Adu Biaya Pendidikan Almira Anak AHY vs Jan Ethes: Sesama Cucu Pertama Presiden, Siapa Lebih Mahal?
Kolase foto Almira Tunggadewi Yudhoyono cucu SBY dengan Annisa Pohan, serta Jan Ethes Srinarendra cucu Jokowi dengan Selvi Ananda. (Instagram/annisayudhoyono/selvi_ananda_)
15:07
22 Pebruari 2024

Adu Biaya Pendidikan Almira Anak AHY vs Jan Ethes: Sesama Cucu Pertama Presiden, Siapa Lebih Mahal?

Kehadiran Almira Tunggadewi Yudhoyono di pelantikan ayahnya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), sebagai Menteri ATR/BPN pada Rabu (21/2/2024) sangat mencuri perhatian publik.

Sebab walaupun masih berusia 15 tahun, anak tunggal AHY dan Annisa Pohan itu memiliki tubuh yang tinggi semampai. Paras cantiknya membuat warganet ramai memuji, apalagi karena Almira juga tak absen membuat prestasi.

Almira sendiri merupakan cucu pertama Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), posisi yang serupa dengan Jan Ethes Srinarendra sebagai cucu pertama Presiden Joko Widodo.

Lantas dengan status yang sama-sama cucu pertama presiden, berapa besar biaya pendidikan Almira Tunggadewi Yudhoyono dan Jan Ethes Srinarendra?

Biaya Pendidikan Almira Tunggadewi Yudhoyono

Potret Annisa Pohan dan Almira. (Instagram/@annisayudhoyono)Potret Annisa Pohan dan Almira. (Instagram/@annisayudhoyono)

Almira diketahui bersekolah di Sinarmas World Academy. Bahkan Almira pernah didapuk mewakili SWA di sebuah olimpiade ilmu pengetahuan dan mendapatkan hasil memuaskan.

Dikutip dari laporan Antara, biaya sekolah di SWA terbilang fantastis. Total biaya pendidikan untuk kelas 1-4 SD mencapai Rp80 juta per tahun, kelas 5-6 SD adalah Rp82 juta per tahun, dan kelas 7-10 SMP sebesar Rp89 juta per tahun.

SWA merupakan sekolah internasional yang mengintegrasikan beberapa kurikulum. Program Early Years Foundation Stage (EYFS) SWA menggunakan kurikulum dari Inggris, sementara tingkat TK 2 sampai kelas 4 SD memakai kurikulum Cambridge dengan metode pembelajaran berbasis inquiry.

SWA lalu mengintegrasikan Cambridge Assessment International Educations (CAIE) dan International Baccalaureate Middle Years Programme (IB MYP) untuk siswa kelas 6 SD sampai 10 SMP. SWA juga mempunyai hubungan eksklusif dan program pertukaran pelajar dengan Peking University Elementary School serta institusi lain di Korea-Jepang.

Biaya Pendidikan Jan Ethes Srinarendra

Keluarga Gibran Rakabuming dan Selvi Ananda. (Instagram/riomotret)Keluarga Gibran Rakabuming dan Selvi Ananda. (Instagram/riomotret)

Sementara itu, Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda memasukkan Jan Ethes Srinarendra ke Focus Independent School yang menyediakan pendidikan dari jenjang PAUD sampai SMP.

Sekolah internasional di Manahan, Banjarsari, Kota Solo itu mematok harga yang cukup tinggi untuk para muridnya. Misalnya tingkat PAUD, biaya SPP Jan Ethes pada tahun 2020 silam adalah sebesar Rp900 ribu per bulan.

Kini Jan Ethes sudah duduk di bangku SD di FIS, tetapi sayangnya tidak ada informasi detail mengenai biaya pendidikannya. Namun bila melanjutkan ke jenjang SMP, maka Gibran dan Selvi harus mempersiapkan Biaya Registrasi sebesar Rp15 juta, Biaya Tambahan senilai Rp3 juta, Biaya SPP sebesar Rp1,8 juta per bulan, serta Biaya Tahunan senilai Rp6 juta.

FIS sendiri memadukan kurikulum pendidikan nasional yang dilengkapi dengan International Primary Curriculum (IPC) untuk jenjang SD. Sedangkan SMP FIS memakai kombinasi kurikulum nasional, International Middle Years Curriculum (IMYC), dan Cambridge Qualifications.

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #biaya #pendidikan #almira #anak #ethes #sesama #cucu #pertama #presiden #siapa #lebih #mahal

KOMENTAR