Anti Bosan, Ini 10 Ide Kegiatan Asyik dan Menyenangkan Saat Mudik ke Kampung Halaman
Ilustrasi quality time bersama keluarga. (Sumber: freepik).
16:28
11 April 2024

Anti Bosan, Ini 10 Ide Kegiatan Asyik dan Menyenangkan Saat Mudik ke Kampung Halaman

Kembali ke kampung halaman menjelang Lebaran selalu dinanti-nantikan sebagai tradisi yang telah menjadi bagian dari budaya. 

Bagi mereka yang telah lama merantau, Lebaran menjadi momen yang sangat ditunggu-tunggu untuk bertemu keluarga dan teman-teman di kota asal.

Selain bersilaturahmi dengan keluarga, beberapa kegiatan menarik dapat dilakukan selama mudik Lebaran untuk menghindari kebosanan dan mengenang kenangan indah masa lalu. Ingin tahu kegiatan apa yang bisa dilakukan selama mudik? Simak informasi lengkapnya di bawah ini:

  1. Silaturahmi dan Reuni

Dikutip dari nu.or.id, Kamis (11/4), tradisi silaturahmi dan reuni selalu terkait erat dengan Hari Raya, di mana orang berkumpul kembali dengan teman dan kerabat yang sudah lama tidak bertemu. 

Anda dapat merencanakan pertemuan ini dengan teman-teman masa sekolah sebagai bagian dari perayaan Idul Fitri yang lebih berarti. Reuni dan mengenang kenangan masa kecil akan membuat suasana Lebaran menjadi lebih istimewa.

  1. Quality Time Bersama Keluarga

Manfaatkan waktu bersama keluarga saat berada di kampung halaman dengan melakukan kegiatan bersama seperti membuat kue Lebaran. Selain memperkuat tradisi, aktivitas ini juga membangun hubungan yang erat antara anggota keluarga. 

Melibatkan anak-anak dalam proses pembuatan kue dapat memberikan banyak manfaat seperti stimulasi sensorik, koordinasi motorik halus, dan pengembangan konsep matematika. Ini juga menjadi kesempatan untuk berdiskusi tentang makanan sehat, meningkatkan kepercayaan diri anak, dan memperkuat ikatan keluarga. 

Selain itu, membuat kue Lebaran sendiri dapat menghemat biaya dan menjadi kesempatan untuk berbagi dengan orang lain atau bahkan menambah penghasilan selama liburan Lebaran.

  1. Kegiatan Sosial Bersama Tetangga

Manfaatkan waktu cuti Lebaran untuk berpartisipasi dalam kegiatan sosial bersama tetangga. Tidak perlu terlalu berlebihan, Anda dapat bergabung dalam kegiatan membersihkan lingkungan atau mengumpulkan sumbangan untuk membantu masyarakat kurang mampu. 

Berkumpul dan berinteraksi dengan tetangga juga bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan. Ini adalah kesempatan untuk mendengarkan cerita mereka, berbagi pengalaman, dan saling mendukung dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Wisata Religi

Setelah Idul Fitri, jika masih ada waktu libur yang cukup, manfaatkan dengan melakukan perjalanan wisata religi. Kunjungi tempat-tempat bersejarah seperti makam para ulama, pahlawan, dan masjid-masjid kuno yang memiliki peran penting dalam sejarah Islam di Indonesia. Selain menikmati sisi spiritual, Anda juga dapat menikmati kuliner lokal sepanjang perjalanan tersebut.

  1. Berkebun

Menyalurkan hobi berkebun saat berkunjung ke kampung halaman bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan dan menarik untuk dicoba. Pilihlah tanaman yang mudah dirawat dan libatkan anggota keluarga dalam perawatannya. Amati perkembangan tanaman tersebut setiap kali Anda pulang kampung tahun berikutnya.

  1. Masak Bersama

Dikutip dari gandengtangan.co.id, Rabu (11/4), memasak bersama dapat mempererat hubungan secara signifikan. Anda dapat berkolaborasi dengan keluarga atau teman-teman, dari tahap perencanaan hingga menyantap hidangan bersama. Ini adalah pengalaman yang sangat menyenangkan dan bernilai.

  1. Mengikuti Tradisi Lokal

Di setiap wilayah, terdapat keunikan tradisi dan kebiasaan. Disarankan untuk ikut serta dalam tradisi tersebut, seperti mengadakan acara selamatan, mengikuti kirab budaya, atau menyiapkan hidangan khas daerah.

  1. Berburu Kuliner

Jika merasa bosan dengan hidangan lebaran seperti ketupat dan opor ayam, ini merupakan kesempatan yang baik untuk mencari berbagai kuliner ikonik dari kampung halaman. Tidak ada salahnya bertanya pada anggota keluarga untuk rekomendasi. 

Saat berada di kampung halaman, Anda bisa menikmati berbagai hidangan yang mungkin telah sangat dirindukan, terutama hidangan khas yang jarang ditemui di kota-kota lain. Pastikan juga untuk membungkus beberapa hidangan untuk dibawa pulang bagi saudara di rumah.

  1. Belanja Oleh-oleh

Sebelum kembali ke kota asal, jangan lupa singgah di pusat oleh-oleh untuk membeli beberapa souvenir khas dari kampung halaman. Berbagai jenis makanan khas bisa menjadi pilihan oleh-oleh untuk rekan kerja atau tetangga.

Namun, belilah hanya secukupnya agar mobil tidak terlalu penuh dan beban tidak berlebihan, sehingga perjalanan tetap nyaman. Hindari membuat kabin mobil terlalu sesak dengan membawa terlalu banyak barang.

  1. Eksplorasi Kampung Halaman

Untuk menghindari kebosanan di dalam rumah, Anda dapat mengajak pasangan dan anak-anak untuk menjelajah beberapa tempat menarik di kampung halaman. Terlebih jika sekitarnya terdapat persawahan, pegunungan, atau air terjun. Ini akan menjadi pengalaman yang menyenangkan dan seru.

Anda dapat memulai petualangan sejak pagi hari dengan berjalan kaki atau bersepeda. Udara segar pedesaan dijamin akan membuat hari mereka penuh kebahagiaan.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #anti #bosan #kegiatan #asyik #menyenangkan #saat #mudik #kampung #halaman

KOMENTAR