Kahiyang Ayu Dinobatkan Jadi Tokoh Nasional, Jhon Sitorus Skakmat Putri Jokowi: Karyanya Apa?
Putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu. (Instagram/@ayanggkahiyang)
09:39
18 Maret 2024

Kahiyang Ayu Dinobatkan Jadi Tokoh Nasional, Jhon Sitorus Skakmat Putri Jokowi: Karyanya Apa?

Putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu resmi dinobatkan sebagai Tokoh Nasional Padang Sidempuan. Ia menyusul sang suami, Bobby Nasution yang sebelumnya juga telah dikukuhkan sebagai Tokoh Nasional Tapanuli Bagian Selatan.

Namun, penobatan Kahiyang Ayu sebagai tokoh nasional ini langsung memicu kontroversi. Salah satu kritikan tajam datang dari pegiat media sosial Jhon Sitorus.

Jhon Sitorus mempertanyakan apa karya dan gagasan yang disumbangkan adik Gibran Rakabuming Raka itu, sehingga pantas dijadikan tokoh nasional.

"(Kahiyang Ayu) tanpa rekam jejak partisipasi, tanpa karya, tanpa kontribusi, tanpa ide, pikiran dan gagasan, tiba-tiba bisa jadi tokoh nasional," kritik Jhon Sitorus dalam cuitannya seperti dikutip Suara.com, Senin (18/3/2024)

"Pikirannya apa? Gagasannya apa? Karyanya apa? Pengaruhnya (Kahiyang) selama hidup atas dirinya sendiri apa? Gak ada yang tahu," sambungnya.

Menurutnya, sosok yang pantas dikukuhkan sebagai tokoh nasional adalah mereka yang sudah memberikan pengabdian dan pemikiran cemerlang selama puluhan tahun.

"Dulu gelar tokoh nasional umumnya didapatkan setelah pengabdian berpuluh-puluh tahun, pemikiran yang cemerlang dan berpengaruh pada peradaban," jelasnya.

Jhon Sitorus pun menyayangkan proses pemberian gelar tokoh nasional yang terlalu mudah saat ini.

"Sekarang gelar tokoh nasional bisa didapat dengan mudah tanpa proses yang panjang dan kontribusi nyata yang konsisten," lanjut Jhon Sitorus.

Terakhir, Jhon Sitorus hanya bisa berharap agar Kahiyang Ayu bisa berkontribusi nyata usai diberi gelar tokoh nasional. Ia juga menyindir siapa sosok yang kelak akan dijadikan tokoh nasional lagi.

"Semoga saja dampaknya positif. Semoga saja pikiran Kahiyang memang sudah berkontribusi nyata untuk rakyat Padang Sidempuan. Barangkali saya yang tidak update kemajuan yang diberikan kepada warga di sana," ungkapnya.

Transformasi Kahiyang Ayu (Instagram/@ayanggkahiyang)Kahiyang Ayu (Instagram/@ayanggkahiyang)

"Next, siapa lagi yang mau jadi tokoh nasional? Daerah mana yang mau memberikan penghargaan itu? Monggo," pungkas Jhon Sitorus.

Kritikan Jhon Sitorus itu kemudian ramai ditanggapi warganet. Tak sedikit warganet yang juga mengkritik penobatan Kahiyang Ayu sebagai tokoh nasional.

"Anda lupa kalau dia anak presiden," sahut warganet.

"Sekalian aja angkat Jan Ethes jadi tokoh nasional mumpung Jokowi masih berkuasa," sindir warganet dengan emoji tertawa ngakak.

"Bentar lagi (Kahiyang Ayu) jadi pahlawan nasional," celetuk warganet.

"Apa yang tidak bisa buat keluarga Jokowi? Semua bisa diatur. Anggota TNI yang sudah sekian lama dipecat, bisa naik pangkat bintang empat kok, pakai embel-embel kehormatan pula," sentil warganet.

"Cara menjadi tokoh nasional di sebuah negara. Salah satunya harus punya orang tua jadi presiden dulu," sentil lainnya.

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #kahiyang #dinobatkan #jadi #tokoh #nasional #jhon #sitorus #skakmat #putri #jokowi #karyanya

KOMENTAR