Kenali 12 Kebiasaan Sehari-hari yang Menunjukkan Bahwa Anda Seorang INFJ yang Langka
12 Kebiasaan Sehari-hari yang Menunjukkan Bahwa Anda Seorang INFJ (pexels/Anastasia Latunova)
09:30
21 Maret 2024

Kenali 12 Kebiasaan Sehari-hari yang Menunjukkan Bahwa Anda Seorang INFJ yang Langka

INFJ menghabiskan hidup mereka dalam rutinitas yang dapat diprediksi. Ini bukan berarti INFJ mudah ditebak, mereka jauh dari itu.

Namun, seperti halnya 16 tipe kepribadian lainnya, INFJ memiliki kebiasaan yang memengaruhi rutinitas mereka atau cara mereka menjalani hidup.

Jika Anda adalah seorang INFJ yang bijaksana dan tertutup, Anda mungkin mengenali kebiasaan sehari-hari yang dilansir dari truity.com, Kamis (21/3), dibawah ini sebagai kebiasaan Anda.

1. Anda bangun lebih awal atau begadang terlalu larut

INFJ cenderung menjadi tipe kepribadian yang serba bisa, yang mempengaruhi rutinitas tidur mereka.

Jika Anda seorang INFJ dengan pekerjaan fleksibel, Anda mungkin selalu mengatur jadwal rutin Anda sendiri.

INFJ suka bangun pagi atau begadang karena mereka suka menikmati kesunyian dan keheningan.

Saat tidak ada orang di rumah, mereka mungkin senang menggunakan waktu sendirian ini sebagai titik tolak untuk proyek kreatif yang sedang mereka kerjakan.

2. Anda menikmati rutinitas pagi yang produktif (atau malas)

INFJ mungkin menjadi lebah yang sibuk sebelum jam 9 pagi, atau mereka mungkin membutuhkan waktu lama untuk merasa siap menghadapi hari. Itu tergantung pada tingkat energi Anda.

Anda mungkin bangun dengan semangat baru untuk menyelesaikan pekerjaan atau merasa perlu beristirahat.

INFJ juga lebih menyukai sedikit kelonggaran dalam jadwal mereka. Jadi meskipun INFJ menginginkan struktur, mereka bisa saja memiliki terlalu banyak hal.

Tidak jarang seorang INFJ kesulitan untuk menyeimbangkan antara pekerjaan, rumah, dan dunia batin mereka yang kaya akan inspirasi.

Karena INFJ perlu mengisi ulang baterai mereka, beberapa INFJ dengan jadwal yang lebih terbuka lebih memilih untuk menikmati waktu luang di pagi hari.

Dengan cara yang sama, seorang INFJ yang merasa kelelahan mungkin bangun lebih awal sebelum bekerja untuk bersantai atau begadang melewati jam tidur mereka untuk bersantai.

Apakah mereka bersantai dengan meditasi, olahraga, membaca, atau aktivitas lainnya akan berbeda-beda.

3. Anda melupakan perawatan diri saat bekerja

Ketika INFJ sedang bekerja keras (baik untuk karier atau hobi), mereka sering tidak ingat untuk merawat diri mereka sendiri.

Misalnya, jika Anda sedang mengerjakan sebuah proyek di kantor, Anda mungkin terlalu asyik dengan pekerjaan Anda sehingga lupa minum air.

INFJ juga lupa untuk memanfaatkan waktu istirahat selama 10 menit, bahkan ketika mereka merasa perlu beristirahat sejenak untuk menarik napas.

4. Anda sering melamun

Ketika Anda mengerjakan tugas-tugas Anda, Anda biasanya berada dalam mode otomatis dan terjebak dalam pikiran Anda.

Karena INFJ menghabiskan banyak waktu di dunia batin mereka, mereka dapat melakukan satu atau dua tugas sambil berada di tempat lain dalam pikiran mereka.

Anda mungkin sedang memikirkan masalah dunia atau menganalisis buku yang baru saja Anda baca.

Tapi apapun gangguannya, Anda akan menyelesaikan tugas Anda dengan baik. Namun, jika seseorang mencoba berbicara kepada Anda saat Anda sedang melamun, Anda mungkin tidak akan mendengar apa yang mereka katakan.

5. Kamu memikirkan (atau menikmati) proyek-proyek kreatif

Meskipun INFJ mungkin tidak selalu memasukkannya ke dalam jadwal mereka, proyek-proyek kreatif selalu ada di otak mereka.

Karena itu, Anda seringkali menghabiskan cukup banyak waktu untuk memikirkan proyek kreatif yang ingin Anda lakukan.

Jika Anda kebetulan menyisihkan waktu untuk kegiatan kreatif, Anda mungkin akan menemukan bahwa Anda menghabiskan terlalu banyak waktu untuk itu saat Anda seharusnya melakukan hal lain.

