Jangan Sampai Lupa,  Waktu Yang Tepat Pemeriksaan Mata Untuk Anak
Ilustrasi pemeriksaan mata anak./Klikdokter
05:04
26 Oktober 2024

Jangan Sampai Lupa, Waktu Yang Tepat Pemeriksaan Mata Untuk Anak

- Menjaga kesehatan mata merupakan hal yang penting dilakukan oleh setiap individu, baik bagi orang dewasa maupun anak-anak

Dilansir laman halodoc.com, Di era teknologi canggih saat ini, mata anak rentan terkena masalah karena konsentrasi penggunaan gadget terlalu lama.

Agar masalah kesehatan mata tidak kian parah, ketika anak merasakan gejala-gejalanya, sesegera mungkin bawa mereka untuk melakukan pemeriksaan mata anak.

Pada dasarnya, terdapat berbagai upaya yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata si kecil secara keseluruhan, salah satunya adalah dengan menjalani pemeriksaan mata pada anak.

Dilansir laman siloamhospital.com,Tidak hanya orang dewasa, pada dasarnya anak-anak juga bisa mengalami masalah kesehatan mata, termasuk mata minus, silinder.

Faktornya beragam, bisa karena intensitas penggunaan gadget terlalu tinggi, faktor genetik, dan sebagainya.

Faktanya, mata adalah salah satu dari lima panca indera yang kesehatannya perlu dijaga. Sebab, tidak sedikit anak-anak yang alami gangguan penglihatan dan perlu gunakan kacamata meski usianya masih sangat belia.

Dalam rangka mencegah kemungkinan buruk di kemudian hari, pemeriksaan mata biasanya dokter lakukan pada waktu-waktu berikut:

1 bulan pertama kehidupan : Tidak menunggu setelah dewasa, pemeriksaan mata bisa dimulai pada 1 bulan pertama kehidupan.

Butuh pemeriksaan yang komprehensif pada newborn yang lahir prematur, kecurigaan gangguan pada mata anak dan riwayat gangguan mata dalam keluarga

Antara usia 6 hingga 12 bulan : Pada anak yang sebelumnya tidak didapatkan gangguan pada mata, skrining penglihatan kedua dapat dilakukan pada anak usia 6 – 12 bulan. Pada tahap ini dapat diamati kesejajaran dan gerakan bola mata.

Antara usia 3 hingga 5 tahun: Pada tahap ini pemeriksaan mata yang dilakukan meliputi tajam penglihatan, kesejajaran bola mata dan amblyopia/mata.

Pada anak yang kooperatif, tajam penglihatan dinilai dengan menggunakan grafik pemeriksaan mata.

Apabila ditemukan adanya mata juling/ strabismus, kelainan refraksi dan amblyopia perlu pemeriksaan lanjutan yang lebih komprehensif.

Usia sekolah / > 5 tahun : Pemeriksaan tajam penglihatan dan kesejajaran bola mata dilakukan pada tahap ini. Miopia/rabun jauh merupakan gangguan tajam penglihatan yang sering ditemukan pada usia ini.

Kelaianan ini dapat dikoreksi dengan kacamata yang ukurannya secara akurat ditentukan oleh dokter spesialis

Sebagai tambahan informasi, skrining penglihatan biasa diadakan di sekolah. Sayangnya, tidak semua sekolah mengadakannya karena satu dan lain hal.

Apabila di sekolah belum ada skrining kesehatan mata, orang tua perlu membawa buah hatinya untuk melakukan pemeriksaan di fasilitas kesehatan terdekat.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #jangan #sampai #lupa #waktu #yang #tepat #pemeriksaan #mata #untuk #anak

KOMENTAR