Perempuan Wajib Tahu! Berikut 5 Kelompok Makanan dan Minuman yang Ampuh untuk Mematikan Miom, Apa Saja?
Ilustrasi miom uteri./Freepik
13:44
24 Oktober 2024

Perempuan Wajib Tahu! Berikut 5 Kelompok Makanan dan Minuman yang Ampuh untuk Mematikan Miom, Apa Saja?

Sebagaimana takdir seorang perempuan adalah memiliki rahim, yakni tempat menempelnya sel telur yang telah dibuahi selama kehamilan dan tempat bayi tumbuh dan berkembang.

Selain itu, rahim pada perempuan juga merupakan bagian dari proses menstruasi, disaat pendarahan ini disebabkan karena pengelupasan lapisan rahim setelah tidak terjadi pembuahan.

Oleh karena itu, para perempuan harus menjaga baik rahimnya agar terhindar dari penyakit serius, salah satunya adalah miom. Mengutip dari laman EMC Health Care, miom merupakan tumor jinak pada dinding uterus.

Tumor jinak tersebut dapat tumbuh besar hingga menyebabkan nyeri dan pendarahan hebat pada saat menstruasi, dan itu tergantung pada ukuran besar atau kecilnya miom.

Melansir dari laman Bocah Indonesia, terdapat 5 kelompok makanan dan minuman yang ampuh untuk mematikan miom, diantaranya adalah :

1. Makanan yang Mengandung Vitamin D

Menurut sebuah studi yang diterbitkan Epidemiology, menyebutkan bahwa vitamin D dapat membantu mengurangi risiko fibroid hingga sejumlah 32 persen.

Oleh sebab itu, beberapa jenis makanan seperti kuning telur, keju, susu, sereal, minyak hati ikan kod, serta ikan yang mengandung lemak bisa mematikan miom.

2. Makanan yang Mengandung Serat

Kelompok makanan lainnya yang bisa menghancurkan miom adalah makanan mengandung serat karena dapat membantu menurunkan berat badan, menyeimbangkan hormon, serta menjaga kadar gula.

Jenis makanan yang mengandung serat diantaranya ada sayuran, buah, roti gandum, sayuran silangan, dan kacang-kacangan.

3. Makanan yang Mengandung Antioksidan

Makanan yang mengandung antioksidan baik untuk kesehatan karena memiliki peranan penting untuk melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat membuat kondisi miom semakin parah.

Makanan yang kaya akan antioksidan diantaranya adalah buah dan sayuran. Para perempuan bisa konsumsi ini dengan jumlah yang banyak setiap harinya agar menurunkan risiko miom uteri.

4. Makanan yang Mengandung Kalium

Pada dasarnya, perempuan yang mengalami miom memiliki kondisi parah seperti darah tinggi, oleh karena itu makanan kandungan kalium ini mampu mengatasi permasalahan tersebut.

Jenis makanan yang mengandung kalium ini seperti pisang, alpukat, lemon, jeruk, kurma, tomat, blewah, kentang, dan kacang lentil.

Makanan tersebut sangat mudah didapatkan, jadi tak ada alasan untuk tidak mengonsumsinya.

5. Minuman Teh Hijau

Perlu diketahui bahwa minuman teh hijau mengandung antioksidan tinggi yang dapat membantu memperlambat pertumbuhan fibroid dengan cara menurunkan peradangan dan kadar estrogen yang tinggi.

Mengutip dari laman Siloam Hospitals, hormon estrogen ini merupakan salah satu jenis hormon seks perempuan yang berfungsi untuk mengatur siklus menstruasi, menunjang kehamilan yang sehat, serta membantu kesehatan jantung.

Selain itu, minuman teh hijau juga mampu memperbaiki gejala pendarahan hebat yang diakibatkan oleh miom.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #perempuan #wajib #tahu #berikut #kelompok #makanan #minuman #yang #ampuh #untuk #mematikan #miom #saja

KOMENTAR