ke hal kebiasaan yang bisa Anda praktekkan.

Dilansir dari laman Expert Editor terdapat beberapa kebiasaan kecil yang bisa membuat Anda langsung dihormati diantaranya :

1. Memperlakukan semua orang dengan hormat

Kesopanan dan memperlakukan semua orang dengan sopan dapat membuat Anda lebih menonjol.

Artinya sebelum Anda ingin dihormati orang maka Anda perlu menghormati orang siapapun terlebih dahulu mulai dari atasan hingga petugas kebersihan di tempat kerja Anda.

Hal tersebut menunjukkan tingkat sopan santun Anda saat interaksi dengan semua orang. Pada intinya ketika Anda mendekati orang dengan kebaikan dan penerimaan, tidak peduli status sosial, warna kulit, jenis kelamin bahkan usia maka secara langsung Anda akan mendapatkan rasa hormat mereka.

Beberapa contoh kebiasaan kecil dan sederhana yang bisa Anda lakukan adalah menyapa rekan kerja dengan ucapan selamat pagi.

2. Menumbuhkan minat yang tulus

Kebiasaan kecil lainnya yang bisa membuat Anda langsung dihormati orang adalah dengan menumbuhkan dan mendengarkan dengan tulus.

Artinya setiap pembicaraan yang Anda lakukan dengan siapapun itu, Anda perlu menyerap dan mendengar dengan baik apa yang mereka sampaikan misalnya dengan senyum dan mengangguk-anggukan kepala sebagai tanda memvalidasi.

Bahkan bisa lebih baik jika Anda juga ikut menempatkan diri seperti apa yang dialami sehingga bisa menumbuhkan empati dan ketulusan.

3. Mampu mengambil alih ketika situasi sulit

Orang yang memiliki rasa hormat adalah mereka yang mampu mengambil kendali dalam situasi sulit.

Karena di dalam dirinya berpikir daripada berpegang teguh pada zona nyaman atau mementingkan kebutuhan sendiri lebih baik mengambil alih tindakan agar situasinya lebih kondusif.

Misalnya Anda menawarkan bantuan dengan inventaris perusahaan atau membantu perusahaan teman dalam keadaan darurat, hal ini bisa menanam rasa benih rasa hormat yang segera bertunas di kemudian hari.

4. Menjalani pembicaraan

Semua orang tentu pernah mengalami saat-saat ketika seseorang membuat banyak janji tetapi tidak pernah menepatinya.

Hal ini sebenarnya tidak menjadi masalah jika hanya 1 atau 2 kali namun jika ini membentuk sebuah pola, maka rasa hormat orang ke Anda menjadi memudar bahkan hilang.

Pada intinya jika Anda ingin dihormati orang lain maka bersikaplah konsisten dengan kata-kata dan perbuatan Anda tidak peduli dengan siapa Anda berhadapan.

5. Mengedepankan nilai Anda

Ketika Anda ingin langsung dihormati orang lain maka Anda perlu berpegang teguh pada nilai-nilai Anda setiap harinya bahkan Anda tidak menyesal menjadi diri Anda sendiri.

Pada dasarnya Anda memiliki rasa self love yang tinggi mulai dari percaya diri menampilkan gaya Anda sendiri baik selera musik hingga berpakaian.

6. Jangan mengatakan ya untuk semuanya

Kebiasaan yang terakhir ini sama halnya dengan menetapkan batasan dan mengetahui kapan harus mengatakan tidak. Hal ini sangat penting untuk mendapatkan rasa hormat.

Hal ini bukan tentang egois dan tidak empati namun tentang mengerem sikap menyenangkan orang lain dan mengutamakan diri sendiri.

Misalnya rekan kerja Anda selalu memberikan pekerjaan ekstra di menit terakhir, Anda bisa menolaknya dengan sopan jika memang Anda merasa kewalahan.

Anda dalam situasi seperti itu bukan tidak menjalankan tugas namun justru menunjukkan bahwa Anda menghargai waktu dan keahlian Anda dan orang lain akan menghargainya.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #kebiasaan #kecil #yang #membuat #orang #langsung #menghormati #anda #menurut #psikologi #saja

KOMENTAR