Ini 5 Hal yang Memotivasi Seorang Introvert dalam Menjalani Hidup Menurut Psikologi
Ilustrasi orang introvert (Freepik)
17:52
11 April 2024

Ini 5 Hal yang Memotivasi Seorang Introvert dalam Menjalani Hidup Menurut Psikologi

Sifat seseorang yang introvert tentu berbanding terbalik dengan ekstrovert. Para introvert biasanya memiliki hal-hal agak berbeda yang diinginkan dalam hidup. Malah, terkadang apa yang mereka inginkan dalam hidup tidak selalu jelas.

Kendati demikian, ternyata ada beberapa hal yang dapat memotivasi orang introvert dalam menjalani hidup dan mengejar mimpi mereka.

Dikutip dari Hackspirit.com, Kamis (11/4), simak beberapa hal yang paling memotivasi introvert menurut psikologi:



1. Tidak Mendapat Sorotan Berlebih

Ada beberapa introvert dengan sifat yang sangat pemalu. Memilih menyendiri dan menolak kontak sosial bukan hal aneh bagi kebanyakan introvert. Mereka hanya tidak ingin terlalu menonjol, tidak ingin terlalu mendapat sorotan dan tidak ingin terlalu merasakan tekanan sosial.

Namun, bukan berarti mereka tidak mencari peluang untuk bersosialisasi. Biasanya, mereka lelah karena terlalu banyak bersosialisasi dan 'terlalu berbeda' untuk kebanyakan orang.

Biasanya, introvert memilih tetap berada di rumah dan mengisi ulang tenaganya, sementara orang ekstrovert mungkin keluar rumah dan bertemu orang-orang untuk membangun kembali energi mereka.



2. Waktu untuk Memproses Informasi

Introvert terkadang dikelilingi oleh orang lain yang melontarkan hinaan dan pelecehan padanya, tetapi dia tidak mampu berbicara dan merespons untuk membela diri.

Sebuah studi tahun 2008 menunjukkan bagaimana hal ini berperan dalam kecepatan pemrosesan. Ternyata, orang introvert memang membutuhkan lebih banyak waktu untuk memproses informasi. Hal ini bisa membuat mereka lebih lambat merespons, mengutarakan pendapat, atau mengambil tindakan dibandingkan orang ekstrovert.

Sementara itu, orang ekstrovert cenderung lebih impulsif dibandingkan introvert. Hal ini menunjukkan bahwa introvert lebih terlatih dalam berpikir lebih dalam sebelum bertindak.

Karena ini adalah sesuatu yang dilakukan oleh para introvert, tidak mengherankan jika mereka menghargai waktu dan ruang yang diberikan untuk berpikir tanpa tekanan berlebihan.



3. Kemandirian

Kebanyakan orang mendapat kesan bahwa introvert menghabiskan lebih banyak waktu sendirian dibandingkan ekstrovert karena pilihan.

Namun, introvert sebetulnya tetap bisa bersosialisasi meski membuat mereka lelah, terlebih saat sudah kehabisan energi. Mereka lebih suka menyendiri dan hal ini belum tentu karena mereka antisosial.

Biasanya, introvert lebih suka bekerja atau mengerjakan tugas sendirian dibandingkan berkelompok. Studi yang mengamati pekerjaan mandiri umumnya menemukan bahwa introvert memiliki pilihan lebih tinggi untuk belajar mandiri dan sedikit keuntungan untuk memulai pembelajaran mandiri.

Penelitian menunjukkan bahwa hal ini mungkin berasal dari proses mental introvert yang agak berbeda yang membuat mereka lebih akrab dan nyaman dengan pemikiran mandiri.

Mereka sering kali suka memecahkan teka-teki sendiri, sementara orang ekstrovert mungkin lebih cenderung meminta penjelasan dan contoh.

Orang introvert sering kali lebih memilih kemandirian yang lebih besar daripada orang ekstrovert dan hal ini sebagai motivasi.



4. Lingkungan yang Tenang dan Nyaman

Orang ekstrovert tampaknya lebih mencari rangsangan lingkungan dibandingkan introvert. Mereka mungkin lebih memilih klub yang berisik dan menarik daripada restoran yang lebih tenang dan santai untuk bersosialisasi.

Hal itu karena introvert cenderung mengambil lebih banyak informasi dari lingkungannya dan mungkin kesulitan memprosesnya secara efektif.

Hal ini terlihat bahkan sejak usia muda ketika anak-anak ekstrovert dan introvert belajar di sekolah. Siswa introvert ditemukan jauh lebih sensitif terhadap rangsangan lingkungan dibandingkan siswa ekstrovert. Oleh karena itu, mereka merasa ruang kelas yang lebih bising dan sibuk sangat sulit untuk fokus dan hal ini dapat menghambat pembelajaran mereka.

Di sisi lain, siswa ekstrovert menyukai volume yang lebih keras, cahaya dan warna yang lebih terang, serta tindakan yang lebih cepat, dan dapat belajar lebih baik di lingkungan ini. Tentu saja, ketika orang-orang ini tumbuh dewasa, dampaknya masih sama.



5. Privasi dan Ruang Pribadi


Introvert tidak selamanya selalu senang menghabiskan waktu sendirian. Walau demikian, mereka cenderung lebih memilih melakukan beberapa hal sendiri dibandingkan berkelompok.

Introvert juga menghargai ruang di mana mereka dapat beristirahat ketika mereka merasa perlu. Kesendirian dalam ruang pribadi mereka adalah tempat untuk memulihkan tenaga.

Mereka mungkin juga menginginkan privasi ini agar dapat menjauh dari pemandangan dan suara yang mungkin mereka anggap mengganggu.

Sebuah studi menarik mengenai gamer mengatakan bahwa meskipun gamer ekstrovert suka bermain dalam kelompok atau dengan penonton, gamer introvert lebih cenderung mengutamakan privasi dalam permainan mereka. Mereka lebih menyukai ruang yang lebih kecil dan lebih pribadi.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #yang #memotivasi #seorang #introvert #dalam #menjalani #hidup #menurut #psikologi

KOMENTAR