Di Depan Indra Priawan, Ustaz Felix Siauw Jawab Pertanyaan Nikita Willy Soal Suami Lakukan Pekerjaan Rumah
Potret Nikita Willy dan Indra Priawan di Al Ula Usai Umroh (Instagram)
07:43
26 Maret 2024

Di Depan Indra Priawan, Ustaz Felix Siauw Jawab Pertanyaan Nikita Willy Soal Suami Lakukan Pekerjaan Rumah

Sebagai seorang selebriti yang juga ibu dan istri, Nikita Willy rupanya sering mendapat curhatan dari warganet. Salah satunya, soal tanggung jawab istri dan suami dalam pekerjaan rumah tangga.

Dalam podcast Mom's Corner bersama suaminya Indra Priawan, Nikita Willy bertanya soal apakah pekerjaan rumah tangga adalah tangung jawab istri seorang. Pertanyaan ini ditujukan kepada Ustaz Felix Siauw, yang hadir sebagai narasumber. Apa katanya?

"Saya sering mendapat komentar di Instagram atau media sosial lainnya, 'aduh capek banget nih aku harus melakukan pekerjaan rumah tangga, menyapu, mengepel, cuci baju. Nah, apakah itu tanggung jawab istri atau di Islam diajarkan laki-laki juga harus mengerjakan pekerjaan rumah?" tanya Nikita Willy.

Mendengar pertanyaan tersebut, Ustaz Felix Siauw menegaskan bahwa laki-laki dalam hal ini suami, juga boleh membantu pekerjaan rumah tangga. Hal ini bahkan dicontohkan langsung oleh Nabi Muhammad SAW semasa hidupnya.

"Faktanya Rasulullah membantu istrinya. Rasullah menjahit baj, Rasullah juga melakukan pekerjaan rumah tangga, bahkan Rasul sangat tidak suka merepotkan istrinya. Jadi kalau ditanya apakah pekerjaan rumah itu tanggung jawab perempuan tidak, tapi tidak bisa dipungkiri perempuan selalu mengerjakannya jauh lebih baik," terang Ustaz Felix Siauw.

Lebih lanjut, ia menjelaskan secara fitrah ada laki-laki dan perempuan memiliki kemampuan yang berbeda. Dalam urusan rumah tangga misalnya, perempuan jauh lebih baik daripada laki-laki. Ustaz Felix menjelaskan jika perempuan memiliki kemampuan emosional yang lebih bagus.

"Misalnya soal mengurus anak, laki-laki kan juga bisa, cuman kadang-kadang suka gimana ya, suka kadang-kadang justru merepotkan," katanya.

"Laki-laki ketika melihat anak karena dia itu full logic dan enggak pakai emosional dia enggak bisa bedain anak ini maunya apa, sedangkan perempuan ketika melihat aja dia sudah tahu ini anaknya perlu apa karena memang itu yang dikasih pada perempuan enggak dikasih pada laki-laki," tambahnya lagi.

Laki-laki menurut Ustaz Felix memiliki peran melindungi, sementara perempuan lebih mengayomi. Namun bukan berarti keduanya tak bisa saling melengkapi. Dalam urusan rumah tangga, ia menegaskan suami pun harus membantu.

"Nah artinya apakah harus selalu perempuan, tidak. Laki-laki juga boleh bahkan Rasullah sering membantu istrinya," tutup Felix.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #depan #indra #priawan #ustaz #felix #siauw #jawab #pertanyaan #nikita #willy #soal #suami #lakukan #pekerjaan #rumah

KOMENTAR