8 Jurus Bahasa Tubuh yang Membuat Anda Seketika Terlihat Percaya Diri dan Menarik Diajak Kenalan!
ilustrasi percaya diri saat wawancara./Sumber foto: Freepik
09:58
11 April 2024

8 Jurus Bahasa Tubuh yang Membuat Anda Seketika Terlihat Percaya Diri dan Menarik Diajak Kenalan!

– Pernahkah Anda merasa gugup saat bertemu orang baru? Ingin terlihat percaya diri dan mudah diajak bicara, namun bingung bagaimana caranya

Tahukah Anda, bahasa tubuh memegang peranan penting dalam hal ini! Ya, gestur dan postur tubuh yang Anda tunjukkan bisa memberikan kesan pertama yang kuat kepada orang lain. 

Kabar baiknya, ada beberapa ‘jurus’ bahasa tubuh yang bisa Anda pelajari untuk tampil lebih percaya diri dan menarik diajak kenalan seketika!

Artikel ini, dilansir dari laman The Expert Editor, Kamis (11/4), akan membahas delapan trik jitu bahasa tubuh yang bisa Anda coba. 

Dengan mempraktikkannya secara rutin, Anda pun bisa memancarkan aura percaya diri dan membuat orang lain merasa nyaman untuk berinteraksi dengan Anda.

Mari simak poin-poin pentingnya berikut ini:

1. Pertahankan Postur Tubuh Terbuka

Bahasa tubuh yang tertutup, seperti sering memeluk tubuh sendiri atau menyilangkan lengan, bisa membuat Anda terlihat tidak ramah. 

Sebaliknya, postur terbuka dengan bahu yang ditarik ke belakang dan tangan di samping tubuh menunjukkan kepercayaan diri dan kesiapan untuk berinteraksi.

2. Jalin Kontak Mata Tanpa Keraguan

Kontak mata yang baik menunjukkan ketertarikan dan rasa percaya diri. Saat mengobrol, pandanglah lawan bicara Anda secara natural dengan durasi yang wajar. Hindari terlalu lama menatap yang bisa membuat orang lain merasa tidak nyaman.

3. Gunakan Gestur Tangan yang Ekspresif

Gestur tangan yang tepat dapat menambah penekanan dan kejelasan pada pembicaraan Anda. Namun, hindari gerakan tangan yang berlebihan atau terlalu kaku. Gunakan gerakan yang natural dan sesuai dengan apa yang sedang Anda bicarakan.

4. Tiru Bahasa Tubuh Lawan Bicara (Mirroring)

Meniru atau mirroring bahasa tubuh lawan bicara secara halus bisa membangun rasa percaya dan rapport. Perhatikan postur dan gestur mereka, kemudian lakukan peniruan secara natural, tanpa berlebihan.

5. Senyum dengan Tulus

Senyuman tulus adalah senjata ampuh untuk menunjukkan keramahan dan membuat orang lain merasa nyaman. Senyuman yang dipaksakan justru bisa memberikan kesan negatif.

6. Jaga Jarak yang Sesuai

Menjaga jarak yang sesuai dengan lawan bicara penting untuk diperhatikan. Terlalu dekat bisa membuat orang lain merasa terganggu, sementara terlalu jauh bisa memberikan kesan tidak tertarik.

7. Anggukkan Kepala Anda

Sesekali anggukkan kepala saat lawan bicara Anda sedang berbicara menunjukkan bahwa Anda mendengarkan dan memahami mereka. Ini bisa membuat suasana percakapan menjadi lebih cair.

8. Jangan Tegang dan Tetap Santai

Menjaga ketenangan dan tidak terlihat tegang saat bertemu orang baru penting untuk membuat orang lain merasa nyaman. Ambil napas dalam dan yakinkan diri Anda bahwa Anda bisa melakukan percakapan yang menyenangkan.

Itulah delapan jurus bahasa tubuh yang membuat Anda seketika terlihat percaya diri dan menarik diajak kenalan.

Dengan mempraktikkan jurus-jurus bahasa tubuh ini secara rutin, Anda akan semakin terbiasa dan terlihat lebih percaya diri. 

Ingat, bahasa tubuh yang baik adalah yang dilakukan secara natural dan sesuai dengan kepribadian Anda. Jadilah diri sendiri, namun dengan sentuhan bahasa tubuh yang positif dan menawan!

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #jurus #bahasa #tubuh #yang #membuat #anda #seketika #terlihat #percaya #diri #menarik #diajak #kenalan

KOMENTAR