Viral Kritik Hafalan Al Quran, Begini Jawaban Cinta Laura saat Ditanya Habib Jafar soal Agama Islam
Cinta Laura [Suara.com/Rena Pangesti]
12:58
7 April 2024

Viral Kritik Hafalan Al Quran, Begini Jawaban Cinta Laura saat Ditanya Habib Jafar soal Agama Islam

Obrolan Cinta Laura dengan YouTuber Indah Gunawan atau Indah G mengundang kecaman dari netizen. Di mana dalam obrolan tersebut, Cinta Laura dan Indah G sedang mengkritisi budaya menghafal dalam pendidikan Indonesia.

Kritik tersebut kemudian menyerempet pada kebiasaan dalam agama Islam untuk menghafal Al Quran. Sementara Indah G tidak setuju dengan hal tersebut, Cinta Laura memberikan pandangan lain.

Alih-alih langsung menghafal tanpa tahu artinya, Cinta Laura lebih menyarankan agar lebih dulu memahami bahasa Arab ketika hendak menghafal ayat Al Quran. Atau jika tidak, maka hafalkanlah dalam bahasa Indonesia.

"Buat kalian yang Muslim kalau lo mau belajar tentang Islam, please lakuin ya tapi saran gue adalah kalau tidak ada terjemahan Bahasa Indonesia ya belajar Bahasa Arab," saran Cinta Laura.

Cinta Laura dan Indah G (youtube)Cinta Laura dan Indah G (youtube)

"Belajarlah bahasa Arab, kemudian hapalin Al Quran dalam bahasa Arab, setelah lo mengerti setelah lo udah pelajarin bahasanya karena dengan begitu lo juga bisa mengerti ayat suci dalam bentuk aslinya," imbuhnya.

Percakapan soal hafalan Al Quran ini terus bergulir di media sosial hingga momen-momen lawas Cinta Laura ikut menuai perhatian. Salah satunya adalah momen Cinta Laura ditanya soal Islam oleh Habib Jafar.

Momen tersebut berasal dari video YouTube Jena Nulis milik Habib Jafar yang tayang pada Oktober 2021 lalu. Kala itu, pemilik nama lengkap Husein Ja'far Al Hadar meminta Cinta Laura untuk menyampaikan pandangannya soal Islam.

"Cinta mau bicara enggak soal, Islam kalau menurut seorang Cinta Laura, sebagai value. Tidak sebagai, 'Oh seorang muslim tuh berdoa, salat, dan lain sebagainya', enggak. Tapi sebagai value, menurut Cinta," ujar Habib Jafar, dikutip pada Minggu (7/4/2024).

Permintaan ini ditanggapi oleh Cinta Laura dengan cukup bijak. Artis kelahiran 17 Agustus 1993 itu berpendapat bahwa agama Islam

"Menurut aku, secara pribadi menjadi seorang muslim atau mempunyai kepercayaan Islam adalah menyebarkan cinta dan kebahagiaan dan nilai-nilai yang positif," tutur Cinta Laura.

"Kita pun pernah mendiskusikan ini bahwa Islam itu adalah agama cinta. Itu tidak harus dieksekusi atau dilakukan melalui salat atau ke masjid atau mengaji. Itu bisa dilakukan dengan berbagai hal, membangun sekolah, membangun yayasan," imbuhnya.

Di akhir pernyataannya, Cinta Laura pun menyimpulkan poin dari ucapannya. Yang mana dia menegaskan bahwa Islam adalah agama yang mengajarkan cinta dan menyebarkan cinta.

"Simpelnya, Islam adalah sebuah agama yang mengajarkan cinta dan menyebarkan cinta. Dan siapa pun yang menggunakan agama, apa pun agama itu, untuk kejahatan untuk menyebarkan nilai-nilai yang bohong, menjatuhkan orang lain, di mata aku itu bukan Islam," tandas Cinta Laura.

Editor: Nur Khotimah

Tag:  #viral #kritik #hafalan #quran #begini #jawaban #cinta #laura #saat #ditanya #habib #jafar #soal #agama #islam

KOMENTAR