Jika Kamu Lebih Suka Melakukan 5 Hal Ini Sendirian, Pertanda Bahwa Dirimu Benar-benar Sosok Independen
Ilustrasi sosok independen. (foto : Unsplash.com/KristinWilson)
21:36
22 Oktober 2024

Jika Kamu Lebih Suka Melakukan 5 Hal Ini Sendirian, Pertanda Bahwa Dirimu Benar-benar Sosok Independen

- Menjadi sosok independen memang selalu menjadi kebanggaan bagi diri sendiri, khususnya jika ini terjadi pada perempuan.

Dikutip dari laman Magister Psikologi Universitas Medan Area, kepribadian independen cenderung dimaknai sebagai pandangan atau konsep hidup positif yang mengarah pada netralitas dan kemandirian hidup.

Dengan kata lain, sosok independen mampu membuat keputusan sendiri tanpa menunggu bantuan tangan orang lain.

Tapi hal ini berbeda dengan mereka yang egois dan sombong karena merasa bisa melakukannya sendiri.

Manusia memang makhluk sosial dan saling membutuhkan satu sama lain, tapi bukan berarti kita harus bergantung pada orang lain karena kehidupan mereka tidak selalu tentang kita. Inilah cara pandang mereka para sosok independen.

Melansir dari laman Expert Editor, jika kamu lebih suka melakukan 5 hal ini sendirian, pertanda bahwa dirimu benar-benar sosok independen :

1. Solo Travelling

Bepergian sendirian memang menantang, dan banyak orang menghindarinya. Jika kamu pernah melakukan solo travelling seperti ini, bisa menjadi pengalaman yang transformatif, dan mandiri secara alami.

2. Membuat Keputusan Sendirian

Meskipun kamu belum pernah melakukan perjalanan sendirian dan tidak ingin melakukannya, kemandirian sering kali terlihat melalui keputusan yang kamu ambil.

Seringkali orang lain suka berkonsultasi ketika membuat keputusan penting tentang tempat tinggal, karier, atau hubungan mereka. Tapi, beda dengan sosok independen yang cenderung lebih suka memikirkan dan mengambil keputusan sendirian.

Mereka mungkin berpandangan bahwa ‘terlalu banyak juru masak akan merusak kaldu’ sehingga lebih memilih mengambil kesimpulan sendiri.

3. Hidup Sendiri

Salah satu tanda kemandirian yang paling nyata adalah ketika kamu lebih suka hidup sendiri. Meskipun kita semua membutuhkan orang lain dalam hidup, orang yang mandiri akan menikmati kebebasan dan ruang pribadinya.

Jika kamu senang memiliki ruang sendiri dan tidak selalu membutuhkan kehadiran orang lain untuk ditemani atau bertanggung jawab, bukti bahwa kamu adalah sosok independen.

4. Belanja Sendirian

Ini mungkin tampak tidak penting, tapi memutuskan untuk berbelanja sendiri sebenarnya merupakan tanda kemandirian ditengah sebagian besar mereka suka berbelanja barang-barang seperti pakaian dan teknologi bersama teman atau keluarga.

Mereka sepertinya memerlukan validasi eksternal sebelum melakukan pembelian. Kemudian, mereka juga ingin mencoba celana jeans dan mengetahui pendapat pasangannya sebelum membelinya.

Jika kamu benar-benar mandiri, mungkin tidak merasa perlu meminta pendapat orang lain saat berbelanja untuk diri sendiri.

5. Menghadiri Acara Sendirian

Sosok independen suka menantang kemampuan mereka, seperti menghadiri salah satu acara sosial sendirian. Memasuki ruangan yang dipenuhi orang asing, akan memaksa kita untuk menjalin dan membangun hubungan berdasarkan kemampuan sendiri.

Ini memberikan tantangan yang banyak orang hindari, tapi tantangan yang disukai oleh orang-orang independen. Baik itu acara networking, konser, atau lokakarya, memilih untuk pergi sendiri menunjukkan kurangnya ketergantungan dalam membina hubungan baru.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #jika #kamu #lebih #suka #melakukan #sendirian #pertanda #bahwa #dirimu #benar #benar #sosok #independen

KOMENTAR