Adab Berfoto Bareng Juara All England Dicibir, Menpora Dito Ternyata Punya Utang sampai Rp16 Miliar
Menpora Dito Ariotedjo (kiri) menyampaikan paparan saat rapat kerja dengan Komisi X DPR di kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (4/12/2023). Raker tersebut membahas pertimbangan pemberian kewarganegaraan (naturalisasi) kepada dua atlet sepak bola keturunan Indonesia yakni Nathan Tjoe-A-On dan Jay Idzes. ANTARA FOTO/Rifqi Raihan Firdaus/wpa/nym.
09:24
20 Maret 2024

Adab Berfoto Bareng Juara All England Dicibir, Menpora Dito Ternyata Punya Utang sampai Rp16 Miliar

Menpora Dito Ariotedjo tak henti dicibir warganet karena bersikeras berfoto di antara para atlet bulu tangkis juara All England.

Dalam video yang beredar terlihat Dito yang tak beranjak dan tetap berada di tengah sekalipun sudah diminta bergeser untuk memberikan ruang bagi para atlet. Alhasil Jonatan Christie dkk merapat dengan Dito berada di tengah-tengah mereka.

Namun bukan hanya adabnya, sosok Dito juga ikut menjadi sorotan publik. Pasalnya Dito juga dikenal sebagai salah satu menteri muda di kabinet Jokowi dengan harta kekayaan yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Menariknya, bukan cuma kaya raya, Dito ternyata juga mempunyai utang sampai belasan miliar Rupiah. Memang seperti apa rincian harta kekayaan Dito?

Harta Kekayaan Menpora Dito

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo (kanan) bersama dengan Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali seusai peluncuran jersei timnas Indonesia di Jakarta, Senin (18/03/2024). (ANTARA/FAJAR SATRIYO)Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo (kanan) bersama dengan Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali seusai peluncuran jersei timnas Indonesia di Jakarta, Senin (18/03/2024). (ANTARA/FAJAR SATRIYO)

Dilihat di LHKPN-nya, menteri dari Partai Golkar itu mengaku mempunyai harta kekayaan dengan nilai total Rp298,52 miliar. Laporan ini disampaikan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) per 10 Juli 2023.

Politisi bernama lengkap Ario Bimo Nandito Aritotedjo itu memiliki aset berupa tanah dan bangunan senilai Rp187,6 miliar. Tercatat Dito mempunyai 5 bidang tanah dan bangunan yang tersebar di area DKI Jakarta.

Menariknya hampir semua aset ini dilaporkan sebagai hibah tanpa akta. Hanya terdapat sebidang tanah dan bangunan di Kota Jakarta Selatan yang disebutnya sebagai hasil sendiri.

Menpora Dito Ariotedjo (Instagram/@ditoariotedjo)Menpora Dito Ariotedjo (Instagram/@ditoariotedjo)

Sedangkan isi garasi Dito dihargai sebesar Rp2,18 miliar. Hanya ada 3 mobil yang dilaporkannya, yakni Toyota Fortuner, Toyota Alphard, dan Hyundai Ioniq 5. Lagi-lagi sumber aset tersebut menjadi sorotan, karena yang diakui sebagai hasil sendiri hanyalah Fortuner seharga Rp480 juta.

Dito juga mempunyai harta bergerak lainnya sebesar Rp6 miliar, surat berharga senilai Rp89,34 miliar, serta kas dan setara kas dengan nilai Rp13,4 miliar. Namun di luar aset-asetnya yang fantastis, Dito juga mengaku memiliki utang sebesar Rp16,05 miliar, sehingga harta kekayaan bersihnya adalah sebesar Rp282,47 miliar.

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #adab #berfoto #bareng #juara #england #dicibir #menpora #dito #ternyata #punya #utang #sampai #rp16 #miliar

KOMENTAR