Work Life Balance Berantakan Bikin Hasil Kerja Tak Maksimal, Begini Cara Mengatasinya
Ilustrasi work life balance (Pexels/Andrea Piacquadio)
18:54
15 Januari 2024

Work Life Balance Berantakan Bikin Hasil Kerja Tak Maksimal, Begini Cara Mengatasinya

Bagi para pebisnis ataupun karyawan, dinas luar kota kerap dimanfaatkan untuk liburan. Istilahnya, sambil menyelam minum air. Satu kali perjalanan, bisa dapat dua tujuan sekaligus, yaitu bekerja dan liburan. Padahal, dengan begitu, malah bisa mengganggu work life balance kamu, lho.

Fenomena ini diakui Director of Sales Marketing JW Marriott Hotel Surabaya, Caroline Chrysdy, dan inilah yang jadi alasan para pengelola hotel berusaha membuat para pebisnis memiliki kesadaran penuh atau mindful saat bekerja di hotel.

Dengan begini, Caroline meyakini para pebisnis yang sedang dinas luar kota, menginap atau meeting di hotel, bisa lebih produktif dan mendapatkan hasil kerja yang maksimal.

"Hotel dapat menyediakan fasilitas kamar dengan berbagai aktivitas mindful serta fasilitas meeting berkualitas tinggi, yang tentunya segala kegiatan dapat dilakukan dengan menyesuaikan kebutuhan dari perusahaan dan organisasi," ujar Caroline melalui keterangan yang diterima suara.com beberapa waktu lalu.

Caroline juga menambahkan, sebaiknya para pebisnis bisa memanfaatkan fasilitas hotel yang bisa menunjang work life balance, seperti fasilitas olahraga, yoga eksklusif, meditasi, spa, kamar khusus stay in the Moment, hingga bantuan layanan kamar 24 jam.

Menurut Kamus Cambrigde, work life balance adalah seimbangnya waktu yang dihabiskan untuk bekerja vs waktu yang dihabiskan untuk melakukan hal yang disukai.

Sehingga work life balance untuk karyawan merupakan hal vital dan penting untuk kesehatan dan kepuasan hidup secara keseluruhan, termasuk menurunkan stres dan meningkatkan produktivitas.

Masih tak tahu bagaimana cara mendapatkan work life balance? Coba tips berikut melansir dari PsychCentral:

1. Tetapkan target bekerja

Target yang ditetapkan setiap orang berbeda. Jadi cobalah tetapkan target harian saat bekerja, dan begitu juga saat beraktivitas di luar kerja, tetapkan batasnya.

Batas ini harus juga dilihat dari sudut pandang tenggat waktu, agar beban kerja yang dirasakan realistis dan tidak membuat stres.

2. Berbagi tugas rumah

Saat Anda merasa tugas di rumah lebih banyak dibanding tugas saat bekerja, cobalah berbagai tugas untuk menyelesaikannya. Misalnya berbagi pekerjaan dengan anggota rumah, atau memanggil bantuan profesional untuk menyelesaikan pekerjaan rumah.

3. Bekerja dengan efisien

Bagi sebagian orang mungkin ini terdengar sulit, tapi solusinya carilah tempat atau suasana yang membuat pekerjaan jadi lebih efisien. Suasana bekerja ini perlu dibangun, sehingga fokus Anda tidak perlu terbagi dengan hal lainnya.

4. Istirahat cukup

Istirahat tidak melulu harus dengan tidur, tapi istirahat meninggalkan pekerjaan sejenak untuk mengurangi stres ataupun meningkatkan mood.

Contohnya pergi mencari udara segar di luar kantor atau berjalan kaki untuk makan siang, maupun sekadar membeli kopi bisa sangat membantu atur ulang pikiran Anda.

5. Me time

Kegiatan yang bisa menyenangkan diri sendiri atau meningkatkan kesehatan diri sendiri bisa membantu memperbaiki work life balance untuk karyawan. Misalnya olahraga teratur, cuti, cukup tidur malam, hingga cari bantuan teman, keluarga maupun profesional saat alami masalah kesehatan mental.

Editor: Vania Rossa

Tag:  #work #life #balance #berantakan #bikin #hasil #kerja #maksimal #begini #cara #mengatasinya

KOMENTAR