Sering Menyalahkan Orang Lain, Kenali 6 Tanda Seseorang Terlalu Egois, Apakah Itu Anda?
Sering Menyalahkan Orang Lain, Kenali 6 Tanda Seseorang Terlalu Egois (Ideapod.com)
07:58
29 Maret 2024

Sering Menyalahkan Orang Lain, Kenali 6 Tanda Seseorang Terlalu Egois, Apakah Itu Anda?

Keegoisan atau seseorang yang egois sikap dan perilakunya berbeda dengan kepedulian terhadap diri sendiri.

Jika kepedulian terhadap diri sendiri diartikan sebagai pemenuhan kebutuhan Anda terutama dikala stres, berbeda dengan keegoisan. Yang berarti mereka hanya memikirkan diri sendiri.

Menurut laman Very Well Mind yang dikutip oleh JawaPos.com (29/3) bahwa seseorang yang egois dapat dilihat dari tanda-tandanya.

Memahami tanda-tanda seseorang yang terlalu egois ini dapat membantu Anda memahami perilakunya dan mengatasinya.

Artikel ini juga dapat membantu mencari tahu apakah Anda mungkin terlalu egois dan bagaimana Anda bisa menjadi kurang egois. Berikut 6 tanda seseorang terlalu egois menurut Very Well Mind:

1. Mereka Mendominasi Percakapan

Menurut seorang Psikolog Klinis berlisensi, Aimee Daramus PsyD, bahwa orang yang egois cenderung paling banyak berbicara dalam percakapan dan pertemanan.

Saat Anda berbicara dengan mereka, rasanya percakapan tersebut hanya berfokus pada kehidupan, pencapaian, dan masalah mereka.

2. Mereka Kurang Empati

Bersikap empati terhadap orang lain mengharuskan seseorang untuk menempatkan dirinya pada posisi orang lain dan memahami perasaannya.

Orang yang egois mungkin tidak bisa melihat sesuatu dari sudut pandang orang lain agar bisa berempati terhadapnya.

3. Mereka Mengambil Lebih Dari Yang Mereka Berikan

Orang yang egois sering kali mengambil lebih dari yang mereka berikan.

Hubungan Anda dengan mereka bisa terasa berat sebelah karena Anda merasa telah mengerahkan segala upaya untuk mempertahankannya, tanpa mendapatkan imbalan apa pun.

4. Mereka Ingin Segalanya Dilakukan Sesuai Keinginan Mereka

Orang yang egois sering kali ingin segala sesuatunya berjalan sesuai keinginan mereka. Mereka mungkin kesulitan berkompromi dan melakukan sesuatu dengan cara orang lain.

5. Mereka Cepat Menyalahkan Orang Lain dan Menghindari Tanggung Jawab

Orang yang egois mungkin tidak dapat menyadari bahwa mereka telah melakukan kesalahan dan mungkin menyalahkan orang lain atas kesalahan apa pun.

6. Mereka Selalu Ingin Menjadi Pusat Perhatian

Orang yang egois cenderung ingin menjadi pusat perhatian. Jika fokusnya beralih ke sesuatu atau orang lain, mereka mungkin mencoba mencari cara untuk mengembalikannya ke diri mereka sendiri.

Misalnya, jika seseorang menceritakan sebuah anekdot lucu, dia mungkin akan menyela ceritanya dan mencoba untuk menjelek-jelekkan orang tersebut.

Atau, jika ada situasi yang menarik perhatian semua orang, mereka mungkin akan menemukan cara untuk melibatkan diri ke dalam situasi tersebut dan menjadikan semuanya tentang mereka.

Kata Dr Aimee Daramus bahwa orang yang egois bahkan mungkin mencoba menghibur seseorang dengan menceritakan kisah-kisah tentang dirinya.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #sering #menyalahkan #orang #lain #kenali #tanda #seseorang #terlalu #egois #apakah #anda

KOMENTAR