Rekam Jejak Kaesang Pangarep, Baru 6 Bulan Terjun Politik Sudah Diusulkan Maju Pilgub DKI
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep (tengah) berpose setelah menggelar konferensi pers di DPP PSI, Jakarta, Selasa (21/3/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
04:47
31 Maret 2024

Rekam Jejak Kaesang Pangarep, Baru 6 Bulan Terjun Politik Sudah Diusulkan Maju Pilgub DKI

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menyiapkan nama putra bungsu Presiden Jokowi yakni Kaesang Pangarep dan Grace Natalie untuk maju Pilgub DKI Jakarta 2024. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua DPP PSI, William Aditya Sarana. Ia menyebut bahwa kedua calonnya ini memenuhi syarat administratif yang diajukan.

William menilai bahwa putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut merupakan figur yang sangat baik.

Lantas, seperti apakah rekam jejak politik Kaesang Pangarep yang diusulkan maju Pilgub DKI? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Rekam Jejak Politik Kaesang Pangarep

Kaesang Pangarep lahir di Surakarta atau Solo pada 25 Desember 1994. Putra bungsu Presiden Jokowi tersebut saat ini berprofesi sebagai politikus di PSI. Namun sebelumnya ia merupakan seorang pengusaha yang bergerak di bidang kuliner.

Kaesang merupakan adik paling muda di antara anak-anak Jokowi yang lainnya yakni Gibran Rakabuming Raka dan Kahiyang Ayu.

Kaesang Pangarep kemudian mencoba peruntungan karir di politik. Ia resmi bergabung dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) pada Sabtu (23/9/2023).

Sejumlah petinggi PSI memberikan kartu tanda anggota secara simbolik kepada Kaesang di kediaman Presiden Jokowi di Solo, Jawa Tengah.

Sebelum memutuskan untuk bergabung dengan PSI, Kaesang mengaku sudah meminta restu kepada sang ayah dan juga kakaknya, Gibran Rakabuming Raka yang saat itu menjabat sebagai Wali Kota Solo.

Sebelum resmi masuk PSI, Kaesang sudah menyatakan ketertarikannya untuk terjun ke dunia politik meskipun ia saat itu masih menjadi seorang pengusaha. Di awal tahun 2023, Gibran mengungkap ketertarikan sang adik untuk terjun ke dunia politik tersebut.

Gibran menyebut keinginan ini disampaikan Kaesang sendiri di depan dirinya dan Presiden Jokowi saat berpulang ke Surakarta.

Saat itu, sejumlah parpol menyambut positif dan membuka pintu apabila Kaesang apabila ingin bergabung, termasuk dari partai kedua anggota keluarganya, PDI Perjuangan.

Pada bulan April tahun 2024, Relawan Ganjar Pranowo Center (GP Center) mendeklarasikan dukungan kepada Kaesang sebagai Wali Kota Depok, Jawa Barat.

Di sisi lain, PSI juga sempat memasang baliho yang berukuran besar dengan gambar wajah Kaesang di kawasan Margonda, Depok.

Saat itu, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PSI Kota Depok, Icuk Pratama Putra menyatakan PSI mengusung Kaesang untuk maju di Pilkada Kota Depok 2024.

Kaesang mengaku foto yang dipasang oleh PSI tersebut berasal darinya. Bahkan Kaesang pun menyuplai foto-fotonya untuk PSI.

Saat itu, melalui kanal YouTubenya, Kaesang juga menyebut kesiapan dirinya menjadi wali Kota Depok.

Sementara itu, saat itu Jokowi juga menyatakan akan merestui jika Kaesang Pangarep mencalonkan diri sebagai wali kota Depok. Jokowi menyebut akan memberikan nasihat yang diminta oleh Kaesang.

Namun, pada awal September, Sekretaris Dewan Pembina PSI, Raja Juli Antoni mendapatkan informasi dari Presiden Jokowi soal Kaesang Pangarep tak akan maju di pemilihan wali kota Depok.

Namun sayangnya Toni tidak menjelaskan alasan di balik batalnya Kaesang maju dalam Pilwalkot Depok.

Masuk Bursa Ketum

Sekretaris Jenderal PSI, Isyana Bagoes Oka menyebut sejak Kaesang bergabung dengan PSI, banyak aspirasi yang datang dari DPW dan DPD yang ingin Kaesang menjadi ketua umum. PSI menyebut bahwa ia lantas membahas usulan kader tersebut.

Kaesang pun digadang-gadang akan dijadikan ketua umum setelah bergabung ke partai tersebut, dan benar isu tersebut akhirnya menjadi kenyataan.

Pada Kopdarnas PSI di Djakarta Thatre lalu, putra Presiden Joko Widodo tersebut secara resmi ditetapkan menjadi Ketua Umum PSI.

Kontributor : Syifa Khoerunnisa

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #rekam #jejak #kaesang #pangarep #baru #bulan #terjun #politik #sudah #diusulkan #maju #pilgub

KOMENTAR