Bikin Mood Lebih Baik, Simak 5 Alasan untuk Selalu Merayakan Kemenangan Kecil dalam Hidup
ilustrasi rayakan setiap kemenangan kecil dalam hidup./Sumber foto: Freepik
14:46
1 April 2024

Bikin Mood Lebih Baik, Simak 5 Alasan untuk Selalu Merayakan Kemenangan Kecil dalam Hidup

 

Siapa yang tidak suka bermimpi besar? Kita semua mengagung-agungkan sorotan, tapi takut dengan upaya yang dilakukan untuk mewujudkan impian tersebut.

Ketika kita hanya berpikir untuk mencapai garis finis dan bila segala sesuatu di antaranya terasa sepele, kita cenderung menunda rasa bahagia.

Namun, saat kita baru berdiri di awal, memandang ke puncak gunung tentu bisa membuat kita kewalahan dan mengelabui kita agar menunda-nunda pekerjaan.

Hal-hal besar membutuhkan waktu dan menguji kesabaran kita setiap hari, namun saat kita mulai melatih pikiran untuk berpikir akan bahagia setelah mencapai tujuan, kita hanya menunda kegembiraan itu.

Agar tetap termotivasi dan konsisten sepanjang perjalanan, kita harus memperhatikan hal-hal kecil yang berhasil bagi kita, bukan hanya membayangkan satu mimpi besar saja.

Kita mulai memperhatikan pentingnya merayakan kemenangan kecil, secara alami kita akan berfungsi lebih baik karena hal itu memberi energi positif untuk bergerak maju menuju tujuan kita.

Kemenangan kecil atau small wins adalah tugas kecil sehari-hari yang bila diselesaikan akan meraih manfaat lebih besar dan signifikan.

Seringkali tugas-tugas tersebut diabaikan sebagai tugas rutin dan mungkin tampak tidak penting pada awalnya, namun justru sangat penting untuk mengembangkan karakter dan ketahanan.

Hal itu bisa berupa membalas email, menyelesaikan tugas, melakukan panggilan telepon tertunda, mencuci pakaian, mengisi kembali persediaan di dapur, atau kadang hal sederhana seperti merapikan tempat tidur, kata psikiater Shiwangini Singh.

Kemenangan kecil sebagian besar soal belajar menyelesaikan dasar-dasar Anda dengan benar lewat pengembangkan kebiasaan dan karakter melalui tujuan yang lebih kecil.

Hanya ketika Anda belajar menguasai dasar-dasarnya, Anda akan dapat menyelesaikan satu tugas besar itu.

Dikutip dari Healthshots, Senin (1/4), berikut beberapa alasan mengapa merayakan kemenangan kecil sangatlah penting untuk mencapai kesuksesan:

  1. Mereka membantu melacak kemajuan Anda

Ketika Anda melakukan hal-hal kecil dengan benar, sejumlah besar beban akan terangkat dari bahu Anda. Jadi, ketika merasa lebih ringan, Anda akan memiliki ruang mental lebih baik untuk memantau kemajuan Anda sambil bergerak maju.

“Mereka membantu Anda merasa terdorong dan termotivasi untuk menyelesaikan tugas yang lebih besar,” kata sang pakar.

  1. Lebih terkendali

Ketika Anda memulai hari dengan melakukan hal-hal kecil, Anda akan mulai merasa lebih terkendali dan terorganisir. Baik itu merapikan kamar tidur, mencuci piring atau membuang sampah, menyelesaikannya akan membantu Anda merencanakan hari lebih baik lewat tugas-tugas yang tersisa.

  1. Lebih banyak kepuasan dan produktivitas

Melihat satu tujuan besar itu sambil berdiri di awal bisa membuat Anda cemas. Namun, ketika Anda memecahnya menjadi tugas-tugas lebih kecil dan terus menyelesaikannya, satu tugas pada satu waktu, Anda akan merasa lebih percaya diri dan puas.

Dengan kepercayaan diri seperti itu, Anda akan merasa lebih puas dengan kehidupan dan pekerjaan Anda, sehingga meningkatkan produktivitas.

  1. Suasana hati lebih baik

Merayakan dan memperhatikan kemenangan kecil membuat suasana hati lebih baik karena menyelesaikan tugas, betapapun kecilnya tugas tersebut, memberi Anda rasa percaya diri dan keyakinan untuk bekerja lebih baik dalam tugas yang akan datang.

  1. Kunci kemenangan lebih besar

Tanpa disadari, hal-hal tersebut adalah kunci menuju kemenangan besar dalam hidup karena kerja keras dan ketekunan sehari-hari pada akhirnya membuka jalan menuju tujuan hidup lebih besar.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #bikin #mood #lebih #baik #simak #5alasan #untuk #selalu #merayakan #kemenangan #kecil #dalam #hidup

KOMENTAR