Selalu Merasa Lelah Meski Sudah Tidur dengan Cukup? Temukan Penjelasannya di Sini
Ilustrasi Lelah Meski Sudah Tidur dengan Cukup./Freepik
16:06
20 Februari 2024

Selalu Merasa Lelah Meski Sudah Tidur dengan Cukup? Temukan Penjelasannya di Sini

- Selalu merasa lelah meskipun sudah tidur dengan cukup merupakan fenomena yang sering dialami oleh banyak orang.

Ini bisa terjadi meskipun seseorang sudah tidur sesuai waktu yang disarankan, yakni selama delapan jam setiap malam.

Tidur yang seharusnya menjadi waktu untuk memulihkan energi justru terkadang menimbulkan kelelahan dan menjadikan tubuh tidak segar saat bangun di pagi hari.

Tentunya, hal ini akan berdampak pada kurangnya semangat untuk beraktivitas dan akan berpengaruh terhadap produktivitas seseorang.

Tak jarang bahwa banyak individu yang sering bertanya-tanya, mengapa tubuh masih merasa lelah meski sudah mendapatkan istirahat yang cukup?

Tentunya, hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Dilansir dari Health Essentials pada Selasa (20/2), berikut merupakan faktor-faktor penyebabnya.

1. Kondisi kesehatan mental

Kondisi seperti kecemasan atau depresi dapat menjadi faktor yang menyebabkan Anda merasa lelah sepanjang hari, bahkan ketika Anda telah mencukupi jam tidur.

Selain itu, gangguan suasana hati seperti gangguan bipolar atau gangguan disforik pramenstruasi dapat menghasilkan perasaan kantuk selama menjalani kegiatan sehari-hari.

2. Gangguan tidur

Jika Anda mengalami kebingungan dan kelelahan sepanjang hari, hal tersebut bisa menunjukkan adanya gangguan tidur.

Contohnya seperti sleep apnea yakni suatu gangguan yang menyebabkan Anda menghentikan pernapasan secara sementara saat tertidur, hal ini dikarenakan adanya rasa lelah yang berkelanjutan.

Gangguan tidur lainnya, seperti restless legs syndrome (RLS), dapat menyebabkan kebingungan dan bahkan bisa memicu insomnia.

Adapun beberapa gangguan tidur lainnya yang dapat menyebabkan kelelahan sepanjang hari seperti insomnia, narkolepsi, hipersomnia.

3. Faktor Lingkungan

Lingkungan tempat Anda berada juga bisa mengganggu kualitas tidur Anda secara keseluruhan.

Kita perlu memastikan bahwa lingkungan dimana kita berada dapat memberikan kenyamanan saat tidur tanpa terganggu oleh faktor-faktor lingkungan, meskipun setiap individu memiliki preferensi yang berbeda, intinya adalah kenyamanan.

4. Masalah Tiroid

Dalam beberapa kasus, kelelahan pada dapar menjadi tanda adanya masalah tiroid. Secara khusus, rasa lelah sepanjang hari merupakan gejala umum dari tiroid yang kurang aktif.

Hal ini terjadi ketika organ tiroid Anda tidak menghasilkan cukup hormon tiroid, yang pada gilirannya, akan memperlambat metabolisme Anda dan dapat menyebabkan kelelahan yang berkepanjangan.

5. Anemia

Dalam beberapa kasus, rasa lelah yang berkepanjangan dapat menjadi tanda bahwa tubuh mengalami anemia.

Bahkan jika Anda tidur selama delapan jam penuh, kekurangan zat besi dapat menyebabkan energi yang rendah, jika tidak diobati.

Namun, merasa lelah bukanlah satu-satunya gejala. Beberapa gejala umum lainnya meliputi sesak napas, nyeri dada, kulit pucat, pusing. Dan adanya dengungan di telinga Anda.

6. Mengonsumsi alkohol

Minum alkohol dalam waktu empat jam sebelum tidur dapat menyebabkan gangguan tidur sepanjang malam.

Meskipun alkohol mungkin membuat Anda merasa tertidur lebih cepat, sebenarnya hal ini mengakibatkan perpecahan dalam pola tidur Anda dan mengubah tahapan tidur Anda.

Ini akan berdampak pada kualitas tidur secara keseluruhan dan biasanya membuat orang tidak merasa segar saat bangun di pagi hari.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #selalu #merasa #lelah #meski #sudah #tidur #dengan #cukup #temukan #penjelasannya #sini

KOMENTAR