Sangat Berbahaya, 7 Suplemen Vitamin Ini Bisa Beracun Jika Dikonsumsi Terlalu Banyak, Simak Penjelasan Berikut
Sangat Berbahaya, 7 Suplemen Vitamin Ini Bisa Beracun Jika Dikonsumsi Terlalu Banyak (Pixels)
11:54
10 Maret 2024

Sangat Berbahaya, 7 Suplemen Vitamin Ini Bisa Beracun Jika Dikonsumsi Terlalu Banyak, Simak Penjelasan Berikut

- Mengonsumsi suplemen vitamin dan mineral tampaknya sudah jadi kebutuhan manusia.

Sebab suplemen vitamin dan mineral dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi dan meningkatkan kesehatan seseorang.

Namun jika mengonsumsi suplemen vitamin dan mineral dengan dosis besar terutama dalam jangka waktu yang lama, bukanlah solusi yang tepat.

Faktanya vitamin dan mineral tertentu bisa menjadi racun jika dikonsumsi secara berlebihan.

Menurut laman Eatingwell yang dikutip oleh JawaPos.com (10/3) terdapat tujuh suplemen yang bisa beracun jika dikonsumsi terlalu banyak, simak penjelasannya berikut ini:

1. Vitamin A

Vitamin A memiliki peran dalam kesehatan mata, fungsi kekebalan tubuh, reproduksi dan pertumbuhan.

Namun jika terlalu banyak mengonsumsi vitamin A dapat menyebabkan sakit kepala, penglihatan kabur, mual, pusing, nyeri otot, dan masalah koordinasi.

Dalam kasus yang parah, hal ini dapat menyebabkan koma dan kematian. Jika digunakan selama kehamilan, terlalu banyak vitamin A dapat menyebabkan cacat lahir.

Menurut National Institutes of Health Office of Dietary Supplements, asupan beta karoten yang tinggi cenderung tidak menyebabkan masalah yang sama.

Meskipun terlalu banyak dapat membuat kulit Anda menguning, yang akan hilang begitu konsumsinya turun.

Namun, orang yang merokok harus berhati-hati, karena beta karoten dosis tinggi telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker paru-paru dan kematian.

2. Vitamin D

vitamin D larut dalam lemak, konsumsi berlebihan dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan keracunan vitamin.

Meskipun jarang terjadi, hal ini dapat terjadi, dan biasanya terjadi akibat penggunaan tambahan.

ODS melaporkan bahwa kadar vitamin D yang sangat tinggi dalam darah (150 ng/ml atau 375 nmol/l) dapat menyebabkaan Hiperkalemia, Mual, Muntah, Kelemahan otot, Kebingungan, Nyeri, Kehilangan selera makan, Dehidrasi, Buang air kecil berlebihan dan haus, Batu ginjal.

3. Vitamin E

Orang dengan gangguan pencernaan yang menghambat penyerapan lemak mungkin memerlukan suplemen vitamin E.

Namun terlalu banyak suplemen vitamin E dapat meningkatkan risiko perdarahan dengan mengurangi kemampuan darah untuk membeku, sehingga dapat meningkatkan risiko perdarahan.

Hal ini menjadi perhatian khusus bagi orang yang mengonsumsi obat pengencer darah seperti coumadin dan warfarin.

4. Vitamin K

Tidak ada batasan UL untuk vitamin K, karena bukti toksisitasnya terbatas. Namun, orang yang mengonsumsi obat-obatan tertentu, seperti pengencer darah, sebaiknya tidak mengonsumsi suplemen vitamin K.

Dan dalam beberapa kasus, terlalu banyak dapat memicu reaksi alergi dan potensi kerusakan hati.

5. Vitamin B6

Neuropati sensorik (mati rasa dan kesemutan di tangan dan kaki) dikaitkan dengan 1 hingga 6 gram vitamin B6 bila dikonsumsi selama 12 hingga 40 bulan, meskipun biasanya hilang setelah suplemen dihentikan.

Efek potensial lain dari asupan berlebihan dalam jangka panjang termasuk peningkatan kepekaan terhadap sinar matahari, serta mual dan mulas.

6. Zat Besi

Dan suplementasi dosis tinggi dapat meningkatkan risiko sembelit, mual, sakit perut, diare, dan muntah. Meskipun gejala-gejala ini tidak beracun, namun tentu saja tidak menyenangkan.

Menurut ODS, asupan jangka pendek dengan dosis yang jauh lebih tinggi (20 mg/kg) juga dapat menyebabkan nekrosis usus, terutama bila tidak dikonsumsi bersama makanan.

7. Zinc

Mengkonsumsi lebih dari 100 mg per hari dapat menyebabkan efek buruk, seperti peningkatan risiko kanker prostat, demam, menggigil dan/atau sakit kepala. Suplementasi seng dalam jangka panjang dapat menyebabkan kekurangan tembaga.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #sangat #berbahaya #suplemen #vitamin #bisa #beracun #jika #dikonsumsi #terlalu #banyak #simak #penjelasan #berikut

KOMENTAR