Jika Seseorang Menunjukkan 7 Perilaku Ini, Kemungkinan Dia Memiliki Hati yang Dingin, Salah Satunya Tidak Punya Empati
Ilustrasi seseorang memiliki hati yang dingin. (Unsplash.com/EladKatav)
11:58
21 Oktober 2024

Jika Seseorang Menunjukkan 7 Perilaku Ini, Kemungkinan Dia Memiliki Hati yang Dingin, Salah Satunya Tidak Punya Empati

 

 - Untuk mengetahui hati seseorang, kita dapat melihat cara dia berbicara dan berperilaku. Tapi hal tersebut tidak bisa kita perhatikan hanya dalam sekali dan perlu berkali-kali.

Setelah mengulik lebih dalam, kita dapat menyimpulkan hati seseorang dan itu bisa berbanding terbalik dari penampilan luarnya. Mungkin kita pernah mendapati orang yang terlihat rapi atau menarik tapi hatinya dingin, begitupun sebaliknya.

Melansir dari laman Expert Editor pada (21/10), jika seseorang menunjukkan 7 perilaku ini, kemungkinan dia memiliki hati yang dingin, diantaranya adalah :

1. Tidak Punya Empati

Saat kamu merasa sedih, tentu berharap teman atau bahkan orang asing menunjukkan sedikit empati. Tapi jika mereka memiliki hati yang dingin, mungkin mengabaikan perasaanmu atau tampak acuh tak acuh saat kamu kesal.

Jika mereka sepertinya tidak bisa menempatkan dirinya pada posisi dirimu atau orang lain, dan itu adalah tanda bahaya besar.



2. Semua Tentang Aku, Aku, dan Aku

Diantara kita mungkin terlibat dalam percakapan disaat orang lain tidak bisa berhenti membicarakan dirinya sendiri, dan itu sangat melelahkan.

Ada kalanya berbagi sesuatu yang bersifat pribadi, berharap untuk saling bertukar pikiran, tetapi dengan beberapa orang, rasanya seperti sedang berbicara dengan tembok. Mereka mengarahkan setiap topik kembali ke diri mereka sendiri.

Jika seseorang selalu menempatkan dirinya dalam sorotan dan mengabaikan ceritamu, itu mungkin pertanda bahwa hatinya sedikit lebih dingin daripada kebanyakan orang.

3. Secara Konsisten Tidak Dapat Diandalkan

Keandalan adalah landasan kepercayaan dalam hubungan apapun. Tapi ketika seseorang terus-menerus membatalkan rencana, datang terlambat tanpa alasan yang jelas, atau mengingkari janjinya, sulit untuk tidak merasa diremehkan.

Sikap tidak dapat diandalkan yang terus-menerus seperti itu dapat menjadi indikator kurangnya kehangatan atau kepedulian terhadap orang lain. Jika mereka tidak bisa memprioritaskan atau menghargai waktu dan komitmenmu, ada kemungkinan hatinya tidak begitu hangat.



4. Penuh dengan Pujian

Kita sering kali dituntun untuk percaya bahwa seseorang yang menghujani orang lain dengan pujian berarti bahwa dia baik hati.

Namun, ada perbedaan kecil antara penghargaan yang tulus dan sanjungan yang dangkal. Seseorang yang berhati dingin mungkin menggunakan pujian berlebihan sebagai taktik untuk memanipulasi atau membuat kamu kehilangan keseimbangan.

Jika kata-kata baik terasa tidak pada tempatnya atau terlalu sering diucapkan, kamu mungkin menghadapi hati dingin yang tersembunyi di balik tabir manis.

5. Menghindari Percakapan yang Mendalam


Kita sering mengira bahwa percakapan yang mendalam adalah tempat terciptanya hubungan nyata. Dengan berbagi cerita dalam segala hal, bisa membuat orang lebih dekat.

Jika kamu pernah mencoba menggali lebih dalam atau membagikan sesuatu yang benar-benar diminati, mereka dengan cepat mengubah topik pembicaraan atau meremehkannya.

6. Jarang Memberikan Kasih Sayang dalam Sentuhan Fisik


Perlu kamu ketahui bahwa sentuhan singkat saja, seperti tepukan di punggung atau tangan di bahu, dapat mengurangi perasaan pengucilan sosial dan meningkatkan rasa percaya diri.

Namun, seseorang dengan hati yang dingin mungkin menghindari tanda-tanda kecil kehangatan dan hubungan ini. Jika mereka secara konsisten menjaga jarak fisik, itu mungkin merupakan tanda bahwa dunia emosional mereka lebih dingin.



7. Melakukan Ghosting

Tidak ada yang terasa lebih membingungkan dan menyakitkan seperti menjadi hantu. Alih-alih membahas masalah secara langsung atau mendiskusikan perbedaan, sebagian orang memilih jalan diam, menghilang tanpa jejak.

Perilaku ini tidak hanya menunjukkan kurangnya keterampilan komunikasi, tetapi juga keengganan menghadapi situasi emosional. Jika seseorang dapat dengan mudah memutuskan hubungan tanpa memberikan penjelasan, ini merupakan indikator yang cukup jelas bahwa ada rasa dingin di hatinya.

Mengutip dari laman Pro Writing Aid, orang yang hati dingin cenderung bersikap manipulatif dan memanfaatkan orang lain demi keuntungan sendiri, tanpa merasa bersalah atau menyesal.

Mereka mungkin memiliki kecenderungan untuk mendominasi orang lain dalam hubungan, mencari kendali dan kekuasaan atas orang-orang di sekitarnya.

 

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #jika #seseorang #menunjukkan #perilaku #kemungkinan #memiliki #hati #yang #dingin #salah #satunya #tidak #punya #empati

KOMENTAR