Malam Keberapa Baca Doa Qunut Sholat Tarawih dan Witir, Malam 15 atau 16?
Malam Keberapa Baca Doa Qunut Sholat Tarawih dan Witir, Malam 15 atau 16? (pexels)
12:50
25 Maret 2024

Malam Keberapa Baca Doa Qunut Sholat Tarawih dan Witir, Malam 15 atau 16?

Pada bulan Ramadhan, umat Islam berbondong-bondong memperbanyak amal ibadah, termasuk sholat tarawih yang dilaksanakan setiap malam. Salah satu hal yang kerap dipertanyakan adalah kapan tepatnya doa qunut witir sebaiknya dibaca. Apakah pada malam ke-15 atau ke-16?

Di separuh malam bulan Ramadhan terakhir, masyarakat NU akan menyisipkan doa qunut di rakaat terakhir sholat witir setelah menyelesaikan sholat tarawih. Meski demikian, masih banyak orang bertanya-tanya malam keberapa baca doa qunut witir yang benar?

Malam Keberapa Baca Doa Qunut Witir?

Menurut Imam Syafi'i, pembacaan doa qunut witir sebaiknya dilakukan pada pertengahan akhir bulan Ramadhan, yang dimulai pada malam ke-16. Pendapat ini didasarkan pada hadits yang diriwayatkan oleh Abu Daud, di mana Umar bin Khattab mengumpulkan orang-orang untuk sholat berjamaah dan menunjuk Ubay bin Ka'ab sebagai imam sholat. Ubay bin Ka'ab kemudian melaksanakan sholat berjamaah selama dua puluh malam tanpa membaca qunut, kecuali pada separuh akhir bulan Ramadhan.

أن عمر بن الخطاب جمع الناس على أبي بن كعب فكان يصلي لهم عشرين ليلة ولا يقنت إلا في النصف الباقي من رمضان. رواه أبو داود

Artinya: "Sesungguhnya Umar bin Khattab mengumpulkan jamaah agar sholat tarawih bersama (dengan imam) Ubay bin Ka'ab, maka beliau sholat tarawih bersama mereka selama 20 malam, dan beliau tidak berdoa qunut kecuali pada separuh yang kedua (malam 16 bulan Ramadan hingga seterusnya)." (HR Abu Dawud).

Imam an-Nawawi juga menguatkan pandangan ini dalam kitabnya, al-Adzkar, dengan menyatakan bahwa ulama mazhab Syafi'i menyarankan pembacaan doa Qunut pada separuh terakhir bulan Ramadhan.

ويستحب القنوت عندنا في النصف الأخير من شهر رمضان في الركعة الأخيرة من الوتر، ولنا وجه: أن يقنت فيها في جميع شهر رمضان، ووجه ثالث: في جميع السنة، وهو مذهبُ أبي حنيفة، والمعروف من مذهبنا هو الأوّل

Artinya: "Menurut kami, disunahkan qunut di akhir witir pada separuh akhir Ramadan. Ada juga dari kalangan kami (Syafi'iyah) yang berpendapat, disunahkan Qunut di sepanjang Ramadan. Kemudian ada pula yang berpendapat bahwa disunahkan Qunut di seluruh sholat sunah. Ini menurut madzhab Abu Hanifah. Namun, yang baik menurut madzhab kami adalah model yang pertama, yaitu Qunut pada separuh akhir Ramadhan."

Berdasarkan hadits Abu Dawud dan pandangan Imam Nawawi yang bermadzhab Syafi'i, doa qunut witir seharusnya dibaca pada malam ke-16, yakni pada separuh kedua dari bulan Ramadan.

Kapan Malam Ke-16 Ramadhan?

Namun, pertanyaan selanjutnya muncul kapan tepatnya malam ke-16 Ramadhan? Pada 10 Maret 2024, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) telah mengumumkan awal Ramadhan 1445 H.

Berdasarkan rukyatul hilal pada hari tersebut di beberapa tempat, tidak ada laporan perukyat yang melihat hilal. Oleh karena itu, PBNU menyatakan bahwa puasa dimulai pada Selasa, 12 Maret 2024.

Dalam kalender kamariah, hari dimulai dari terbenamnya matahari pada hari sebelumnya, bukan dari pukul 00.00. Dengan demikian, doa qunut witir Ramadhan 2024, yang berlaku pada pertengahan akhir bulan puasa, dimulai pada malam ke-16, bukan pada hari ke-16 (malam ke-17). Malam ke-16 Ramadhan 1445 H jatuh pada Selasa, 26 Maret 2024 (Malam Rabu).

Berikut ini bacaan doa qunut witir yang dibaca di malam 16 Ramadhan.

اَللّٰهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ، وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ، وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ، وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ، وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ، فَاِ نَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ، وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ، وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ، تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ، فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ، وَاسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ، وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Allahummahdini fiiman hadayt(a) wa ‘aafinii fiiman ‘aafayt(a) wa tawallanii fiiman tawallayt(a) wa baariklii fiiman a’thoyt(a) waqinii syarro maa qodhoyt(a) wallaa yuqdhoo ‘alaik(a) wa innahu laa yadzillu man waalayt(a) walaa ya’izzu man ‘aadayt(a) tabaarakta robbanaa wa ta’aalayt(a) wa astagfiruka wa atuubu ilaik(a), wa shallallâhu ‘alâ sayyidinaa Muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘alaa aalihi wa shahbihi wa sallam.

Artinya:

"Ya Allah, berilah aku petunjuk sebagaimana Engkau memberikan petunjuk [kepada selainku], berilah keselamatan sebagaimana Engkau memberikan keselamatan [kepada selainku], rawatlah aku sebagaimana Engkau merawat orang lain, berilah keberkahan kepadaku pada semua pemberian-Mu, lindungilah aku dari kejelekan takdir-Mu, sesungguhnya Engkau menakdirkan dan tidak ditakdirkan, dan sesungguhnya tidak terhinakan orang yang menjadikan Engkau sebagai wali, dan tidak mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Suci dan Maha Tinggi Engkau, wahai Rabb kami. Maha bagi Engkau segala pujian di atas yang Engkau hukumkan, aku memohon ampun dari Engkau dan aku bertaubat kepada Engkau. Dan semoga Allah mencurahkan rahmat dan sejahtera ke atas junjungan kami Nabi Muhammad, keluarga, dan sahabatnya,"(H.R. Tirmidzi).

Demikianlah penjelasan mengenai malam keberapa baca doa qunut sholat tarawih dan witir dibaca dalam bulan Ramadan. Dengan pemahaman yang jelas, umat Islam dapat melaksanakan ibadah dengan lebih khusyuk dan penuh keyakinan. Semoga amal ibadah kita diterima Allah SWT. Aamiin.

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #malam #keberapa #baca #qunut #sholat #tarawih #witir #malam #atau

KOMENTAR