Adu Kekayaan Puan Maharani vs Angela Tanoesoedibjo: Putri Ketum Parpol Nyaleg, Keturunan Presiden dan Konglomerat
Kolase Puan Maharani dan Angela Tanoesoedibjo. (Istimewa)
17:19
15 Januari 2024

Adu Kekayaan Puan Maharani vs Angela Tanoesoedibjo: Putri Ketum Parpol Nyaleg, Keturunan Presiden dan Konglomerat

Buah jatuh tak jauh dari pohonnya, kata-kata bijak tersebut seolah cocok disematkan kepada Angela Tanoesoedibjo, putri Hary Tanoesoedibjo. Di Pemilu 2024 ini, Angela Tanoe ikut bertarung dan mencalonkan diri sebagai caleg melalui partai besutan sang ayah, yakni Perindo.

Rupanya keluarga Hary Tanoesoedibjo semua ikut terjun dan menjajal dunia politik. Ini serupa dengan anak Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, Puan Maharani yang telah lebih dulu bermain politik. Puan juga bersiap nyaleg usai menjabat sebagai Ketua DPR RI periode 2019-2024.

Sementara itu, Angela Tanoesoedijo sekarang duduk sebagai Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Kiprah keduanya di dunia politik membuat sebagian orang penasaran. Tak terkecuali seputar harta kekayaan yang dimiliki dua putri ketum partai tersebut. Untuk mengetahuinya, simak ulasannya berikut ini.

Harta Kekayaan Puan Maharani

Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri (kiri) bersama dengan Putrinya Ketua DPR Puan Maharani (kanan) berswafoto usai Sidang Tahunan MPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/8/2023). [Suara.com/Alfian Winanto]Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri (kiri) bersama dengan Putrinya Ketua DPR Puan Maharani (kanan) berswafoto usai Sidang Tahunan MPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/8/2023). [Suara.com/Alfian Winanto]

Puan Maharani pernah melaporkan harta kekayaan ke LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara Nasional) pada Maret 2022 yang lalu.

Dari laporan tersebut, Puan tercatat memiliki aset berupa tanah yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, yang ditaksir sebesar Rp149 miliar.

Selain memiliki aset tak bergerak, Puan juga memiliki aset bergerak lainnya seperti mobil mewah yang totalnya ada 10 unit, dan ditaksir memiliki nilai sekitar Rp1,5 milliar.

Sebagai rincian, Puan memiliki mobil VW Beetle Sedan tahun 2000 dengan harga Rp200 juta, Toyota Land Cruiser Jeep tahun 2008 dengan harga Rp400 juta. Lalu ada juga VW Karman Ghia Sedan tahun 1961 seharga Rp65 juta, serta Daihatsu Taruna Minibus tahun 2002 seharga Rp130 juta.

Selain deratan mobil mewah di atas, Puan juga memiliki tiga unit kendaraan roda dua merek Harley Davidson. Apabila ditotal hampir, harta berupa kendaraan roda dua miliknya bernilai Rp300 juta.

Selain itu, Puan juga memiliki harta tak bergerak lainnya berupa surat berharga senilai Rp208 milliar. Ditambah harta berupa kas setara kas senilai Rp73 miliar.

Dalam laporan tersebut di atas, Puan juga tercatat memiliki utang sebesar Rp40 milliar. Sehingga total kekayaan bersih yang dimiliki sebesar Rp397 milliar.

Harta Kekayaan Angela Tanoesoedibjo

Angela Tanoesoedibjo (IG/@angelatanoesoedibjo)Angela Tanoesoedibjo (IG/@angelatanoesoedibjo)

Sama dengan Puan Maharani, Angela Tanoesoedibjo juga memiliki aset berrgerak dan tak bergerak yang memiliki nilai yang  fantastis.

Bahkan, menurut LHKPN, harta yang dimiliki anak sulung Hary Tanosoedibjo ini naik sebanyak Rp 44,6milliar sejak menduduki jabatan di pemenrintah, yakni sebagai Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Beda dengan Puan, aset tak bergerak yang dimiliki oleh Angela lebih banyak dan tersebar di Jakarta Pusat dengan nilai sebesar Rp196 milliar.

Aset tak bergerak lainnya yang dimiliki Angela adalah bangunan mewah seluas 376,93 meter persegi yang  terletak di Jakarta Pusat dengan nilai Rp70 milliar.

Aset lainnya berupa tanah dengan luas 1.198 meter persegi dan bangunan seluas 450 meter pergi di lokasi yang sama dengan nilai sekitar Rp125 milliar.

Selain harta tak bergerak lainnya, ada juga kendaraan mewah yang dimiliki Angela berupa mobil Land Range Rover tahun 2014 dengan harga Rp1,9 milliar. Lalu ia juga memiliki mobil Lexux LX 570 AT tahun 2013 dengan harga Rp1,4 milliar.

Angela juga memiliki harta tak bergerak lainnya yang tidak dirinci sebesar Rp40 milliar, serta memiliki surat berharga dengan total Rp80 milliar dan juga kas setara kas yang  totalnya mencapai Rp26 milliar.

Berdasarkan laporan LHKPN, Angela tercatat tidak memiliki utang, sehingga total kekayaan bersih saat ini adalah Rp347 milliar.

Kontributor : Damayanti Kahyangan

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #kekayaan #puan #maharani #angela #tanoesoedibjo #putri #ketum #parpol #nyaleg #keturunan #presiden #konglomerat

KOMENTAR