Membedah Jenis Intuisi Kepribadian INFP, Bagaimana Itu Berfungsi hingga Apa Kelemahannya
Ilustrasi- INFP memanfaatkan Intuisinya. (Freepik)
07:46
2 April 2024

Membedah Jenis Intuisi Kepribadian INFP, Bagaimana Itu Berfungsi hingga Apa Kelemahannya

Setiap tipe kepribadian memiliki bentuk atau jenis intuisi yang berbeda, begitupun kekuatan intuisi mereka juga berbeda-beda dari satu tipe ke tipe lainnya.

Tidak hanya kekuatan intuisi bervariasi dari tipe ke tipe, ada juga berbagai jenis intuisi yang diekspresikan dengan cara yang sangat berbeda. Bagi beberapa orang ada intuisi ekstroversi, sementara bagi yang lainnya adalah intuisi introversi yang jauh lebih kuat dan lebih alami untuk digunakan.

Untuk memahami bagaimana setiap tipe kepribadian akan merespons dan akan mengalami banyak hal, mengetahui kekuatan dan kelemahan intuisi mereka tentu merupakan suatu hal yang cukup penting.

Berdasrakan Personality Growth, INFP menggunakan intuisi ekstroversi sebagai fungsi sekunder mereka, dan ini membantu mereka untuk mengamati dunia di sekitar mereka. Intuisi ekstroversi mereka lebih berfokus pada pola-pola dan melihat semua potensi hasil dari suatu situasi.

INFP tentu terhubung dengan intuisi mereka, tetapi penting bagi mereka untuk memahami dari mana hal ini berasal dan bagaimana cara kerjanya. Beberapa orang memiliki anggapan bahwa kemampuan intuisi adalah semacam kemampuan mistis, bukan alasan logis dan praktis di balik kekuatan dan kemampuan intuisi seseorang.

INFP dan Intuisi Ekstroversi

Meskipun beberapa orang mungkin salah paham bagaimana intuisi INFP bekerja, penting untuk melihat lebih dalam untuk sepenuhnya memahaminya.

INFP tidak menggunakan intuisi yang sama dengan INFJ, yang membuat mereka sebenarnya cukup berbeda. Sebaliknya, mereka menggunakan intuisi yang lebih terfokus secara eksternal, yang menarik kesimpulan dari pola-pola dan ide-ide yang berbeda.

Hal ini merupakan sebagian dari apa yang membuat INFP begitu kreatif secara alami, karena mereka mencari hal-hal yang baru untuk memahaminya lebih baik. Mereka menyerap semua informasi yang mereka lihat, dan pikiran mereka mulai bekerja melalui pola-pola yang berbeda dari detail-detail ini.

INFP dapat melihat semua cara sesuatu bisa berakhir, bukan melihatnya dalam garis lurus yang lurus. Mereka menangkap pola-pola ini dan ini membantu mereka untuk menemukan pilihan yang paling bermanfaat bagi mereka.

Hal ini dapat menyebabkan INFP menganalisis situasi untuk jangka waktu yang lama, karena mereka dapat melihat potensi dari lebih dari satu pilihan. Mereka sering ingin mengalami hal-hal yang berbeda karena ini dan merupakan orang yang secara alami ingin tahu.

INFP tidak suka terkunci pada satu pilihan, dan lebih suka merasa bebas untuk mengalami hal-hal dan ide-ide yang berbeda.

Alih-alih hanya melihat satu jalur yang sempit, INFP memiliki pikiran yang menjelajahi begitu banyak arah yang berbeda. Ini tentu bagian dari intuisi ekstroversi mereka, karena mereka melihat pola dan membayangkan hal-hal dalam cara yang jauh lebih kompleks.

Bagi INFP intuisi mereka mungkin bukan fungsi dominan mereka tetapi masih benar-benar penting bagi mereka. Ini adalah yang membantu mereka menyerap informasi dari dunia di sekitar mereka, dan membantu mereka menilai jalan terbaik yang harus diambil.

