Kris Dayanti Akui Gagal Lolos ke Senayan Padahal Sudah Rogoh Kocek Rp 2 M Demi Nyaleg
Kris Dayanti [Instagram]
11:57
13 Maret 2024

Kris Dayanti Akui Gagal Lolos ke Senayan Padahal Sudah Rogoh Kocek Rp 2 M Demi Nyaleg

Politisi PDIP Kris Dayanti gagal lolos menjadi anggota DPR RI di Pileg 2024. Ia hanya berhasil menduduki urutan ketiga pemeroleh suara terbanyak, sementara itu partainya cuma mendapatkan dua kursi di Dapil Malang Raya, tempat Kris Dayanti nyaleg.

Bukan hanya gagal ke Senayan, perolehan suara Kris Dayanti di Pileg 2024 ini diketahui menurun dibanding sebelumnya. Pada Pileg 2019, istri Raul Lemos ini berhasil mendapatkan total 132.131 suara. Sementara itu, kini ia hanya memperoleh 70.082 suara.

"Kursi PDIP hanya dua kursi. Sayang sekali jadi saya belum berhasil lolos kembali," kata Kris Dayanti kepada wartawan dikutip Rabu (13/3/2024).

Lantaran tak berhasil kembali lolos ke Senayan, Kris Dayanti berarti akan menyelesaikan masa tugasnya sebagai anggota DPR RI periode 2019-2024. Setelahnya ia mengaku akan tetap berkecimpung di dunia politik dan menjadi politisi PDIP.

"Saya tugas menyelesaikan akhir jabatan saya. InsyaAllah masih di jalur politik, tetap ke masyarakat dan di PDIP," beber Kris Dayanti.

Potret Kris Dayanti liburan. (Instagram/@krisdayantilemos)Potret Kris Dayanti liburan. (Instagram/@krisdayantilemos)

Terkait dengan pencalonannya sebagai anggota DPR RI, Kris Dayanti pernah mengungkapkan bila dirinya menggelontorkan uang hingga Rp2 miliar untuk Pileg 2019. Sementara itu, belum diketahui berapa biaya yang harus ia keluarkan untuk Pileg 2024.

Uang tersebut digunakan oleh Kris Dayanti untuk kepentingan survei. Pasalnya dirinya merasa memiliki elektabilitas yang relatif baik di Dapil Malang Raya. Ia mengaku tak menggunakan uang tersebut untuk membuat baliho-baliho seperti caleg lainnya.

"Ternyata mendingan save uangnya. Jadi kita gunakan dua kali survei, survei di September dan Januari dan saat itu memang nama saya lumayanlah bagus," beber Kris Dayanti.

"Jadi lebih baik kita save dananya untuk peluru akhir yaitu menjaga suara, nilainya ya tahun kemarin di 2 miliar di periode kemarin," pungkasnya.

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #kris #dayanti #akui #gagal #lolos #senayan #padahal #sudah #rogoh #kocek #demi #nyaleg

KOMENTAR