Sedang Melakukan Diet? Coba 8 Minuman Sehat Rendah Kalori Ini untuk Bantu Turunkan Berat Badanmu
Ilustrasi: Teh herbal. (Pexels)
15:38
24 Oktober 2024

Sedang Melakukan Diet? Coba 8 Minuman Sehat Rendah Kalori Ini untuk Bantu Turunkan Berat Badanmu

Saat sedang melakukan usaha untuk menurunkan berat badan atau diet, semua orang pasti menjadi sangat berhati-hati tentang asupan kalori yang dikonsumsi.

Namun, hal tersebut justru sering kali membuat makanan dan minuman yang dikonsumsi menjadi terasa hambar dan kurang menggugah selera.

Tapi, jangan khawatir! Anda masih dapat menikmati minuman rendah kalori yang enak dan menyegarkan, tetapi juga dapat menurunkan berat badan. Lalu, apa saja daftar minuman rendah kalori tersebut?

Melansir dari laman Health Shots, Kamis (24/10), berikut adalah daftarnya.

1. Infused water

Air yang dicampur dengan buah-buahan, sayur-sayuran, atau rempah-rempah merupakan cara yang fantastis untuk menurunkan berat badan.

Meskipun air putih penting untuk tetap terhidrasi, menambahkan irisan buah-buahan, seperti lemon, mentimun, atau beri membuatnya lebih beraroma dan lezat.

Anda juga dapat mencampurkan rempah-rempah segar, seperti mint atau basil untuk sentuhan yang lebih menyegarkan.

Infused water ini tidak hanya mendorong Anda untuk minum lebih banyak air, tetapi juga menyediakan vitamin dan antioksidan penting, yang menjadikannya cara yang sederhana, tetapi efektif untuk mendukung penurunan berat badan dan kesehatan secara keseluruhan.

2. Teh hijau

Menurut sebuah penelitian yang terbit pada tahun 2012, teh hijau dapat mempercepat metabolisme dan pembakaran lemak, terutama selama berolahraga, karena dipenuhi dengan kandungan antioksidan.

Selain itu, teh hijau adalah minuman bebas kalori jika dikonsumsi tanpa gula atau madu, dan bahkan dapat memberi Anda sedikit dorongan energi berkat kandungan kafeinnya yang sedang.

3. Air kelapa

Air kelapa mengandung banyak nutrisi, seperti vitamin, mineral, dan asam amino.

Selain rendah kalori, juga merupakan sumber elektrolit alami yang sangat baik, seperti kalium dan magnesium, sehingga sangat cocok untuk rehidrasi setelah berolahraga. Pastikan untuk menghindari penambahan gula agar jumlah kalori tetap rendah.

4. Jus sayuran

Untuk menurunkan berat badan, jus sayuran segar seperti yang terbuat dari tomat, mentimun, seledri, atau sayuran hijau adalah pilihan terbaik.

Rendah kalori dan kaya serat, jus ini membantu meningkatkan rasa kenyang, mengurangi asupan kalori secara keseluruhan.

Selain itu, jus sayuran dapat meningkatkan metabolisme dan mendukung kesehatan pencernaan, sehingga lebih mudah untuk menghilangkan kelebihan berat badan.

5. Air lemon

Salah satu minuman rendah kalori yang sederhana dan paling efektif untuk menurunkan berat badan adalah air lemon.

Cukup peras setengah air lemon ke dalam segelas air, dan minuman itu siap untuk membantu pencernaan Anda dan mendukung detoksifikasi.

Rasa segarnya kaya akan vitamin C, yang membantu menahan keinginan makan dan meningkatkan pembakaran lemak.

Selain itu, meminum air lemon sebelum makan dapat membantu Anda merasa lebih kenyang, sehingga lebih mudah untuk mengontrol ukuran porsi.

6. Kopi hitam

Kopi hitam tidak hanya rendah kalori tetapi juga kaya antioksidan, yang dapat mendukung kesehatan secara keseluruhan.

Ditambah lagi, kopi dikenal dapat meningkatkan metabolisme berkat kandungan kafeinnya.

Hal ini menjadikannya minuman yang cocok untuk menurunkan berat badan, selama Anda menghindari gula, krim, dan sirup perasa.

Sebuah penelitian yang terbit pada 2024 menyatakan bahwa orang yang mengonsumsi kopi hitam memiliki risiko lebih rendah mengalami obesitas dan diabetes tipe 2. Karena kandungan kafeinnya tinggi, pastikan Anda tidak meminumnya 2-3 cangkir sehari.

7. Teh herbal

Kaya akan antioksidan dan rendah kalori, teh herbal seperti teh chamomile, teh peppermint, dan teh hibiscus adalah pilihan bebas kafein yang dapat Anda coba untuk menurunkan berat badan.

Minuman ini juga dapat membantu meningkatkan pencernaan, mengurangi nafsu makan, dan meningkatkan pembakaran kalori.

Selain itu, teh herbal meningkatkan relaksasi dan dapat membantu Anda tertidur lebih cepat.

8. Sparkling water

Bagi orang yang minum soda, tetapi ingin menjauhi minuman manis dan berkalori tinggi, sparkling water adalah alternatif yang sempurna.

Baik yang tawar maupun yang beraroma (pastikan tidak diberi pemanis), sparkling water tidak mengandung kalori.

Minum sparkling water juga dapat membantu Anda merasa lebih kenyang, sehingga lebih mudah untuk menghindari makan berlebihan.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #sedang #melakukan #diet #coba #minuman #sehat #rendah #kalori #untuk #bantu #turunkan #berat #badanmu

KOMENTAR