Memberikan Uang THR ke Orangtua, Lebih dari Sekadar Mendapat Pahala Bersedekah
Ilustrasi THR (Pixabay/ekoanug)
19:13
10 April 2024

Memberikan Uang THR ke Orangtua, Lebih dari Sekadar Mendapat Pahala Bersedekah

Saat Hari Lebaran tiba, biasanya menjadi momen untuk silaturahmi dan berbagi Tunjangan Hari Raya (THR), baik ke sanak saudara atau orangtua sendiri. Namun apakah memberi uang THR pada orangtua termasuk bentuk sedekah?

Seperti yang diketahui, setiap anak diperintahkan untuk berbuat baik pada orangtuanya. Dikatakan Buya Yahya memberikan uang pada orangtua memiliki nilai yang lebih dari sekadar bersedekah.

"Memberikan uang kepada orangtua bukan saja sedekah, tumpuk pahala. Pahala sedekah utuh, pahala silaturahmi utuh, pahala berbakti utuh," jelas Buya Yahya, dikutip dalam tayangan YouTube Al-Bahjah TV, Rabu (10/4).

Berbeda dengan zakat, memberikan uang pada orangtua merupakan sedekah sunnah. "Apalagi ini untuk ibundanya, oh punya pahala sedekah plus silaturahim, plus makna bakti pada orangtua. Istimewa," tegasnya.

Buya Yahya lantas mengisahkan riwayat mengenai pentingnya mendahulukan bersedekah untuk keluarga dan sanak saudara.

"Ada satu orang bertanya, 'Ya Rasulullah, aku punya uang satu-satunya pada detik ini, mana lebih baik, aku jadikan berjihad atau aku masukkan ke perut keluargaku?'" ujar Buya Yahya.

"Dijawab, memberikan nafkah pada keluarga lebih hebat daripada jihad di jalan Allah," sambungnya.

Perintah tentang berbuat baik dan memberikan sedekah kepada orangtua termaktub dalam Al-Qur'an surat Al-Baqarah ayat 215, yang berbunyi:

سْـَٔلُونَكَ مَاذَا يُنفِقُونَ ۖ قُلْ مَآ أَنفَقْتُم مِّنْ خَيْرٍ فَلِلْوَٰلِدَيْنِ وَٱلْأَقْرَبِينَ وَٱلْيَتَٰمَىٰ وَٱلْمَسَٰكِينِ وَٱبْنِ ٱلسَّبِيلِ ۗ وَمَا تَفْعَلُوا۟ مِنْ خَيْرٍ فَإِنَّ ٱللَّهَ بِهِۦ عَلِيمٌ

"Mereka bertanya tentang apa yang mereka nafkahkan. Jawablah: 'Apa saja harta yang kamu nafkahkan hendaklah diberikan kepada ibu-bapak, kaum kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan'. Dan apa saja kebaikan yang kamu buat, maka sesungguhnya Allah Maha Mengetahuinya."

Editor: Yasinta Rahmawati

Tag:  #memberikan #uang #orangtua #lebih #dari #sekadar #mendapat #pahala #bersedekah

KOMENTAR