Tanda-Tanda Seseorang Dapat Malam Lailatul Qadar Menurut Quraish Shihab, Apa Saja?
Profil dan Biodata Lengkap Quraish Shihab (Instagram/@quraish.shihab)
15:07
28 Maret 2024

Tanda-Tanda Seseorang Dapat Malam Lailatul Qadar Menurut Quraish Shihab, Apa Saja?

Malam lailatul qadar memiliki banyak keistimewaan. Mulai dari pahala lebih besar dari seribu bulan, mendapatkan keberkahan, memperoleh ampunan dari Allah SWT, dan masih banyak. Lantas, bagaimana tanda-tanda seseorang mendapatkan malam lailatul qadar?

Pendiri Pusat Studi Al Quran (PSQ), Profesor Muhammad Quraish Shihab menjelaskan bila ada dua tanda seseorang mendapatkan malam lailatul qadar. Pertama, bertambahnya kebaikan  seorang muslim ataupun muslimah.

"Pertama, bertambahnya kebaikan. Kebaikan yang dimaksud adalah kebaikan yang menyeluruh, dari perkataan, sikap, hingga perbuatannya," terang Quraish Shihab dikutip dari unggahan kanal Youtube Najwa Shihab pada Kamis (28/3/24).

Sementara itu, tanda kedua seseorang memperoleh malam lailatul qadar adalah ketenangan. Ketenangan ini diartikan oleh sejumlah ulama sebagai sifat yang bekelanjutan sebagaimana tertera dalam ayat terakhir Surat Al Qadar.

"Salamun hiya hattaa mathla’il fajr. Pada malam itu kedamaian dirasakan oleh orang yang beruntung menjumpai malam lailatul qadar hingga terbitnya fajar atau keesokan harinya," jelas ayah Najwa Shihab tersebut.

doa malam lailatul qadar (LoganArt/Pixabay)doa malam lailatul qadar (LoganArt/Pixabay)

Quraish Shihab juga turut menjelaskan perihal waktu lailatul qadar yang berada di antara sepuluh malam terakhir di bulan suci Ramadhan. Hal ini berdasarkan HR Bukhari yang diriwayatkan oleh Aisyah.

"Dalam Kitab Al-Shiyam, dikatakan bahwa malam lailatul qadar ada di antara sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan. Ketetapan itu berdasar pada Hadis Bukhari yang diriwayatkan oleh Aisyah," beber Quraish Shihab.

Pendiri PSQ ini lantas melanjutkan terkait beberapa amalan yang bisa dilakukan di sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan. Seperti memperbanyak salat sunah, membaca wirid, dan masih banyak lagi.

"Ada wirid atau doa khusus yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW dan diriwayatkan oleh Aisyah, Allahumma innaka ‘afuwwun kariim tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni," jelas Quraish Shihab.

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #tanda #tanda #seseorang #dapat #malam #lailatul #qadar #menurut #quraish #shihab #saja

KOMENTAR