Jika Anda Ingin Menjaga Ketajaman Otak Seiring Bertambahnya Usia, Lakukanlah 8 Aktivitas Fisik yang Dapat Meningkatkan Kemampuan Otak Ini
Ini 8 aktivitas yang dapat meningkatkan kemampuan otak (Freepik)
08:58
28 Oktober 2024

Jika Anda Ingin Menjaga Ketajaman Otak Seiring Bertambahnya Usia, Lakukanlah 8 Aktivitas Fisik yang Dapat Meningkatkan Kemampuan Otak Ini

 

 Tetap tajam secara mental serta daya ingat seiring berjalannya usia adalah sesuatu yang diperjuangkan banyak orang, tetapi itu tidak terjadi secara kebetulan.

Sama seperti tubuh, otak memerlukan latihan dan stimulasi teratur agar dapat berfungsi maksimal.

Kabar baiknya? Ada banyak kegiatan menyenangkan dan efektif yang dapat membantu menjaga otak Anda tetap prima seiring bertambahnya usia

Dalam artikel yang dikutip dari ketajaman pikiran.

Olahraga meningkatkan sirkulasi darah yang lebih baik, yang berarti meningkatkan pasokan oksigen ke otak. Ini membantu pertumbuhan sel-sel dan koneksi otak baru.

Tidak hanya itu, menurut penelitian, olahraga juga meningkatkan bagian otak yang mengendalikan pemikiran dan ingatan.

Aktivitas sederhana seperti berjalan, berenang, atau bahkan melakukan yoga dapat memberikan dampak yang kuat pada ketangkasan mental Anda.

2. Pelajari bahasa baru

Mempelajari bahasa baru seperti melatih otak Anda. Otak Anda perlu fokus, mengingat, dan memahami, yang semuanya penting untuk menjaga ketajaman pikiran Anda.

3. Memainkan alat musik

Memainkan alat musik tidak hanya pelepas stres yang hebat, tetapi juga merupakan pendorong otak yang ampuh.

Saat Anda memainkan alat musik, pada dasarnya Anda melatih otak Anda secara menyeluruh. Hal ini melibatkan berbagai area otak seperti korteks pendengaran, motorik, dan visual sekaligus.

Bagian terbaiknya? Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang memainkan alat musik secara teratur cenderung tidak mengalami demensia dan gangguan kognitif di usia lanjut.

4. Terlibat dalam hobi kreatif

Hobi kreatif seperti melukis, merajut, berkebun, atau bahkan memasak dapat memberikan keajaiban bagi kesehatan mental dan kemampuan kognitif Anda .

Kegiatan-kegiatan ini memerlukan fokus, keterampilan memecahkan masalah, dan koordinasi tangan-mata, yang semuanya penting untuk kesehatan otak.

Namun lebih dari itu, hobi kreatif memberikan sarana untuk berekspresi dan menghilangkan stres, yang dapat memberi dampak signifikan terhadap kesejahteraan mental Anda secara keseluruhan.

5. Tetap aktif secara sosial

Hubungan adalah bumbu kehidupan. Hubungan mengisi hidup kita dengan cinta, tawa, dan terkadang, banyak tantangan. Namun, tahukah Anda bahwa hubungan juga penting bagi kesehatan mental kita?

Tetap aktif secara sosial dan menjaga hubungan yang kuat dapat secara signifikan mengurangi risiko penurunan kognitif dan demensia.

Penelitian juga menunjukkan bahwa interaksi sosial meningkatkan kepuasan hidup. 

Saat berinteraksi dengan orang lain, kita tidak hanya berbagi cerita atau pengalaman. Kita menantang pikiran kita untuk mengingat detail, memahami emosi, dan merespons dengan tepat.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #jika #anda #ingin #menjaga #ketajaman #otak #seiring #bertambahnya #usia #lakukanlah #aktivitas #fisik #yang #dapat #meningkatkan #kemampuan #otak

KOMENTAR