Siapa Lebih Hebat? Beda Pendidikan Kahiyang Ayu Dengan Gelar Tokoh Nasionalnya Vs Erina Gudono Si Bakal Cabup Sleman
Kahiyang Ayu dan Erina Gudono (instagram.com/ayangkahiyang)
13:10
19 Maret 2024

Siapa Lebih Hebat? Beda Pendidikan Kahiyang Ayu Dengan Gelar Tokoh Nasionalnya Vs Erina Gudono Si Bakal Cabup Sleman

Keluarga Presiden Jokowi kini kerap menjadi sorotan. Usai kedua putranya Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep yang mendapat sorotan usai memutuskan untuk ikut terjun ke dunia politik, kini putri kedua Jokowi, Kahiyang Ayu pun menjadi perbincangan.

Pasalnya, istri dari Bobby Nasution ini baru-baru ini mendapatkan gelar kehormatan sebagai Tokoh Nasional dari Padang Sidempuan, Sumatera Utara.

Pemberian gelar kepada Kahiyang ini pun menyusul sang suami yang sebelumnya juga dikukuhkan sebagai Tokoh Nasional dari Tapanuli Selatan. Pemberian gelar tokoh nasional kepada Kahiyang ini pun mendapat banyak sorotan dari publik bahkan para penggiat media sosial yang gencar mengomentari soal gelar Kahiyang ini.

Salah satu penggiat media sosial Jhon Sitorus pun mengkritik keras pengukuhan Kahiyang Ayu sebagai tokoh nasional karena dianggap tidak memiliki kontribusi apapun terhadap masyarakat Padang Sidempuan.

"Tanpa rekam jejak partisipasi, tanpa karya tanpa kontrobusi, tanpa ide, piikiran dan gagasan tiba tiba bisa jadi tokoh nasional. Pikirannya apa? Gagasannya apa? Karyanya apa? Pengaruhnya selama hidup atas dirinya sendiri apa? Gak ada yang tau," tulis Jhon dalam akun X-nya @Miduk17.

Tak hanya mengomentari Kahiyang Ayu, Jhon pun juga pernah menyindir soal rencana menantu Presiden Jokowi, Erina Gudono yang dirumorkan akan segera maju sebagai calon Bupati Sleman pada pilkada tahun 2024 mendatang. Ia pun tanpa segan menyindir berbagai posisi pemerintahan yang diisi oleh keluarga Presiden Jokowi

"Ayah mertua Presiden, ibu mertua Ibu Negara, kakak ipar Wakil Presiden, istri kakak ipar calon First Lady, suami kakak ipar Walikota, kakak ipar Ketua PKK Medan, paman suami Ketua MK, suami Ketum Partai/Cagub, lo sendiri Calon Bupati (Erina Gudono)," sindir Jhon dalam cuitannya di X pada Jumat (08/03/2024) lalu.

Ia pun juga menyindir bahwa praktik nepotisme yang melibatkan keluarga presiden ini adalah suatu hal yang baik namun dalam konotasi negatif.

Sorotan publik soal anak dan menantu Jokowi ini pun juga menimbulkan banyak pertanyaan, terlebih lagi soal latar pendidikan Kahiyang Ayu maupun Erina Gudono yang kini jadi buah bibir.

Lalu, seperti apa latar dan riwayat pendidikan dari anak dan menantu Presiden Jokowi ini? Simak inilah selengkapnya.

Latar pendidikan Kahiyang Ayu

Publik pun banyak menyoroti latar pendidikan Kahiyang Ayu usai dirinya dikukuhkan sebagai Tokoh Nasional Padang Sidempuan di awal Maret 2024 kemarin. Kahiyang Ayu atau akrab disapa Ayang ini menghabiskan masa kecil hingga dewasanya di Surakarta/Solo, Jawa Tengah.

Kahiyang merupakan alumni dari SDN Mangkubumen Kidul 16 dan lulus tahun 2003. Pasca lulus SD, Kahiyang pun melanjutkan sekolahnya di salah satu sekolah terfavorit di Solo, yaitu SMP Negeri 1 Surakarta. Selama bersekolah, Kahiyang dikenal sebagai pribadi yang humble meskipun sempat sering bolos sekolah.

Ia pun melanjutkan pendidikannya di SMA Negeri 6 Surakarta. Sewaktu duduk di bangku SMA, Kahiyang pun menunjukkan ketertarikannya di dunia pertanian. Hal ini membuatnya memilih untuk melanjutkan kuliah di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo Fakultas Pertanian jurusan Ilmu Teknologi Pangan dan berhasil meraih gelar S.T.P pada tahun 2013.

Kahiyang pun juga melanjutkan pendidikan magisternya di Institut Pertanian Bogor (IPB) pada tahun 2016 di program studi Magister Manajemen dan Bisnis. Saat masih berkuliah di IPB, Kahiyang pun bertemu dengan sang suami, Bobby Nasution dan memutuskan untuk menikah pada tahun 2017.

Kahiyang pun melahirkan anak pertamanya, Sedah Mirah pada Agustus 2018 saat dirinya masih menjalani kuliah di IPB.

Pasca melahirkan, Kahiyang pun langsung kembali aktif berkuliah dan menyelesaikan tesisnya. Ia pun berhasil meraih gelar cumlaude dengan IPK 3,92 pada tahun 2019 lalu dengan gelar Magister Manajemen (M.M).

Latar pendidikan Erina Gudono

Tak kalah dari sang kakak ipar, Erina Gudono pun juga punya riwayat pendidikan yang mentereng. Ia merupakan alumni dari sekolah favorit di Yogyakarta, yaitu SMP Negeri 5 Yogyakarta dan SMA Negeri 3 Yogyakarta. Sejak masih berseolah, Erina pun disebut aktif dalam mengikuti banyak perlombaan dan termasuk salah satu siswi berprestasi.

Pasca lulus SMA, istri dari Kaesang Pangarep ini pun melanjutkan kuliah di Universitas Gadjahmada (kUGM) di jurusan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Erina pun juga aktif mengikuti kegiatan kemahasiswaan dan berbagai ajang bergengsi lain, seperti Model United Nations dan Young Leaders for Indonesia Foundation.

Ia juga sempat mengikuti pertukaran pelajar di Showa Women's University Jepang dan The Chinese University of Hongkong pada tahun 2018. Menyandur dari profil Linkedin-nya, Erina juga meraih banyak prestasi di berbagai ajang kompetisi bisnis. Tak heran jika pasca lulus dari UGM, Erina pun berhasil diterima kerja di berbagai perusahaan ternama seperti P&G, Tokopedia, Bank Indonesia, hingga J.P Morgan.

Erina pun juga sempat menjadi penerima beasiswa LPDP untuk melanjutkan kuliah di universitas ternama dunia, Columbia University di New York. Namun, ia pun memutuskan untuk mengambil cuti kuliah pasca menikah dengan putra bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep pada tahun 2022 lalu.

Kini, menantu Jokowi tersebut pun disebut akan segera masuk bursa calon Bupati Sleman pada pilkada akhir tahun 2024 mendatang.

Kontributor : Dea Nabila

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #siapa #lebih #hebat #beda #pendidikan #kahiyang #dengan #gelar #tokoh #nasionalnya #erina #gudono #bakal #cabup #sleman

KOMENTAR