6 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui Banyak Orang, Wajib Tahu!
6 Manfaat Konsumsi Daun Kemangi untuk Kesehatan Tubuh. (foto: Tangkap Layar YouTube Kunci Sehat )
17:04
25 Oktober 2024

6 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui Banyak Orang, Wajib Tahu!

Daun kemangi merupakan salah satu daun yang sering dijadikan sebagai lalapan, karena memiliki rasa yang khas dan enak.

Namun, tak hanya sebagai lalapan saja, daun kemangi juga memiliki kandungan sitral maupun minyak atsiri yang cocok dijadikan sebagai campuran bahan jamu.

Dengan kandungan tersebut, daun kemangi ini memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Berikut ini merupakan enam manfaat daun kemangi untuk kesehatan yang dilansir dari akun YouTube Kunci Sehat pada Jumat (25/10).

1. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Manfaat pertama dari konsumsi daun kemangi, yaitu dapat menyehatkan sistem pencernaan serta memperkuat sistem pencernaan. Hal ini karena daun kemangi memiliki zat eugenol.

Kandungan tersebut dapat memastikan anti-inflamasi di saluran pencernaan serta mencegah gejala yang timbul akibat adanya luka di lambung.

Tak hanya itu saja, daun kemangi juga bisa menurunkan kadar asam lambung. Untuk itu, kamu dapat konsumsi daun kemangi secara rutin untuk dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan.

2. Mampu Mengatasi Jerawat

Minyak yang ada di dalam daun kemangi dipercaya memiliki sifat anti-bakteri yang dapat menghambat bakteri penyebab jerawat.

Perlu diketahui bahwa minyak daun kemangi yang sudah dicampurkan dengan bahan tertentu, seperti ekstrak jeruk, asam salisilat, dan asam asetat dapat mengatasi jerawat dan menghilangkan bekas jerawat.

3. Berpotensi Melawan Kanker

Selanjutnya, yaitu dapat melawan penyakit kanker karena daun kemangi mengandung fitokimia.

Kandungan fitokimia yang ada di dalam daun kemangi dapat membantu pencegahan beberapa jenis kanker di antaranya, yaitu kanker kulit, hati, mulut, dan paru-paru. Penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk memeriksa apakah daun kemangi memiliki potensi untuk melawan kanker.

4. Meringankan Stres

Manfaat selanjutnya dari konsumsi daun kemangi, yaitu dapat meringankan stress. Hal ini karena daun kemangi memiliki kandungan zat anthocyanin dan beta karoten yang berguna sebagai kandungan pereda stres.

Selain itu, daun kemangi juga berfungsi sebagai adaptogen yang dipercaya dapat membantu tubuh beradaptasi dengan stres dan meningkatkan keseimbangan mental.

Dengan mengkonsumsi 500 gram ekstrak daun kemangi, maka dapat membantu kamu untuk mengurangi rasa cemas, stres, dan perasaan tertekan.

5. Mengurangi Bau Mulut

Mengkonsumsi daun kemangi dapat bermanfaat untuk mencegah bau mulut. Khasiat ini bisa kamu dapatkan dengan cara langsung memakan daun kemangi sebagai lalapan.

Jika kamu tidak suka dengan bau kemangi, kamu dapat membuat air perasan daun kemangi yang dicampur dengan kunyit, lalu meminumnya.

6. Menyehatkan Kulit

Manfaat lain dari mengkonsumsi daun kemangi, yaitu dapat menyehatkan kulit, karena kandungan minyak yang ada di dalam daun kemangi bisa membantu membersihkan kulit dari dalam.

Daun kemangi juga bisa menghilangkan minyak dan kotoran yang menyumbat di pori-pori kulit.

Untuk penggunaannya, kamu dapat menumbuk daun kemangi sebagai masker wajah yang nantinya akan membuat wajah menjadi lebih cerah dan segar. Selain itu, daun kemangi juga mengandung sifat anti-inflamasi dan antimikroba.

Nah itu dia informasi mengenai enam manfaat konsumsi daun kemangi untuk kesehatan tubuh.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #manfaat #daun #kemangi #untuk #kesehatan #tubuh #yang #jarang #diketahui #banyak #orang #wajib #tahu

KOMENTAR