Beda Pendidikan Erina Gudono dan Kaesang, Anak Mantu Jokowi Masuk Bursa Calon Kepala Daerah
Kaesang Pangarep dan Erina Gudono (Instagram)
13:28
11 Maret 2024

Beda Pendidikan Erina Gudono dan Kaesang, Anak Mantu Jokowi Masuk Bursa Calon Kepala Daerah

Pemilihan Kepala Daerah (PIlkada) Serentak 2024 diperkirakan akan kembali diramaikan calon dari keluarga Presiden Joko Widodo (Jokowi). Nama putra Jokowi, Kaesang Pangarep beserta istrinya, Erina Gudiono masuk dalam bursa bakal calon kepala daerah.

Kaesang disebut-sebut akan maju sebagai calon wali kota Solo, sementara istrinya digadang-gadang menjadi bakal calon bupati Sleman. Nama Kaesang yang merupakan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu muncul usai lembaga survei Solo Raya Polling Suwardi melakukan jajak pendapat. 

Sementara itu, nama Erina Gudono masuk dalam radar DPC Partai Gerindra Sleman, di samping sejumlah nama kader potensial lainnya. Lantas seperti apakah rekam jejak pendidikan Kaesang dan Erina? apakah keduanya layak menjadi calon wakil kepala daerah? Berikut ulasannya.

Pendidikan Erina Gudono

Erina Gudono merupakan menantu Presiden Joko Widodo. Ia merupakan kelahiran Pennsylvania, Amerika Serikat pada 11 Desember 1996. 

Bicara soal pendidikan, Erina pernah berkuliah di Universitas Gadjah Mada pada 2018 dengan jurusan Ilmu Bisnis dan Manajemen. Setelah lulus, pada 2021, ia melanjutkan studinya ke tingkat magister di Columbia University, spesialisasi Master of Public Administration.

Tak hanya itu, Erina juga pernah mengikuti kursus singkat musim panas, bidang Bisnis dan Manajemen Ekonomi di Tha Chinese University of Hongkong.

Pada 10 Desember 2022, Erina Gudono dipersunting Kaesang Pangarep. Mereka menikah di Pendopo Ageng, Ambarrukmo, Yogyakarta.

Pendidikan Kaesang Pangarep

Rekam jejak pendidikan Kaesang tak kalah mentereng dibanding istrinya. Putra Jokowi ini memulai pendidikannya di Kota Solo.

Ia merupakan lulusan SD Negeri 16 Mangkubumen Kidul, Laweyan, Solo. Di sekolah itu, ia menempuh pendidikan bersana sang kakak, Gibran Rakabuming.

Tak hanya di dalam negeri, Kaesang juga sempat mencicipi pendidikan di luar negeri, ketika menginjak SMA. Ia terbang ke Singapura untuk menempuh pendidikan di Anglo-Chinese School International dengan program studi International Baccalaureat. 

Kaesang sempat menetap di Singapura selama beberapa tahun dan melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi.

Kaesang berkuliah di Singapore University of Social Sciences dan berhasil memperoleh ijazah B.Sc bidang pemasaran. Ketika masih berkuliah, kaesang cukup berprestasi. ia pernah memperoleh penghargaan di bidang kewirausahaan.

Karena itu pula, setelah lulus kuliah dan sebelum terjun ke politik, Kaesang sempat menjajal dunia wirausaha bersama sang kakak, Gibran Rakabuming Raka.

Kontributor : Damayanti Kahyangan

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #beda #pendidikan #erina #gudono #kaesang #anak #mantu #jokowi #masuk #bursa #calon #kepala #daerah

KOMENTAR