INFP secara dominan fokus pada fungsi perasaan introvert mereka, tetapi ini seringkali sesuatu yang bekerja dengan intuisi mereka dan digabungkan untuk membuat INFP menjadi seperti apa adanya dalam banyak hal.

Mempercayai Intuisi Mereka

Penting bagi INFP untuk belajar mempercayai intuisi mereka sendiri, tetapi ini adalah sesuatu yang bisa memakan waktu dan pertumbuhan. INFP mungkin lebih fokus pada emosi dalam diri mereka dan hal ini menjauhkan mereka dari kepercayaan pada pengetahuan intuisi mereka.

Ketika INFP mencoba fokus pada hal-hal praktis dan menjalani kehidupan yang diharapkan dari mereka oleh orang lain, mereka dapat semakin menjauh dari intuisi mereka.

Semakin mereka mendekat pada apa yang diinginkan orang lain untuk mereka dan mencoba hidup dalam cakupan yang begitu sempit, INFP kehilangan sebagian dari diri mereka dan apa yang datang lebih alami bagi mereka.

Inilah mengapa memiliki rasa kebebasan kreatif dalam hidup mereka sangat penting bagi INFP.

Mereka perlu memiliki cara untuk mengekspresikan diri dan benar-benar mengeksplorasi bagian-bagian ini dari pikiran mereka. Kreativitas mereka adalah sesuatu yang benar-benar membantu mereka menjangkau rasa intuisi itu.

Inilah mengapa INFP merasa lebih seperti diri mereka sendiri dan mampu berkembang ketika mereka bekerja dalam karir dan lingkungan yang memberi mereka ruang untuk berkreativitas.

Ketika mereka mulai meredam kreativitas ini dan cara berpikir mereka yang unik, INFP kehilangan koneksi dengan intuisi mereka. Penting bagi mereka untuk menemukan cara mengekspresikan hal ini, bahkan jika itu di luar tempat kerja.

Ini juga bagian dari apa yang membuat INFP sangat berimajinasi, itulah sebabnya intuisi mereka penting bagi mereka.

INFP senang menghabiskan waktu untuk memperkirakan kemungkinan hasil masa depan, dan menggabungkan ini dengan emosi batin mereka sendiri dan perasaan yang kuat.

Bagi mereka, mengamati dunia di sekitar mereka dan benar-benar menyerap semua ini, adalah sesuatu yang datang secara alami. Mereka perlu bebas untuk benar-benar menganalisis pola-pola dan terbuka untuk semua potensi yang ditawarkan dunia.

Kelemahan Intuitif

Semua tipe kepribadian akan memiliki kelemahan tertentu dalam hal intuisi dan kemampuan intuisi mereka. Bagi INFP, kelemahan ini muncul ketika mereka mulai menganalisis informasi terlalu lama.

Alih-alih mempercayai intuisi mereka, INFP menjadi lebih fokus pada mencoba memecah apa yang mereka lihat dan ini menyebabkan meragukan diri sendiri dan pengetahuan mereka sendiri.

INFP memiliki pikiran dalam yang sangat hidup dan kadang-kadang mereka bisa terperangkap dalam lingkaran monolog dalam diri mereka sendiri.

INFP kadang-kadang memperhatikan hal-hal terlalu banyak, alih-alih hanya mempercayai apa yang mereka ketahui dan rasakan.

Ketika ini terjadi, sangat penting bagi INFP untuk mundur, dan berhenti terlalu fokus pada hal-hal yang tidak bisa mereka ubah dan seharusnya tidak mereka coba ubah.

Mempercayai diri dan moral batin mereka juga penting bagi INFP, dan ini adalah sesuatu yang membantu mereka menggunakan intuisi mereka dengan cara yang lebih jujur dan alami.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #membedah #jenis #intuisi #kepribadian #infp #bagaimana #berfungsi #hingga #kelemahannya

KOMENTAR