6. Anda mengirim pesan ke teman dekat yang sudah lama tidak Anda hubungi (tapi tidak selalu dibalas)

Meskipun INFJ bukan tipe orang yang memiliki banyak teman, mereka memiliki lingkaran pertemanan dekat yang mereka percayai.

Mereka lebih suka menghabiskan waktu empat mata atau dalam kelompok kecil yang akrab kapan pun mereka siap untuk bersosialisasi.

Tapi sehari-hari, kebanyakan INFJ tidak bertemu dengan teman-teman dekat ini. Sebaliknya, INFJ mencoba membiasakan diri untuk berbicara dengan mereka melalui pesan singkat atau email.

7. Anda mencari-cari alasan untuk tidak meninggalkan rumah

Bukan berarti INFJ tidak suka keluar rumah. Mereka hanya sangat suka tinggal di rumah! Di zaman modern ini, sangat mudah bagi INFJ untuk tidak keluar rumah lebih sering.

Jika Anda seorang INFJ, Anda akan memilih untuk tinggal di rumah dengan berbagai alasan klasik.

Anda mungkin menghindari pergi keluar untuk membeli bahan makanan atau barang lain yang dapat Anda beli secara online atau yang dapat diantarkan ke rumah Anda.

8. Anda pergi ke luar untuk berjalan-jalan atau merenung

Hal-hal yang berhubungan dengan keindahan alam, berada di urutan teratas dalam daftar prioritas seorang INFJ saat mereka ingin bersantai.

INFJ merasa segar setelah menghabiskan waktu sendirian di alam. Jadi, memastikan ada waktu dalam sehari untuk menjelajah ke luar rumah adalah hal yang penting bagi mereka.

Rutinitas harian Anda mungkin melibatkan pergi ke luar untuk duduk sejenak setelah seharian bekerja, mengajak anjing Anda berjalan-jalan, atau berjalan kaki sejenak untuk melihat matahari terbenam.

9. Anda mengkritik pencapaian Anda

Sangat mudah bagi mereka untuk mengecilkan pencapaian mereka ketika mereka tidak merasa telah melakukannya dengan cukup baik, dan itu hampir selalu terjadi.

INFJ adalah perfeksionis, jadi kamu selalu menyalahkan diri sendiri pada hal-hal kecil setiap hari.

10. Kamu ragu-ragu dalam mengambil keputusan

INFJ adalah perencana yang berhati-hati berkat preferensi mereka yang suka menilai. Karenanya, mereka menghindari membuat keputusan berdasarkan keinginan saja.

Keraguan Anda terkadang dapat menghalangi Anda untuk ikut serta dalam sesuatu yang menyenangkan (dan di luar zona nyaman Anda), jadi Anda mungkin ingin membuang kehati-hatian sesekali.

Namun, sebagian besar, Anda merasa nyaman menunggu untuk memutuskan apakah Anda akan menghadiri sebuah acara, membeli mobil baru, atau mencoba restoran baru.

11. Kamu terlalu terganggu untuk menjaga ruang kerja yang teratur

Meskipun beberapa INFJ mungkin memiliki meja kerja yang bersih, sebagian besar INFJ terlalu terjebak dalam pikiran mereka dan terlibat dalam pekerjaan mereka hingga tak menyadari betapa berantakannya meja kerja mereka.

Jika meja Anda sedikit berantakan, Anda mungkin akan menyadarinya setelah Anda selesai bekerja untuk hari itu dan mencoba membersihkannya.

Atau kamu mungkin memutuskan bahwa hal itu sia-sia karena kamu akan mengulang semua pekerjaan itu di hari kerja berikutnya.

Sebagai seorang INFJ, kamu adalah seorang Judger, yang berarti kamu suka menjaga segala sesuatunya tetap teratur dan bersih, dan kamu melakukannya!

Tapi INFJ juga bertarung dengan dunia batin mereka melawan dunia luar, dan segala sesuatunya dapat menjadi berantakan dengan cepat ketika dunia batin mereka menang.

12. Kamu merasa tersentuh oleh sebuah cerita, film, karya seni, atau lagu

Sifat empati INFJ membuat mereka rentan terhadap kepekaan dalam hal seni, film, musik, dan media lainnya.

Tidak sulit bagi seorang INFJ untuk merasa terpengaruh oleh beberapa karya kreatif sepanjang hari.

Anda mungkin merasa tersentuh oleh karya musik tertentu atau film yang Anda tonton semalam.

Tapi, kemungkinan besar, kamu memiliki beberapa karya seni yang menarik hati sanubarimu setidaknya beberapa kali dalam seminggu.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #kenali #kebiasaan #sehari #hari #yang #menunjukkan #bahwa #anda #seorang #infj #yang #langka

KOMENTAR