Tak Kalah Mahal dari SPP, Harga Baju Sekolah Anak Kahiyang Ayu Juga Tembus Belasan Juta
Foto Keluarga Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. (Instagram/@ayanggkahiyang)
10:42
22 Maret 2024

Tak Kalah Mahal dari SPP, Harga Baju Sekolah Anak Kahiyang Ayu Juga Tembus Belasan Juta

Belum lama ini Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu sama-sama menuai kontroversi karena dinobatkan sebagai tokoh nasional. Bobby menjadi Tokoh Nasional Tapanuli Selatan, sementara Kahiyang dikukuhkan sebagai Tokoh Nasional Padang Sidempuan.

Hal ini membuat keluarga Bobby dan Kahiyang ikut disorot, tak terkecuali perihal pendidikan anak-anak mereka. Pasalnya biaya sekolah Sedah Mirah Nasution dan Panembahan Al Nahyan Nasution diduga kuat sampai menyentuh angka dua digit.

Biaya Sekolah Sedah Mirah Nasution dan Panembahan Al Nahyan Nasution

Sedah Mirah dan Panembahan Al Nahyan saat jalan-jalan di DeliPark Mall, Kota Medan, Sumatera Utara, Kamis (9/3/2023). (Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden)Sedah Mirah dan Panembahan Al Nahyan saat jalan-jalan di DeliPark Mall, Kota Medan, Sumatera Utara, Kamis (9/3/2023). (Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Sedah Mirah Nasution dan Panembahan Al Nahyan Nasution diketahui bersekolah di Playgroup Sekolah Highscope Indonesia Medan alias kelas Early Childhood Educational Program (ECEP).

Dikutip dari situs resminya, wali murid diharuskan membayar formulir pendaftaran sebesar Rp300 ribu, serta deposit senilai Rp2 juta saat akan mendaftarkan anaknya ke Highscope Medan.

ECEP Highscope Medan menyediakan tiga jenis kelas yang masing-masing mematok tarif Rp6,5 juta untuk 1 term alias 10 minggu pertemuan. Ketiga kelas itu adalah Toddler to Pre-Kindy (18 bulan-4 tahun), Preschool to Pre-Kindy (2,5-4 tahun), dan Pre-Kindy to Pre-Kindy (2,5 tahun).

Biasanya terdapat 2-3 terms dalam satu tahun akademik, sehingga estimasi biaya SPP yang harus dibayarkan adalah Rp13-19,5 juta per tahun. Selain itu terdapat pula enrollment fee, di mana kelas Toddler to Pre-Kindy dan Preschool to Pre-Kindy mematok biaya sebesar Rp12 juta, sedangkan kelas Pre-Kindy to Pre-Kindy senilai Rp11 juta.

Dengan demikian, Kahiyang dan Bobby diperkirakan merogoh kocek antara Rp25 juta sampai Rp31,5 juta per tahun untuk menyekolahkan seorang anak mereka.

Harga Baju Sekolah Sedah Mirah Nasution dan Panembahan Al Nahyan Nasution

Namun bukan cuma biaya pendidikannya yang selangit, harga baju sekolah yang dikenakan kedua sepupu Jan Ethes Srinarendra itu juga tidak kalah luar biasa.

Hal ini seperti terlihat di salah satu episode program Point of View di kanal YouTube Liputan6 yang menampilkan Bobby bersama anak-anaknya. Terlihat Bobby yang menyempatkan diri mengantar kedua anaknya ke sekolah sebelum bekerja sebagai Wali Kota Medan.

Di episode itu terlihat Al Nahyan yang memakai kaos dan celana pendek berwarna biru yang senada. Meski desainnya sederhana, ternyata setelan itu berasal dari jenama Givenchy.

Kaos yang dipakai Al Nahyan diduga bernama T-Shirt in Printed Jersey yang dibanderol seharga USD 180 atau setara Rp2,83 juta di situs resmi Givenchy. Sementara itu celana pendeknya adalah Bermuda Shorts Fleece yang dijual seharga USD 240 di situs resminya, atau sekitar Rp3,78 juta.

Sementara itu Sedah Mirah terlihat mengenakan kaos bertajuk Burberry Kids’ Rabbit-print Short-sleeved T-Shirt. Menurut situs Modesens, kaos itu dijual dengan harga USD 330 atau sekitar Rp5,19 juta. Jika ditotal, biaya yang mesti dikeluarkan untuk pakaian kedua anak Bobby dan Kahiyang itu sudah mencapai Rp11,8 juta.

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #kalah #mahal #dari #harga #baju #sekolah #anak #kahiyang #juga #tembus #belasan #juta

KOMENTAR