Simak 6 Kebiasaan Kecil yang Dilakukan Orang agar Pikiran Tetap Tajam Seiring Bertambahnya Usia
Ilustrasi lansia yang sedang membaca buku sebagai wujud kebiasaan latihan mental merupakan kebiasaan kecil yang bisa mempertajam pikiran seiring bertambahnya usia (pexels/ SHVETS Production)
16:58
11 April 2024

Simak 6 Kebiasaan Kecil yang Dilakukan Orang agar Pikiran Tetap Tajam Seiring Bertambahnya Usia

– Menjadi tua merupakan bagian dari fase kehidupan. Dalam fase ini, setiap orang mengalami pertambahan usia dan perubahan pola berpikir. 

Hal yang memengaruhi ketajaman pikiran di usia menua adalah kebiasaan kecil sehari-hari. Orang yang mempertahankan kemampuan kognitifnya seiring bertambahnya usia tidak hanya beruntung namun juga proaktif.

Orang seperti ini juga mampu berkomitmen pada kebugaran mental, sama seperti sebagian orang berkomitmen pada kebugaran fisik.

Meskipun terlihat kecil dan sederhana, namun saat dikerjakan dengan rutin dan konsisten, hal-hal tersebut mampu mempertajam pikiran seseorang di usia senja mereka.

Dilansir dari laman The Vessel, terdapat beberapa kebiasaan yang bisa Anda lakukan agar tetap memiliki pikiran tajam saat usia:

  1. Melakukan latihan mental

Menjaga pikiran Anda tetap tajam seiring bertambahnya usia bukan hanya tentang mencegah penurunan, namun lebih mendorong pertumbuhan.

Latihan mental sendiri dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, mulai dari teka-teki dan permainan otak hingga membaca dan mempelajari keterampilan baru dengan menerapkan kunci menantang pikiran agar selalu aktif.

  1. Mengatur pola makan dengan baik

Sudah menjadi rahasia umum jika segala makanan yang kita konsumsi memberikan dampak untuk kesehatan fisik dan mental. Terlebih tentang makanan tertentu seperti makanan yang kaya asam lemak omega 3 dan antioksidan. 

Kandungan tersebut sudah terbukti mampu menjaga kesehatan otak salah satunya mempertajam pikiran. Makanan yang mengandung omega 3 dan antioksidan seperti blueberry, ikan berlemak, dan kacang-kacangan.

 

  1. Mengutamakan tidur yang teratur

Tidur bukan hanya soal mengistirahatkan tubuh, namun juga tentang meremajakan pikiran Anda. Selama tidur, otak Anda akan memperbaiki dan meregenerasi dirinya sendiri, mengkonsolidasikan ingatan dan membuang racun. 

Dengan menerapkan tidur malam yang cukup dan konsisten dapat meningkatkan fungsi kognitif dan meningkatkan kesehatan otak secara keseluruhan.

  1. Aktif dalam kegiatan sosial

Kebiasaan kecil yang bisa meningkatkan ketajaman pikiran Anda selain menjaga pola tidur adalah aktif dalam kegiatan sosial. Berinteraksi dengan orang lain membantu menstimulasi otak Anda untuk tetap terlibat dan membantu menunda penurunan kognitif.

Mulai dari menghadiri bedah buku, bertemu teman sambil minum kopi, atau menjadi sukarelawan di komunitas merupakan kegiatan untuk menjaga interaksi sosial yang bisa berdampak besar untuk ketangkasan mental.

  1. Aktif dalam latihan fisik

Selain aktif kegiatan sosial, Anda juga perlu mengimbangi dengan latihan fisik yang mana mampu meningkatkan aliran darah ke otak sehingga menyediakan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan agar berfungsi optimal.

Latihan fisik juga mampu merangsang pertumbuhan sel-sel otak baru dan membantu menjaga kesehatan sel-sel yang sudah ada.

  1. Mempertahankan pola pikir positif

Kebiasaan terakhir yang tidak jarang dilakukan adalah selalu berpikiran yang positif. Pada dasarnya jika Anda mempertahankan berpikiran positif maka bisa menguatkan otak secara kognitif.

Dengan berpikiran positif, Anda bisa terbantu dalam membangun ketahanan, mengurangi stress dan meningkatkan kesehatan mental secara keseluruhan.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #simak #kebiasaan #kecil #yang #dilakukan #orang #agar #pikiran #tetap #tajam #seiring #bertambahnya #usia

KOMENTAR