Bagaimana Hukum Tak Sengaja Makan dan Minum Saat Puasa? Begini Kata Rasulullah
Ilustrasi puasa (Pexels)
15:28
24 Maret 2024

Bagaimana Hukum Tak Sengaja Makan dan Minum Saat Puasa? Begini Kata Rasulullah

Salah satu perkara yang bisa membatalkan puasa adalah makan dan minum. Namun, apa jadinya bila umat Islam tak sengaja menelan sesuatu melalui mulut, apakah menjadikan puasa batal?

Mengutip dari HR Al Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa seseorang yang makan atau minum tanpa sengaja atau karena keadaan lupa, maka puasanya tidak batal.

مَنْ نَسِيَ وَهُوَ صَائِمٌ فَاَكَلَ وَاشَرِبَ فَلْيُتِمَّ صَوْمَهُ فَاِنَّمَا اَطْعَمَهُ اللهُ وَسَقَاهُ

Artinya: Siapa yang lupa keadaannya sedang berpuasa, kemudian ia makan dan minum, maka hendaklah ia menyempurnakan puasanya, karena sesungguhnya Allah-lah yang memberikan makanan dan minuman itu. (HR Al Bukhari dan Muslim: 1797/1952)

Lebih lanjut, dalam Kitab Fathul Qorib juga dijelaskan mengenai hukum seseorang yang tak sengaja makan dan minum saat berpusa. Isinya kurang lebih sama seperti hadis yang diriwayatkan di atas.

فإن أكل ناسيا أو جاهلا لم يفطر إن كان قريب عهد بالإسلام أو نشأ بعيدا عن العلماء، وإلا أفطر

Artinya: Jika orang yang berpuasa makan karena lupa ia sedang berpuasa atau tidak mengetahui keharamannya, maka puasanya tidak batal. Ketidaktahuan yang termasuk uzur adalah jika ia baru masuk Islam atau hidup jauh dari ulama. Jika tidak, maka puasanya batal. (Ibnul Qosim Al-Ghazzi, Fathul Qorib, halaman 66)

Untuk memperyakin tentang perkara ini, ada pendapat lain mengenai hukum tak sengaja makan dan minum saat berpuasa.

Mengutip dari kitab Syarah Al-Bahjatul Wardiyah, disebutkan bila puasa bisa batal bila umat Islam tak sengaja makan sampai tiga suap atau lebih.

(وَ) بَطَلَ بِالْأَكْلِ (كَثِيرًا) ثَلَاثَ لُقَمٍ فَأَكْثَرَ (نَاسِيًا) لِسُهُولَةِ التَّحَرُّزِ عَنْهُ غَالِبًا كَبُطْلَانِ الصَّلَاةِ بِالْكَلَامِ الْكَثِيرِ نَاسِيًا وَهَذَا مَا صَحَّحَهُ الرَّافِعِيُّ وَصَحَّحَ النَّوَوِيُّ مُقَابِلَهُ لِعُمُومِ خَبَرِ مَنْ نَسِيَ السَّابِقِ

Artinya: Puasa menjadi batal sebab makan dengan jumlah yang banyak dalam keadaan lupa, misalnya tiga kali suapan atau lebih. Batalnya puasa ini dikarenakan mudahnya menjaga atas kejadian demikian secara umum, sama seperti batalnya shalat sebab berbicara dengan perkataan yang banyak. Pendapat ini merupakan pendapat yang dishahihkan oleh Imam ar-Rafi’i, sedangkan Imam An-Nawawi berpandangan sebaliknya (tidak batal), berdasarkan keumuman hadits yang menjelaskan orang yang lupa (puasa) yang telah dijelaskan terdahulu. (Zakariya Al-Anshari, Syarah Al-Bahjatul Wardiyah, halaman 570).

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #bagaimana #hukum #sengaja #makan #minum #saat #puasa #begini #kata #rasulullah

KOMENTAR