9 Trik Komunikasi Agar Lebih Disegani Menurut Psikologi, Salah Satunya Menguasai Bahasa Tubuh
Ilustrasi wanita sedang berjabat tangan dengan menguasai bahasa tubuh yang berdiri tegak dengan senyum sebagai salah satu trik komunikasi agar disegani orang lain (pexels/fauxels)
13:44
13 April 2024

9 Trik Komunikasi Agar Lebih Disegani Menurut Psikologi, Salah Satunya Menguasai Bahasa Tubuh

– Dalam kehidupan, rasa hormat adalah semacam mata uang sosial. Rasa hormat membuat orang secara otomatis bersikap tidak kasar dan melakukan yang terbaik untuk membuat orang lain di sekitar kita merasa nyaman.

Ada rasa hormat yang muncul ketika orang mengagumi kemampuan, pengetahuan, keterampilan dan kepribadian Anda. Ketika orang menaruh rasa hormat pada Anda, hal ini bisa membuat orang tersebut mau mengikuti arahan Anda dan memperlakukan Anda dengan baik.

Rasa hormat bisa tumbuh dari cara berkomunikasi. Komunikasi yang jelas dan terampil adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan rasa hormat dari orang-orang di sekitar Anda.

Dilansir dari laman Expert Editor, terdapat beberapa trik komunikasi yang bisa Anda terapkan agar lebih disegani orang menurut psikologi:

  1. Bersikap asertif

Menurut peneliti Maria Pipas dan Mohammad Jaradat, komunikasi asertif adalah kemampuan untuk berbicara dan berinteraksi dengan cara yang mempertimbangkan dan menghormati hak dan pendapat orang lain sembari membela hak, kebutuhan dan batasan pribadi Anda sendiri.

Bersikap asertif tidaklah sama dengan bersikap agresif, menuntut atau memerintah. Bersikap asertif berarti bersikap tegas terhadap apa yang diinginkan tanpa menginjak-injak orang lain.

Terlihat sederhana, namun hal ini membutuhkan keterampilan dan sulit diterapkan.

  1. Mendengarkan secara aktif

Seorang psikolog Dianne Grande menjelaskan bahwa mendengarkan secara aktif adalah cara mendengarkan yang melibatkan perhatian penuh terhadap apa yang dikatakan dengan tujuan utama memahami pembicara.

Mempelajari cara mendengarkan secara aktif akan membuat lawan bicara Anda merasa didengarkan. Hal ini tentu membuat mereka menghormati Anda sebagai seseorang yang menghargai pendapat orang lain meskipun Anda terkadang kurang setuju.

  1. Konsisten

Konsistensi adalah kunci untuk mendapatkan rasa hormat dari orang lain. Dalam psikologi, konsistensi adalah prinsip yang menyatakan bahwa orang ingin konsisten dengan komitmen yang dibuatnya. 

Seorang Profesor Psikologi dan Pemasaran Robert Cialdini menyatakan bahwa konsistensi adalah salah satu dari enam gagasan utama dibalik ilmu persuasi. 

Pada intinya apabila Anda ingin mendapatkan rasa hormat dari orang lain, Anda perlu menghormati komitmen Anda dan melakukan apa yang Anda katakan.

  1. Menyebut nama lawan bicara dalam percakapan

Seorang pendidik Jody Schulz menjelaskan bahwa menggunakan nama seseorang dalam percakapan memiliki beberapa manfaat, mulai dari menciptakan budaya menghormati, hingga membuat orang tersebut merasa diakui.

Ketika Anda menyebut nama seseorang dalam komunikasi, artinya Anda peduli terhadapnya sebagai individu serta telah meluangkan waktu untuk mempelajari dan mengingat mereka.

  1. Melatih empati

Empati adalah salah satu alat komunikasi yang paling diremehkan. Seorang wirausaha sosial yang bernama Gwen Yi Wong menjelaskan bahwa empati mungkin muncul secara alami dalam diri kita namun hilang dalam penerjemahannya, terutama dalam percakapan.

Anda bisa menunjukkan empati dalam percakapan dengan berbagi pengalaman pribadi Anda yang ada kaitannya dengan pengalaman mereka, menawarkan bantuan, dan mengajukan pertanyaan tentang akar masalah.

  1. Berbicara dengan penuh perhatian

Trik selanjutnya agar Anda disegani orang lain adalah berbicara dengan penuh perhatian. Anda bisa menghindari kata-kata pengisi misalnya um dan uh. Sebaliknya Anda bisa bicara dengan ringkas dan jelas .

Berbicara dengan penuh kesadaran tidak hanya membantu Anda menghindari rasa tersinggung namun juga membuat Anda tampak lebih berwibawa dan mengendalikan apa yang Anda katakan.

Seorang psikologi Lea Lis menjelaskan bahwa bahasa tubuh adalah bagian penting dari komunikasi dan sama pentingnya dengan pertukaran verbal kita. 

Anda bisa menguasai bahasa tubuh yang akan membuat orang lain menghormati Anda seperti berdiri tegak dengan bahu ke belakang, melakukan kontak mata dengan orang lain, tidak menyilangkan tangan dan menjaga kepala untuk tidak melihat ke bawah.

  1. Bersikap positif

Ketika Anda bersikap positif artinya Anda selalu mencari peluang bahkan ketika keadaan sedang buruk. Anda mampu melihat sisi baiknya dan menjaga harapan bahwa segala sesuatunya akan selalu menjadi lebih baik.

Orang positif selalu lebih menarik sehingga saat Anda menunjukkan sikap positif maka orang-orang di sekitar Anda akan menghormati Anda karenanya.

  1. Mempertahankan batasan

Mempertahankan batasan yang kuat adalah salah satu cara terbaik untuk membuat orang lain menghormati Anda. 

Seorang psikolog Danit Nitkan menjelaskan bahwa mempertahankan batasan adalah tentang menjadi penjaga gerbang hidup Anda untuk menjaga diri Anda tetap aman dan sehat.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #trik #komunikasi #agar #lebih #disegani #menurut #psikologi #salah #satunya #menguasai #bahasa #tubuh

KOMENTAR