Legenda Bankir Yahudi Jacob Rothschild Meninggal dan Hubungannya dengan Indonesia
Jacob Rothschild - Legenda Bankir Yahudi Jacob Rothschild Meninggal dan Hubungannya dengan Indonesia
07:30
28 Pebruari 2024

Legenda Bankir Yahudi Jacob Rothschild Meninggal dan Hubungannya dengan Indonesia

Pendiri bank yang paling berpengaruh dan disegani di dunia Jacob Rothschild, diketahui telah meninggal dunia pada usia 87 tahun. Kabar meninggalkan legenda bankir Yahudi Jacob Rothschild ini telah disampaikan oleh keluarganya pada hari Senin, (26/2/2024).

Banyak yang penasaran, siapakah sosok Jacob Rothschild ini? Ternyata keluarga Rothschild memiliki hubungan dengan Indonesia. Mari simak ulasannya sebagaimana telah dirangkum dari berbagai sumber berikut ini.

Jacob Rothschild Punya 4 Orang Anak

Diketahui, pemilik nama lengkap Nathaniel Charles Jacob Rothschild ini merupakan anak dari Victor Rothschild, bagian dari dinasti bankir Rothschild di Inggris Raya. Jacob Rothschild ini merupakan generasi keempat keluarga Rothschild Inggris yang menyandang gelar kebangsawanan.

Jacob Rothschild menikah dengan Serena, yang meninggal pada 2019 lalu. Dari pernikahannya tersebut, Jacob dikaruniai empat orang anak yaitu Hannah, Beth, Emily, dan Nat.

Bisnis Nat Rothschild di Indonesia dan Kontroversinya

Sebagaimana dilansir dari laman The Guardian dan berbagai sumber lainnya, Jacob Rothschild diketahui memulai kariernya di bank keluarga, NM Rothschild & Sons pada 1963 silam. Jacob Rothschild lalu memutuskan dan memilih keluar untuk mendirikan bisnis sendiri dan lembaga amal.

Tak lama setelah meninggalkan bank keluarga, Jacob Rothschild lantas berhasil memimpin firma Rothschild Investment Trust, yang kini bernama RIT Capital Partners. Firma itu merupakan sebuah investment trust terbesar di Bursa Saham London hingga 2019.

Selain itu, Jacob Rothschild juga berhasil mendirikan J Rothschild Assurance Group, yang kini bernama St James’s Place bersama Mark Weinberg pada 1980 silam. Dirinya juga pernah menjadi eksektutif di televisi Sky.

Sementara itu di bidang kebudayaan, Jacob Rothschild menjadi salah satu anggota dewan komisaris Galeri Nasional London dan ketua National Lottery Heritage Fund.

Sementara itu, Nat Rothschild atau Nathaniel Philip Victor James Rothschild sendiri sempat menuai perhatian di Indonesia, karena berselisih dengan keluarga Bakrie terkait dengan perusahaan tambang PT Bumi Resources Tbk pada 2012 dan 2013 silam.

Hubungan Nat Rothschild dan Hashim S Djojohadikusumo

Hashim djojohadikusumo saat mengunjungi Balai Kota DKI Jakarta, (13/12). (Suara.com/Bowo Raharjo)Hashim djojohadikusumo saat mengunjungi Balai Kota DKI Jakarta, (13/12). (Suara.com/Bowo Raharjo)

Adik Prabowo Subianto, Hashim S Djojohadikusumo mengungkapkan hubungan bisnisnya dengan Nathaniel Philip Victor James Rothschild (Nat Rothschild).

Hashim mengaku bahwa dirinya berteman dan pernah menjalin bisnis dengan pakar keuangan yang menetap di Swiss itu. Akan tetapi sejak 2013 lalu, Hashim mengaku sudah tidak lagi menjalin bisnis dengan Nat.

Beberapa waktu lalu, kabar kedekatan dan jalinan bisnis antara Hashim dengan Nat memang sempat disalahartikan. Hal itu digunakan untuk menuding Prabowo juga menjalin bisnis dengan Nat Rothschild yang merupakan seorang Yahudi.

Namun hal itu langsung dibantah oleh Hashim, bahwa Prabowo dan Nat tidak ada hubungan bisnis sama sekali. Selain itu, Hashim juga menegaskan bahwa Nat Rothschild bukanlah Yahudi, namun Nat dan kedua orang tuanya memeluk Katolik.

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Editor: Rifan Aditya

Tag:  #legenda #bankir #yahudi #jacob #rothschild #meninggal #hubungannya #dengan #indonesia

KOMENTAR