Pahami 5 Tips Praktis untuk Meningkatkan Produktivitas Tipe Kepribadian INFJ, Apa Saja?
Tips praktis untuk meningkatkan produktivitas Anda sebagai INFJ. (Pexels/cottonbro studio)
06:32
13 April 2024

Pahami 5 Tips Praktis untuk Meningkatkan Produktivitas Tipe Kepribadian INFJ, Apa Saja?

INFJ (Tipe kepribadian Advokat) merupakan tipe kepribadian MBTI yang paling langka. Mereka kreatif, penyayang, dan sensitif. Mereka sangat sensitif terhadap ketidakadilan dan tujuan hidup mereka sering kali adalah membantu orang lain.

Selayaknya seorang advokat, mereka biasanya berwawasan luas, altruistik, dan jangan lupa juga perfeksionis. Namun, mereka seringkali merasa sulit untuk terbuka. Orang-orang dengan tipe kepribadian INFJ ini berkembang dalam karier yang memungkinkan mereka memiliki kesempatan untuk terhubung dan membantu orang lain.

Pekerjaan atau karier yang cocok dan direkomendasikan untuk mereka diantaranya, guru, psikolog, penulis, atau bisa juga pekerja medis. Pekerjaan advokat harus selaras dengan tujuan dan nilai-nilai mereka. Hal itu juga harus memberi mereka kebebasan untuk berkreasi. Jika kriteria ini terpenuhi, mereka akan unggul di tempat kerja manapun.

Hirarki tidak penting bagi orang-orang INFJ, karena mereka memandang diri mereka setara dengan orang lain. Mereka justru seringkali merasa frustasi jika merasa tidak didengarkan dan tidak dihargai oleh rekan-rekannya.

Mereka biasanya sangat disukai di tempat kerja karena sifatnya yang positif dan kooperatif, meski sebagai introvert, mereka suka bekerja sendirian. Mungkin Anda juga bertanya-tanya, bagaimana tipe kepribadian INFJ bisa menjadi lebih produktif dalam bekerja?

Dilansir dari Clockify.me, berikut beberapa tips praktis untuk meningkatkan produktivitas Anda sebagai INFJ:

1. Jadwalkan waktu Anda

Memiliki jadwal akan membantu orang-orang dengan tipe kepribadian ini menjadi lebih terorganisir dan memastikan Anda punya waktu untuk segala hal.

2. Temukan keseimbangan kehidupan kerja

Para advokat sering kali rentan mengalami kelelahan dan stres, jadi, inilah kuncinya. Anda tidak dapat menuangkan dari cangkir kosong, oleh karenya Anda memerlukan waktu untuk bersantai dan memulihkan tenaga agar dapat melakukan pekerjaan Anda dengan baik.

3. Latihan

Berolahraga baik untuk kesehatan fisik dan mental, serta membantu mengurangi stres. Anda harus menjadi seorang yang rajin berolahraga — aktivitas fisik apa pun yang membuat jantung Anda terpompa akan cukup baik untuk Anda.

4. Belajarlah untuk mengatakan tidak

Waktu dan energi Anda sangat berharga, dan Anda perlu menyadari hal itu mulai dari sekarang. Mengatakan ya untuk segala hal adalah cara pasti menuju kelelahan.

5. Setel pengingat

Jika Anda mendapati diri Anda melupakan tugas-tugas kecil seperti menyiram tanaman atau mengambil paket tepat waktu, mulailah untuk menyetel alarm pengingat.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #pahami #tips #praktis #untuk #meningkatkan #produktivitas #tipe #kepribadian #infj #saja

KOMENTAR