Berapa Gaji Kurnia Meiga Dulu? Kini Jualan Keripik untuk Sambung Hidup usai Sakit dan Diceraikan Istri
Foto arsip. Penjaga gawang Kurnia Meiga. (ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo)
10:42
12 Maret 2024

Berapa Gaji Kurnia Meiga Dulu? Kini Jualan Keripik untuk Sambung Hidup usai Sakit dan Diceraikan Istri

Nasib Kurnia Meiga sekarang berubah 180 derajat usai jatuh sakit pada tahun 2017. Semua hartanya dikabarkan habis untuk pengobatan hingga harus jualan keripik dan berbagai atribut sepak bola serta medali demi menyambung hidup.

Kurnia Meiga juga diceraikan oleh Azhiera Adzka Fathir alias Azizah di tengah perjuangannya melawan sakit dan bangkit dari keterpurukan finansial. Ia pun tinggal di sebuah rumah yang bisa dibilang jauh dari kata mewah.

Padahal dulunya Kurnia Meiga adalah salah satu legenda sepakbola Indonesia. Nama Kurnia Meiga begitu besar sebagai kiper Timnas Indonesia hingga memiliki nilai transfer yang sangat tinggi. Lantas, berapa gaji Kurnia Meiga dulu?

Untuk diketahui, Kurnia Meiga pernah membela Arema FC selama karier profesionalnya sebagai kiper. Ia bergabung dengan Arema FC mulai dari tahun 2008 hingga 2017.

Potret Rumah Kurnia Meiga Sekarang (YouTube/Melaney Ricardo)Potret Rumah Kurnia Meiga Sekarang (YouTube/Melaney Ricardo)

Namun sebelum resmi menjadi bagian dari Arema FC, Kurnia Meiga sudah lebih dulu bergabung ke Timnas Indonesia U-19 pada tahun 2007. Ia terus dipercaya menjadi kiper Timnas hingga tahun 2017 sebelum akhirnya mundur karena sakit.

Prestasi Kurnia Meiga selama menjadi kiper Arema FC maupun Timnas Indonesia pun tak main-main. Ia tercatat pernah menjadi Pemain Terbaik Liga Super Indonesia musim 2009/2010, Penjaga Gawang Terbaik AFF 2016, serta Best XI Kejuaraan AFF 2016.

Kepiawaian Kurnia Meiga sebagai kiper juga pernah mengantarkan Arema FC menjadi juara dalam Liga Indonesia musim 2016/2017. Tak heran jika Kurnia Meiga begitu dielu-elukan oleh pencinta bola pada saat itu.

Segala prestasi itu juga menjadikan Kurnia Meiga sebagai salah pemain sepak bola dengan nilai transfer yang fantastis. Menurut data di situs Transfermarkt, nilai transfer Kurnia Meiga sempat menyentuh angka Rp2,61 miliar pada Mei 2017.

Profil Azhiera Adzka Fathir Istri Kurnia Meiga. [Instagram]Profil Azhiera Adzka Fathir Istri Kurnia Meiga. [Instagram]

Nilai transfer ini bahkan tetap terjaga hingga Juli 2018 padahal saat itu Kurnia Meiga sebenarnya sedang istirahat karier usai jatuh sakit. Baru setelahnya, tepatnya di tahun 2019, nilai transfer Kurnia Meiga mulai melemah menjadi Rp1,7 miliar.

Sedangkan soal gaji, belum ada keterangan pasti tentang berapa honor Kurnia Meiga sebagai kiper Arema FC. Begitu pula dengan gajinya ketika menjadi penjaga gawang Timnas Indonesia.

Namun beberapa sumber pernah membahas perkiraan gaji semua pemain dan pelatih Arema FC. Pada tahun 2020 lalu ada artikel yang menyebutkan bahwa manajemen Arema FC harus mengeluarkan uang Rp575 juta per bulan sebagai 25 persen total gaji pelatih dan pemain.

Jika data tersebut benar adanya, bisa diperkirakan bahwa total gaji tim dan pelatih Arema FC pada saat itu adalah sekitar Rp2,3 miliar per bulannya. Cukup fantastis, bukan?

Editor: Nur Khotimah

Tag:  #berapa #gaji #kurnia #meiga #dulu #kini #jualan #keripik #untuk #sambung #hidup #usai #sakit #diceraikan #istri

KOMENTAR